Ini Dokter yang Bisa Bantu Mengatasi Kejang Demam pada Anak

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Agustus 2024

“Anak yang mengalami demam tinggi rawan mengalami kejang demam. Jika ibu khawatir, ibu bisa menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc terkait penanganan yang tepat.”

Ini Dokter yang Bisa Bantu Mengatasi Kejang Demam pada AnakIni Dokter yang Bisa Bantu Mengatasi Kejang Demam pada Anak

DAFTAR ISI

  1. Apa Penyebab Kejang Demam?
  2. Rekomendasi Dokter Anak untuk Menangani Kejang Demam
    1. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc
    2. dr. Ariawan Setiadi Sp.A
    3. dr. Lingga Pradipta Sp.A
    4. dr. Rae Fernandez Sp.A
    5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Halodoc, Jakarta – Kejang demam adalah kondisi medis yang umumnya dialami bayi dan anak-anak di bawah usia 5 tahun. Kondisi ini ditandai dengan gerakan tubuh yang tidak terkendali secara tiba-tiba, seperti kaku, berkedut, atau kehilangan kesadaran. 

Kejang demam seringkali disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh yang cepat dan merangsang aktivitas listrik di otak. Ketahui penyebabnya lebih mendalam agar orang tua bisa lebih waspada.

Apa Penyebab Kejang Demam?

Sejumlah faktor yang dinilai mampu memicu kejang demam, antara lain:

  • Demam tinggi yang naik dengan cepat sehingga memicu aktivitas listrik abnormal di otak.
  • Perubahan suhu tubuh yang drastis.
  • Riwayat keluarga dengan kejang demam dapat meningkatkan risiko pada anak.
  • Beberapa infeksi virus, seperti virus flu atau virus penyebab roseola.
  • Anak yang kelelahan atau kurang tidur.
  • Kekurangan cairan dalam tubuh.

Penting untuk diingat bahwa kejang demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu kondisi lain, yaitu demam tinggi.

Kejang demam umumnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kerusakan otak pada anak. 

Meski begitu, orang tua tetap harus memperhatikan dan merawat Si Kecil dengan baik. Nah, ketahui 9 Penanganan Pertama saat Anak Alami Demam Disertai Kejang berikut ini. 

Rekomendasi Dokter Anak untuk Menangani Kejang Demam

Apabila Si Kecil mengalami demam tinggi hingga memicu kejang, segera hubungi dokter spesialis anak di Halodoc. 

Dokter bisa memberikan saran penanganan yang tepat serta meresepkan obat yang anak butuhkan. 

Berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis anak yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Ibu juga dapat menghubungi dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009. 

Ia kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 3411201319103310.

Berbekal pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi kejang demam pada anak.

Dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc

2. dr. Ariawan Setiadi Sp.A

Pilihan lainnya yaitu dr. Ariawan Setiadi Sp.Ayang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung pada 2022 dan Universitas Diponegoro pada 2015.

Dokter Ariawan Setiadi Sp.A kini berpraktik di Semarang, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 3311201421057882.

Dengan pengalaman selama 22 tahun, dr. Ariawan Setiadi Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan anak yang mengalami kejang demam.

Bukan itu saja, ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Ariawan Setiadi Sp.A, terkait alergi dan imunitas anak, dbd dan penyakit tropis, nafsu makan dan nutrisi, bayi kecil lahir dan prematur, pencernaan anak, serta perkembangan anak. 

Chat dr. Ariawan Setiadi Sp.A mulai dari Rp 135.000,- di Halodoc

3. dr. Lingga Pradipta Sp.A

Ibu juga bisa menghubungi dr. Lingga Pradipta Sp.A yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2011 dan Universitas Hassanuddin pada 2021.

Saat ini ia menjalani praktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 7311201321144020.

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Lingga Pradipta Sp.A bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara merawat anak yang mengalami kejang demam. 

Ibu juga bisa berkonsultasi dengannya seputar nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, jantung anak, kesehatan remaja, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Lingga Pradipta Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

4. dr. Rae Fernandez Sp.A

Dokter Rae Fernandez Sp.A  merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan pada 2013 dan melanjutkan studinya di Universitas Sam Ratulangi hingga 2021 untuk mendapat gelar dokter spesialis. 

Saat ini, iamenjalani praktik di Jakarta Barat, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 7121201321143926.

Sebagai dokter spesialis anak yang punya pengalaman selama 12 tahun, dr. Rae Fernandez Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan kejang demam.

Chat dr. Rae Fernandez Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Murah dan Mudah Didapat, Ini 7 Rekomendasi Obat Penurun Panas Anak yang bisa ibu beli.

5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Ibu juga bisa menghubungi dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 2017 dan 2023.

Dokter Almira Muthia Deaneva Sp.A kini berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR GP00000766729720.

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar menangani anak yang mengidap kejang demam.

Chat dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait cara mengatasi kejang demam.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Febrile Seizure.
Healthline. Diakses pada 2024. What Is a Febrile Seizures?
WebMD. Diakses pada 2024. What Are Febrile (Fever) Seizures?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan