Ini Dokter yang Paham Cara Mengobati Hematuria

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Mei 2024

“Pengidap hematuria akan mengalami perubahan warna urine menjadi merah atau kecokelatan karena adanya sel darah dalam urine tersebut. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit ginjal atau infeksi saluran kandung kemih.”

Ini Dokter yang Paham Cara Mengobati HematuriaIni Dokter yang Paham Cara Mengobati Hematuria

DAFTAR ISI

  1. Gejala Hematuria yang Perlu Diwaspadai
  2. Rekomendasi Dokter untuk Bantu Obati Hematuria
    1. dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH
    2. dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH
    3. dr. RA Adaninggar PN Sp.PD, K-GH
    4. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD
    5. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Halodoc, Jakarta – Hematuria merupakan suatu kondisi ketika adanya darah dalam urine pengidapnya. Pada penyakit yang memiliki istilah medis gross hematuria ini, urine mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan atau kemerahan akibat adanya sel darah dalam urine tersebut.

Darah tersebut biasanya hanya bisa dilihat dengan uji laboratorium menggunakan mikroskop. Adanya darah dalam sel urine tersebut, umumnya berasal dari saluran kemih, seperti kandung kemih, uretra, ureter, hingga ginjal.

Karena itu, adanya gangguan atau masalah pada saluran kemih dapat mengakibatkan hematuria. Meski tidak berbahaya, penyakit ini bisa saja terjadi akibat dari penyakit serius yang mendasarinya.

Gejala Hematuria yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, urine yang sehat akan berwarna kuning pucat seperti biasa. Namun, ketika mengidap hematuria, urine akan berwarna merah muda, merah kecokelatan, merah, atau mungkin berwarna seperti teh.

Sebenarnya, hematuria tidak memiliki gejala lain selain adanya darah pada urine yang membuatnya berubah warna. 

Selain itu, kebanyakan pengidap hematuria juga tidak mengalami rasa sakit atau gejala lainnya.

Namun, rasa nyeri bisa muncul ketika gumpalan darah menghambat atau menghalangi aliran urine.

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab hematuria, antara lain:

Berbagai penyebab hematuria tersebut membutuhkan penanganan atau pengobatan yang berbeda-beda bergantung pada penyebab tersebut.

Karena itu, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan penyebab hematuria yang kamu alami sebelum menentukan penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi Dokter untuk Bantu Obati Hematuria

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami perubahan warna urine yang menjadi gejala dari hematuria serta mengidap kondisi yang dapat menyebabkan hematuria, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dokter Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH. Ia merupakan dokter spesialis penyakit dalam ginjal dan hipertensi. 

Dokter  Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH mendapatkan gelar dokter umumnya di Universitas Kristen Indonesia pada 2011.

Setelah itu, ia melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Sumatra Utara pada 2019.

Saat ini, dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH berpraktik di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Ia juga termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun sebagai dokter spesialis penyakit dalam ginjal dan hipertensi, dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar hematuria.

Chat dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc.

Catat, Ini Penyebab Hematuria yang Wajib Diwaspadai.

2. dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH

Selanjutnya, kamu dapat menghubungi dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi pada 2003. 

Setelah mendapat gelar dokter umumnya,  dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH melanjutkan studi ke Universitas Sriwijaya dan mendapatkan gelar spesialisnya pada tahun 2014. 

Dokter Adhi Permana Sp.PD, KGH saat ini berpraktik di Palembang, Sumatra Selatan. Ia juga tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 21 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH di Halodoc terkait penyakit hematuria.

Chat dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

3. dr. RA Adaninggar PN Sp.PD, K-GH

Pilihan dokter spesialis ginjal dan hipertensi lain yang dapat kamu hubungi, yaitu dr. RA Adaninggar PN Sp.PD, K-GH. Ia merupakan lulusan Universitas Airlangga pada 2003 dan 2017. 

Dokter RA Adaninggar PN Sp.PD, K-GH saat ini berpraktik di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 21 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH di Halodoc terkait cara penanganan penyakit hematuria.

Chat dr. RA Adaninggar PN Sp.PD, K-GH mulai dari Rp 130.000,- di Halodoc.

Jika kamu mengalami hematuria, Ini Langkah Pengobatan Hematuria yang Bisa Dilakukan.

4. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Kamu dapat menghubungi dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020.

Saat ini, dokter Puguh berpraktik di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan diabetes insipidus.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar hipertensi, gangguan kesehatan lansia, masalah kesehatan paru, alergi dan fungsi ginjal.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Agnita Irawaty Sp.PD. Ia adalah lulusan Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Yogyakarta dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan diabetes insipidus.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan terkait penyakit hematuria. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline.Diakses pada 2024. Why Is There Blood in My Urine?
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2023. Hematuria (Blood in the Urine).
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Diseases & Conditions. Blood in Urine (hematuria).
WebMD. Diakses pada 2024. Blood in Urine (Hematuria).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan