Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Trombositopenia

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Agustus 2024

“Trombositopenia merupakan kondisi ketika jumlah trombosit atau platelet dalam darah berada di bawah batas normal dan bisa membuat pengidapnya rentan perdarahan. Segera hubungi dokter di Halodoc apabila kamu mengalami gangguan ini. ”

Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatan TrombositopeniaIni Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Trombositopenia

DAFTAR ISI

  1. Gejala Trombositopenia yang Harus Diwaspadai
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala Trombositopenia
    1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD
    2. dr. Hafiziani Sp.PD
    3. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM
    4. dr. Rae Fernandez Sp.A
    5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Halodoc, Jakarta – Setiap komponen dalam darah memiliki peran spesifik yang krusial, dari mengangkut oksigen hingga melawan infeksi. Namun, ketika salah satu komponen ini terganggu, dampaknya bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu kondisi yang menggambarkan gangguan tersebut adalah trombositopenia.

Trombositopenia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan jumlah trombosit dalam darah yang lebih rendah dari batas normal. Trombosit atau platelet merupakan sel-sel kecil yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. 

Ketika jumlah trombosit menurun atau berada pada jumlah yang sangat rendah, tubuh menjadi lebih rentan terhadap perdarahan.

Gejala Trombositopenia yang Harus Diwaspadai

Orang yang mengalami trombositopenia pada tahap ringan umumnya tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, jika gejala muncul, biasanya yang paling sering terjadi adalah perdarahan.

Perdarahan tersebut bisa terjadi di luar atau di dalam tubuh dan terkadang sulit untuk dihentikan, seperti mimisan atau gusi berdarah.

Selain itu, gejala umum dari trombositopenia meliputi:

  • Gusi berdarah.
  • Adanya darah dalam tinja atau urine.
  • Muntah Darah atau hematemesis.
  • Menstruasi berat.
  • Muncul memar-memar pada tubuh.
  • Terjadi pembengkakan pada limpa.

Gejala trombositopenia di atas bisa sangat mengganggu dan membutuhkan penanganan sesegera mungkin.

Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena adanya trombosit atau platelet yang terperangkap dalam limpa.

Umumnya, kondisi tersebut terjadi pada ibu hamil, tetapi biasanya akan membaik setelah melahirkan.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter di Halodoc untuk mencegah komplikasi dan menentukan langkah penanganan yang tepat.

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gejala Trombositopenia

Jika mengalami gejala trombositopenia, sebaiknya kamu segera melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc agar gejala tidak semakin memburuk.

Mereka dapat memberikan saran mengenai penanganan yang sesuai dan meresepkan obat yang diperlukan.

Nah, berikut ini beberapa dokter di Halodoc yang telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2024.

Saat ini ia menjalani praktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7111401422105298.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan trombositopenia. 

Chat dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Trombositopenia terjadi karena rendahnya kadar trombosit dalam darah. Nah, kamu bisa coba 7 Minuman Alami Ini untuk Bantu Tingkatkan Trombosit.

2. dr. Hafiziani Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Hafiziani Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2010 dan kemudian melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2024.

Ia kini berpraktik di Pasaman Barat, Sumatera Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1321401422112839.

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Hafiziani Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk trombositopenia.

Chat dr. Hafiziani Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Selain trombositopenia, kadar trombosit yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Nah, Ini 7 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Trombosit Tinggi.

3. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM

Kamu juga bisa menghubungi dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM. Ia adalah lulusan Universitas Brawijaya pada 2010 dan 2018.

Saat ini, ia berpraktik di Tangerang Selatan dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR HN00000374979867.

Berbekal pengalaman selama 15 tahun, dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi trombositopenia.

Chat dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

4. dr. Rae Fernandez Sp.A

Pilihan lainnya, kamu bisa menghubungi dokter Rae Fernandez Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan pada 2013.

Ia kemudian melanjutkan studinya di Universitas Sam Ratulangi hingga mendapat gelar dokter spesialis pada 2021 silam.

Saat ini, ia menjalani praktik di Jakarta Barat, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 7121201321143926.

Sebagai dokter spesialis anak yang punya pengalaman selama 12 tahun, dr. Rae Fernandez Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan trombositopenia pada anak.

Chat dr. Rae Fernandez Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Kamu juga bisa menghubungi dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 2017 dan 2023.

Dokter Almira Muthia Deaneva Sp.A kini berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR GP00000766729720.

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar menangani anak yang mengalami trombositopenia. 

Chat dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk penanganan trombositopenia.

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar kondisi yang kamu alami dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Thrombocytopenia (Low Platelet Count).
Healthline. Diakses pada 2024. Low Platelet Count (Thrombocytopenia). 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Thrombocytopenia.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan