Ini Jenis-Jenis Obat Bipolar yang Biasa Diresepkan Dokter

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Agustus 2024

“Masalah kesehatan mental seperti bipolar tidaklah mudah untuk diatasi seorang diri. Terkadang, kamu membutuhkan bantuan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Contohnya mulai dari sesi konseling hingga meresepkan obat-obatan seperti Quetvell hingga Lamictal “

Ini Jenis-Jenis Obat Bipolar yang Biasa Diresepkan DokterIni Jenis-Jenis Obat Bipolar yang Biasa Diresepkan Dokter

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Bipolar yang Diresepkan Dokter

Halodoc, Jakarta – Bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan munculnya perubahan emosi, hingga suasana hati seseorang dalam waktu yang sangat singkat. Kondisi ini juga disertai dengan adanya perubahan perilaku sehari-hari. 

Bipolar juga dapat membuat pengidapnya tiba-tiba merasa sangat bahagia, sedih, dan kadang mudah tersinggung. Namun, kabar baiknya bipolar ini dapat membaik bila ditangani dengan tepat.

Nah, kamu bisa mengawalinya dengan menghubungi psikolog atau psikiater di Halodoc yang siap memberikan layanan andalan, menemani, dan membantumu.

Tenang saja, sesi konseling tersebut akan mengutamakan privasi, dan tentunya tanpa adanya stigma.

Di samping itu, dalam beberapa kasus mungkin psikiater akan meresepkan obat-obatan bila dirasa perlu. Mau tahu apa saja jenis obat bipolar yang diresepkan dokter? Simak, daftarnya di artikel ini!

Jenis Obat-obatan Bipolar

Secara umum, obat-obatan yang diresepkan untuk mengatasi gangguan bipolar adalah obat yang bekerja dengan cara menstabilkan perubahan suasana hati. 

Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk tahu apa saja jenis obat-obatan yang biasanya diresepkan dokter untuk mengatasi bipolar. 

Namun, sebelum itu, penting untuk diketahui bahwa obat-obatan ini bekerja dengan memengaruhi zat kimia di otak, maka tidak boleh digunakan sembarangan. Karena itu, kamu harus melakukan konsultasi dengan psikiater terlebih dahulu. 

Berikut adalah jenis obat-obatan bipolar:

1. Antipsikotik

Bila pengidapnya mengalami bipolar yang disertai dengan kondisi depresi berat, antipsikotik adalah pilihan obat yang cenderung diresepkan dokter. Obat-obatannya yaitu:

  • Haloperidol.
  • Olanzapine.
  • Quetiapine.
  • Risperidone.
  • aripiprazole.

2. Litium

Lithium adalah obat yang sering diresepkan dokter sebagai pengobatan jangka panjang untuk menyembuhkan kondisi bipolar.  

Obat bipolar ini berguna untuk mencegah perubahan suasana hati, mengurangi risiko depresi berulang, hingga mengurangi risiko ingin bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. 

3. Antikonvulsan

Selain litium dan antipsikotik, obat bipolar selanjutnya adalah antikonvulsan. Jenis obat antikonvulsan yang sering diresepkan dokter untuk gangguan bipolar antara lain:

  • Carbamazepine.
  • Valproate.
  • Lamotrigine. 

Bila kamu menduga Orang Terdekat Idap Gangguan Bipolar, Psikolog ini Bisa Beri Perawatan.

4. Antidepresan

Ada banyak jenis obat antidepresan yang digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan mental. Namun, pada kondisi bipolar, dokter biasanya akan meresepkan pengidapnya obat golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitor). 

Obat golongan SSRI antara lain:

  • Fluoxetine.
  • Sertraline.
  • Fluvoxamine.
  • Citalopram
  • Paroxetine.
  • Escitalopram.

Psikiater mungkin saja melakukan kombinasi dari beberapa obat bipolar di atas. Untuk tahu mana pilihan obat bipolar yang tepat, konsultasi segera dengan psikiater di Halodoc

Pilihan Obat Bipolar yang Diresepkan Dokter

Nah, mana sajakah obat bipolar yang paling sering diresepkan psikiater? Berikut adalah obat bipolar yang paling sering diresepkan:

1. Quetvell 100 mg 10 Tablet

Quetvell 100 mg 10 Tablet mengandung zat aktif quetiapine. Untuk mengatasi bipolar, obat ini bekerja dengan cara menghambat kerja sebagian neurotransmitter di otak, terutama serotonin dan dopamin yang berperan dalam mengubah suasana hati seseorang. 

Dengan seimbangnya zat kimia tersebut, maka diharapkan pengidap bipolar akan lebih tenang dan stabil.

Obat bipolar ini juga dapat mengobati kondisi psikosis lainnya seperti skizofrenia hingga depresi berat. 

Jika kamu ingin tahu dosis pemberian dari obat bipolar ini, kamu harus konsultasi dulu dengan psikiater karena termasuk obat psikotropika yang memerlukan pemantauan khusus dari psikiater. 

Dapatkan Quetvell 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Risperidone 2 mg Tablet

Kedua, psikiater juga sering meresepkan obat golongan antipsikotik ini, yaitu Risperidone 2 mg Tablet. 

Risperidone adalah obat bipolar yang termasuk turunan benzisoxazole. Bekerja sebagai antagonis monoaminergik selektif di otak, obat ini dapat mengobati gangguan bipolar yang dialami. 

Namun, kamu butuh konsultasi dulu dengan psikiater untuk tahu berapa dosis yang tepat. Jika kamu punya kondisi tertentu, seperti diabetes, mungkin psikiater cenderung meresepkan obat lain. Jadi, kamu harus diskusi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. 

Dapatkan Risperidone 2 mg Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Abilify 5 mg 10 Tablet

Obat bipolar selanjutnya adalah Abilify 5 mg 10 Tablet. Dengan kandungan aripiprazole, obat ini dapat diresepkan dokter untuk mengobati gangguan mental yang sudah menyerang kondisi psikis seseorang, seperti bipolar. 

Kegunaan lain dari obat bipolar ini adalah untuk mengobati skizofrenia, depresi, hingga Tourette’s Disorder. 

Seseorang dengan kondisi diabetes, kelebihan berat badan, hingga kadar sel darah putih yang rendah, dikontraindikasikan untuk meminum obat ini sebagai terapi bipolar. 

Obat ini dapat memengaruhi metabolisme tubuh seseorang. Jadi, apabila kamu mengidap sindrom metabolik, psikiater biasanya tidak merekomendasikan pengobatan ini. 

Jadi, kamu harus konsultasi dengan psikiater karena obat ini juga memerlukan pemantauan khusus. Kamu juga hanya bisa dapatkan obat ini dengan resep dari psikiater. 

Dapatkan Abilify 5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Lamictal Tablet 100 mg

Lamictal adalah obat golongan antikonvulsan yang biasanya digunakan sebagai antikejang atau antiepilepsi. Namun, pada kasus tertentu, dapat digunakan sebagai terapi bipolar atas resep dan anjuran dari dokter.

Jadi, pastikan untuk selalu mendiskusikannya dengan dokter sebelum mengonsumsi obat bipolar ini. 

Kandungan dari Lamictal Tablet 100 mg adalah lamotrigine dengan dosis 100 mg. Obat ini bekerja dengan menghambat pelepasan neurotransmitter di otak. 

Dapatkan Lamictal Tablet 100 mg di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Abilify 15 mg 10 Tablet

Terakhir, obat bipolar yang sering diresepkan psikiater adalah Abilify 15 mg 10 Tablet. Abilify 15 mg 10 Tablet mengandung zat aktif aripiprazole 15 mg. 

Gunanya adalah untuk mengobati beberapa mental tertentu, terutama skizofrenia, bipolar, depresi, dan Tourette’s Disorder.

Terkait anjuran dosis dari obat bipolar ini, kamu harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan psikiater

Perlu dipertegas, semua obat bipolar ini hanya bisa kamu dapatkan dengan resep dokter. Jadi, wajib bagi kamu untuk konsultasi terkait kondisi yang dialami. 

Dapatkan Abilify 15 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah berbagai jenis obat bipolar yang sering diresepkan psikiater untuk mengatasi kondisi ini. Butuh informasi lebih lanjut atau sedang mengalami salah satu gejala yang mengarah pada bipolar? Segera konsultasi dengan psikiater tepercaya di Halodoc kapan dan di mana pun. 

Referensi
Indian Journal of Psychiatry. Diakses pada 2024. Clinical Practice Guidelines for Management of Bipolar DIsorder. 
Mind.org.uk. Diakses pada 2024. Bipolar Disorder.
NHS UK. Diakses pada 2024. Treatment – Bipolar Disorder.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan