Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Gangguan Neuropati

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Agustus 2024

“Gangguan neuropati bisa ditandai dengan mati rasa, kesemutan, sensasi seperti ditusuk, meningkatnya sensitivitas terhadap sentuhan, hingga kelumpuhan. Apabila mengalami kondisi tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat perawatan yang tepat.”

Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Gangguan NeuropatiIni Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Gangguan Neuropati

DAFTAR ISI

  1. Apa Saja Gejala Gangguan Neuropati?
  2. Rekomendasi Dokter untuk Bantu Atasi Gangguan Neuropati
    1. dr. Juliet Christy G Umbas Sp.N
    2. dr. Kade Agus Sudha Naryana Sp.N
    3. dr. Juwita M.Biomed, Sp.N
    4. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD
    5. dr. Hafiziani Sp.PD

Halodoc, Jakarta – Gangguan neuropati adalah salah satu kondisi yang sering kali tidak disadari hingga mencapai tingkat yang lebih serius. Kondisi ini terjadi ketika adanya kerusakan pada saraf yang dapat memengaruhi berbagai fungsi tubuh.

Gejala yang bisa ditimbulkan dari gangguan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Adanya penyakit autoimun, diabetes, tumor, hingga perawatan kemoterapi merupakan beberapa penyebab terjadinya gangguan neuropati.

Apabila dibiarkan, gangguan neuropati bisa mengakibatkan hilangnya keseimbangan sehingga bisa menyebabkan pengidapnya sering terjatuh. Karena itu, menyadari gejala awal dari gangguan ini bisa menjadi langkah antisipasi paling tepat yang bisa dilakukan. 

Apa Saja Gejala Gangguan Neuropati?

Gejala gangguan neuropati dapat bervariasi tergantung pada jenis dan lokasi saraf yang terkena. Contohnya, neuropati perifer sering kali memengaruhi tangan dan kaki.

Namun, secara umum gejala gangguan neuropati meliputi:

  • Mengalami mati rasa sementara atau permanen.
  • Kesemutan yang tak kunjung hilang.
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap sentuhan.
  • Mengalami kelumpuhan dan kelemahan otot.
  • Masalah pencernaan.
  • Gangguan buang air kecil.
  • Adanya sensasi seperti tertusuk atau terbakar.

Berbagai gejala tersebut bisa sangat menimbulkan rasa tidak nyaman dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Karena itu, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc apabila kamu mengalami salah satu dari gejala di atas agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Rekomendasi Dokter untuk Bantu Atasi Gangguan Neuropati

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala gangguan neuropati seperti di atas, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc.

Penanganan yang tepat dan cepat bisa mencegah dampak yang tidak diinginkan terjadi. 

Selain itu, dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Mereka juga bisa memberi saran perawatan agar gangguan neuropati tidak semakin parah.

Nah, berikut beberapa dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Juliet Christy G Umbas Sp.N

Kamu bisa menghubungi dr. Juliet Christy G Umbas Sp.N. Ia merupakan lulusan Universitas Hasanuddin pada 2014 dan 2020.

Saat ini, ia berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR CT00000384802550.

Dengan pengalamannya selama 9 tahun, dr. Juliet Christy G Umbas Sp.N bisa melayani konsultasi di Halodoc terkait gangguan neuropati.

Chat dr. Juliet Christy G Umbas Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Gangguan neuropati terbagi ke dalam beberapa jenis, salah satunya neuropati radialis. Ketahui Pengertian, Penyebab, dan Pengobatan Neuropati Radialis.

2. dr. Kade Agus Sudha Naryana Sp.N

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Kade Agus Sudha Naryana Sp.N. Ia merupakan lulusan Universitas Wijaya Kusuma surabaya pada 2010 dan Universitas Udayana Denpasar pada 2019.

Saat ini, ia berpraktik di Tabanan, Bali dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR FF00000390846003.

Dengan pengalamannya selama 14 tahun, dr. Kade Agus Sudha Naryana Sp.N bisa melayani konsultasi di Halodoc terkait gangguan neuropati.

Chat dr. Kade Agus Sudha Naryana Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan neuropati diabetik. Ini Pengertian, Penyebab, dan Pengobatan Neuropati Diabetik.

3. dr. Juwita M.Biomed, Sp.N

Kamu juga bisa menghubungi dr. Juwita M.Biomed, Sp.N. Ia merupakan lulusan Universitas Brawijaya pada 2008 dan Universitas Syiah Kuala pada 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Banda Aceh, Aceh dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR 1121605422102027.

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, dr. Juwita M.Biomed, Sp.N bisa melayani konsultasi di Halodoc terkait gangguan neuropati.

Chat dr. Juwita M.Biomed, Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

4. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD

Selain itu, kamu bisa menghubungi dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini ia menjalani praktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7111401422105298.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc jika kamu mengalami gangguan neuropati.

Chat dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Hafiziani Sp.PD

Kamu juga bisa menghubungi dr. Hafiziani Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2010 dan kemudian melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2022.

Ia kini berpraktik di Pasaman Barat, Sumatera Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1321401422112839.

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Hafiziani Sp.PD dapat memberikan saran melalui Halodoc untuk mengatasi gangguan neuropati.

Chat dr. Hafiziani Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu tangani gangguan neuropati. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter tersebut agar gangguan neuropati yang kamu alami dapat segera membaik. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Peripheral Neuropathy
Everyday Health. Diakses pada 2024. Neuropathy: Symptoms, Causes, Types, Treatment, Nutrition.
American Diabetes Association. Diakses pada 2024. Neuropathy.
Healthline. Diakses pada 2024. Peripheral Neuropathy.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Neuropathy (Peripheral Neuropathy).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan