Ini Dokter yang Paham Perawatan Hipermetropi atau Rabun Dekat

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Mei 2024

“Hipermetropi atau rabun dekat merupakan kondisi yang membuat mata tidak mampu melihat objek dekat secara jelas. Jika mengalami gejalanya, sebaiknya segera hubungi dokter mata di Halodoc.”

Ini Dokter yang Paham Perawatan Hipermetropi atau Rabun DekatIni Dokter yang Paham Perawatan Hipermetropi atau Rabun Dekat

DAFTAR ISI

  1. Gejala Hipermetropi/Rabun Dekat yang Harus Diwaspadai
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Bantu Perawatan Hipermetropi
    1. dr. Febria Restissa Sp.M
    2. dr. Cynthia Dewi M M.Biomed, Sp.M
    3. dr. Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes
    4. dr. Kartini Wulan Sp.M

Halodoc, Jakarta – Hipermetropi atau rabun dekat merupakan kondisi ketika seseorang kesulitan melihat objek yang berada dalam jarak dekat secara jelas. Padahal objek yang berada pada posisi yang lebih jauh dapat terlihat dengan jelas.

Kondisi ini terjadi karena adanya kerusakan pada bentuk kornea atau lensa mata. Hal ini yang kemudian membuat objek tidak terlihat dengan jelas ketika berada dalam jarak yang cukup dekat.

Gejala Hipermetropi/Rabun Dekat yang Harus Diwaspadai

Biasanya, gejala hipermetropi muncul setelah usia 40 tahun karena penurunan kemampuan penglihatan seiring bertambahnya usia. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu bagi pengidapnya. 

Tak hanya orang dewasa, bayi dan anak-anak juga dapat mengalami gangguan ini.

Namun, hipermetropi pada bayi dan anak-anak akan menjadi lebih baik seiring dengan perkembangan organ penglihatan tersebut. Meski begitu, bukan berarti kondisi ini dapat diabaikan begitu saja.

Pengidap hipermetropi bisa mengalami berbagai gejala seperti

  • Mata berair.
  • Sulit membaca.
  • Sakit kepala.
  • Ketidakmampuan melihat objek yang dekat secara jelas.
  • Mata mudah lelah setelah melihat objek yang dekat.
  • Perlu menyipitkan mata untuk dapat melihat objek yang dekat secara jelas.

Berbagai gejala tersebut dapat menjadi semakin parah apabila dibiarkan.

Karena itu, jika mengalami salah satunya, segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata di Halodoc untuk mendapat saran perawatan yang tepat.

Hubungi Dokter Ini untuk Bantu Perawatan Hipermetropi

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala hipermetropi atau rabun dekat, seperti kesulitan melihat objek dekat secara jelas, segera hubungi dokter spesialis mata di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Sebab, apabila gejala tersebut dibiarkan, dapat menyebabkan dampak yang lebih parah terhadap mata dan akan sangat mengganggu.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Febria Restissa Sp.M

Kamu bisa menghubungi dr. Febria Restissa Sp.M untuk mencari tahu informasi seputar glaukoma lebih mendalam.

Ia adalah dokter spesialis mata yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2011 dan 2018. 

Dokter Febria Restissa Sp.M juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dan saat ini berpraktik di Tangerang, Banten. 

Dengan pengalaman sebagai dokter mata selama 13 tahun, dr. Febria Restissa Sp.M mampu memberikan konsultasi di Halodoc seputar cara merawat kesehatan mata agar terhindar dari rabun dekat.

Tak sebatas itu saja, ia juga bisa memberikan konsultasi terkait berbagai penyakit mata lainnya, seperti infeksi mata, gangguan retina, mata bintitan sampai penglihatan buram.

Chat dr. Febria Restissa Sp.M mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Untuk mengobati hipermetropi, Ini Langkah Pengobatan Rabun Dekat atau Hipermetropi yang bisa kamu lakukan.

2. dr. Cynthia Dewi M M.Biomed, Sp.M

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dokter Cynthia Dewi M M.Biomed, Sp.M. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2007 dan 2019.

Saat ini, dr. Cynthia Dewi M M.Biomed, Sp.M berpraktik di Tabanan, Bali, dan juga menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

Ia memiliki pengalaman selama 17 tahun sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk bertanya di Halodoc seputar perawatan rabun dekat atau hipermetropi. 

Dokter Cynthia Dewi M M.Biomed, Sp.M juga bisa memberikan konsultasi seputar penyakit mata lainnya, seperti mata bintitan, pembuluh darah pecah, penglihatan buram dan infeksi mata. 

Chat dr. Cynthia Dewi M M.Biomed, Sp.M mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Rabun dekat dapat dialami siapapun tanpa terkecuali. Nah, ternyata Ini Berbagai Hal yang Bisa Jadi Penyebab Rabun Dekat.

3. dr. Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes

Dokter spesialis mata lainnya yang bisa kamu hubungi adalah dr. Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes.

Ia mendapatkan gelar dokternya di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung pada 2011 dan Universitas Sriwijaya Palembang pada 2022. 

Dokter Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes juga salah satu anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dan saat ini menjalani praktik di Bandar Lampung. 

Hingga saat ini, dr. Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes sudah memiliki pengalaman selama 13 tahun sebagai dokter spesialis mata.

Itu sebabnya, kamu bisa bertanya di Halodoc seputar cara perawatan hipermetropi atau rabun dekat dengan dokter Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes. 

Ia juga bisa memberikan solusi terkait masalah penglihatan lain, seperti penglihatan buram, gangguan saluran air mata, infeksi mata dan mata bintitan. 

Chat dr. Lilianty Fauzi Sp.M, M.Kes mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Kartini Wulan Sp.M

Kemudian, ada dr. Kartini Wulan Sp.M yang bisa kamu hubungi. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2008 dan 2022.

Saat ini, ia melakukan praktik di Lubuklinggau, Sumatra Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

Berbekal pengalaman selama 15 sebagai dokter mata, dr. Kartini Wulan Sp.M bisa memberikan konsultasi di Halodoc tentang penyakit hipermetropi atau rabun dekat. 

Tak hanya itu, dr. Kartini Wulan Sp.M juga bisa memberikan saran terkait infeksi mata, penglihatan buram, pembuluh darah pecah dan mata bintitan. 

Chat dr. Kartini Wulan Sp.M mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis mata yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan terkait sakit pinggang. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
National Institute of Health. Diakses pada 2024. National Eye Institute. Farsightedness.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Farsightedness.
Healthline. Diakses pada 2024. Farsightedness.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan