Ketahui Kandungan Gizi yang Luar Biasa dalam Beras Hitam

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2023

“Beras hitam menjadi salah satu jenis beras yang mengandung nutrisi dan kaya akan manfaat. Di dalam beras ini, terdapat serat, protein, karbohidrat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.”

Ketahui Kandungan Gizi yang Luar Biasa dalam Beras HitamKetahui Kandungan Gizi yang Luar Biasa dalam Beras Hitam

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Beras hitam menjadi salah satu jenis beras yang bisa kamu konsumsi di rumah. Namun, beras jenis ini berbeda dengan ketan hitam.

Nama lain dari beras ini adalah ‘forbidden rice’ atau ‘emperor rice’, yang populer karena tingkat antioksidannya yang tinggi dan nilai gizinya yang luar biasa.

Beras ini memiliki rasa yang unik. Meskipun demikian, beras hitam mengandung nutrisi bagi kesehatan tubuh. Ketahui manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin mengonsumsi beras ini sehari-hari.

Kandungan Gizi Beras Hitam

Nasi hitam, bagaimana juga tetaplah terlihat unik. Warna hitam keunguannya adalah hasil dari konsentrasi antosianin yang tinggi. Antosianin adalah antioksidan yang sama yang pada kulit terong, bluberi, acai beri, anggur, dan kembang kol ungu.  

Mengutip Food Data Central U.S. Department of Agriculture, jika membandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam adalah salah satu yang tertinggi proteinnya. 

Per 3,5 ons (100 gram), beras hitam mengandung 9 gram protein, sementara itu beras merah yang memiliki 7 gram protein. Beras ini juga merupakan sumber zat besi yang baik, yakni mineral yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Dalam 1/4 cangkir (45 gram) beras hitam mentah, terdapat beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 160.
  • Lemak: 1,5 gram.
  • Protein: 4 gram.
  • Karbohidrat: 34 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Besi: 6 persen dari rekomendasi harian. 

Beras hitam juga kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel tubuh dari stres oksidatif yang terjadi karena radikal bebas. 

Meskipun kurang populer dari varietas beras lainnya, penelitian menunjukkan bahwa beras ini memiliki kapasitas dan aktivitas antioksidan tertinggi secara keseluruhan. 

Faktanya, selain antosianin, beras ini juga ternyata mengandung lebih dari 23 senyawa tanaman dengan sifat antioksidan, termasuk beberapa jenis flavonoid dan karotenoid.

Kamu juga bisa cari tahu berbagai jenis beras lain dan manfaatnya untuk kesehatan melalui artikel ini → Bukan Beras Putih, Ini 5 Jenis Beras Terbaik dan Manfaatnya.

Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan

Menambahkan nasi hitam ke dalam menu sehari-hari bisa menjadi cara mudah untuk memasukkan lebih banyak antioksidan, untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

Berikut manfaat beras hitam yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Meskipun penelitian mengenai manfaat beras hitam untuk kesehatan jantung masih sangat terbatas, tetapi kandungan antioksidannya mampu membuat kesehatan jantung lebih optimal. Flavonoid dalam beras ini mampu menurunkan risiko gangguan jantung.

Sebuah penelitian melalui hewan yang tertulis dalam The Journal of Nutrition, mengatakan bahwa hewan yang mengonsumsi beras hitam menghasilkan plak yang lebih rendah 50 persen, daripada hewan yang mengonsumsi beras putih.

2. Mengoptimalkan kesehatan mata

Karotenoid yang menjadi salah satu jenis antioksidan dalam beras ini mampu menjaga kesehatan sel pada mata, khususnya retina. Karotenoid berhasil menurunkan risiko kerusakan akibat paparan sinar UV pada mata.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dan protein dalam beras ini juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi beras hitam secara rutin, kamu akan terhindar dari konstipasi hingga perut kembung.

4. Menurunkan berat badan

Bukan hanya menjaga kesehatan pencernaan, protein dan serat dalam beras ini juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Kedua kandungan tersebut akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga kamu dapat mengontrol asupan makanan dengan lebih baik.

5. Mengontrol kadar gula darah

Penelitian yang dilakukan pada hewan, kandungan anthocyanin dalam beras ini mampu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Tentunya, masih butuh penelitian pada manusia untuk memastikan manfaat beras ini pada pengidap diabetes.

Kamu juga bisa cari tahu jenis beras yang terbaik di artikel berikut ini → Antara Beras Merah dan Hitam, Mana yang Baik untuk Diabetes?

Jika ingin tahu lebih lanjut soal manfaat beras ini untuk kesehatan, kamu juga bisa membicarakannya lebih lanjut dengan dokter tepercaya di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berbicara dengan dokter kapan dan di mana saja melaui chat atau voice/video call.

Cara Tepat Mengolah Beras Hitam

cara mengolah beras hitam

Cara memasak beras hitam memerlukan beberapa langkah khusus untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Berikut adalah panduan untuk memasak beras hitam:

1. Rendam beras sebelum dimasak

Sebelum memasaknya, rendam beras selama 30-60 menit. Hal ini akan membantu beras menjadi lebih cepat lunak dan matang saat kamu masak.

2. Tambahkan air lebih banyak

Beras hitam membutuhkan takaran air dua kali lipat lebih banyak daripada beras putih. Sebagai contoh, 1 gelas beras memerlukan 3-4 gelas air untuk proses memasak agar menghasilkan nasi yang pulen.

3. Gabungkan dengan beras putih

Jika kamu baru pertama kali mencoba beras ini dan ingin mencari sensasi yang agak mirip dengan nasi putih, kamu dapat mencampurnya dengan sedikit beras putih. 

Sebagai contoh, campurkan 300 gram beras hitam dengan 100 gram beras putih ketika memasaknya untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang lebih mendekati nasi putih.

4. Pilih metode memasak ditanak

Untuk mendapatkan hasil yang pulen dan wangi, sebaiknya masak beras ini dengan cara menanaknya. Jika menggunakan rice cooker, tambahkan waktu memasak karena beras ini memerlukan waktu lebih lama untuk matang daripada beras putih.

Nah, itulah berbagai manfaat beras hitam dan cara mengolahnya. Karena punya banyak manfaat, beras ini bisa jadi alternatif sehat untuk menu makan kamu dan orang tua kamu di rumah.

Lengkapi juga pola hidup sehatmu dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc. Klik gambar berikut untuk mendapatkannya sekarang:

Referensi:
The Spruce Eats. Diakses pada 2020. Black or Forbidden Rice.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Black Rice: Health Benefits, Nutrition, and Uses.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. The Health Benefits of Forbidden Rice.
Nutrition and Cancer. Diakses pada 2023. Anticancer Activities of an Anthocyanin-Rich Extract from Black Rice Against Breast Cancer Cells in Vitro and in Vivo.
International Journal of Health Sciences and Research. Diakses pada 2023. Role of Black Rice in Health and Diseases.
The Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. Red and Black Rice Decrease Atherosclerotic Plaque Formation and Increase Antioxidant Status in Rabbits.
Pharmeasy. Diakses pada 2023. Black Rice: Uses, Benefits, Side Effects By Dr. Rajeev Singh.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan