Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Diabetes Melitus

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Juli 2024

“Diabetes melitus perlu ditangani dengan baik agar tidak mudah kambuh. Kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc terkait perawatan diabetes melitus yang tepat.”

Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Diabetes MelitusIni Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Diabetes Melitus

DAFTAR ISI

  1. Apa Gejala Diabetes Melitus?
  2. Dokter di Halodoc untuk Bantu Mengelola Diabetes Melitus
    1. dr. Siska Damayanti Sp.PD
    2. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD
    3. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD
    4. dr. Vera Bahar Sp.PD
    5. dr. Andrea Livina Sp.PD

Halodoc, Jakarta – Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang tinggi. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. 

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar glukosa dalam darah, memungkinkan glukosa masuk ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Apa Gejala Diabetes Melitus?

Seseorang yang sudah terkena diabetes melitus umumnya akan mengalami gejala berikut ini:

  • Sering buang air kecil (poliuria)
  • Rasa haus yang berlebihan (polidipsia)
  • Rasa lapar yang berlebihan (polifagia)
  • Kelelahan
  • Penglihatan kabur
  • Penyembuhan luka yang lambat

Jika tidak diobati, diabetes melitus dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti penyakit jantung, kerusakan saraf (neuropati), kerusakan ginjal (nefropati), kerusakan mata (retinopati), dan masalah kaki.

Pengelolaan diabetes meliputi pemantauan kadar gula darah, mengikuti pola makan sehat, dan rutin berolahraga.

Jika diperlukan, pengidapnya juga menggunakan obat-obatan atau suntikan insulin. Ini Aturan Pakai Metformin untuk Pengidap Diabetes Tipe 2 yang perlu diketahui. 

Pemeriksaan rutin dengan dokter sangat penting untuk memantau dan mengendalikan kondisi ini.

Dokter di Halodoc untuk Bantu Mengelola Diabetes Melitus

Jika kamu atau orang terdekat mengalami tanda-tanda diabetes melitus, jangan abaikan dan segera hubungi dokter penyakit dalam di Halodoc.

Berikut beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. dr. Siska Damayanti Sp.PD

Dokter Siska Damayanti Sp.PD merupakan salah satu pilihan dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2010 2018.

Saat ini ia menjalani praktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Siska Damayanti Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara mengelola kondisi diabetes melitus. 

Chat dr. Siska Damayanti Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

2. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD

Kamu dapat menghubungi dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019.

Saat ini, dokter Handoko Tejo Utomo Sp.PD berpraktik di Jebres, Surakarta, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan diabetes melitus.

Chat dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD. Ia adalah lulusan Universitas Andalas pada 2010 dan 2020.

Saat ini, ia berpraktik di Agam, Sumatera Barat, dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi diabetes melitus.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengannya terkait penyakit diabetes, fungsi ginjal, dbd dan penyakit tropis, gangguan pencernaan, kesehatan paru, serta hipertensi.

Chat dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

4. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan diabetes melitus.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Gaya hidup adalah kunci pengelolaan diabetes melitus. Nah, berikut 13 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes yang perlu kamu ketahui. 

5. dr. Andrea Livina Sp.PD

Kamu juga bisa mengubungi dr. Andrea Livina Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2016 dan 2023.

Dokter Andrea Livina Sp.PD kini berpraktik di Manado, Sulawesi Utara, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 7 tahun, dr. Andrea Livina Sp.PD memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan anak yang mengalami diabetes melitus.

Chat dr. Andrea Livina Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang perawatan diabetes melitus.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Type 2 diabetes – Symptoms and causes.
American Diabetes Association. Diakses pada 2024. Life doesn’t end with type 2 diabetes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan