Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Terapi Wicara

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Agustus 2024

“Anak yang mengalami keterlambatan bicara atau kesulitan berkomunikasi umumnya disarankan menjalani terapi wicara. Orang tua bisa menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis terapi ini.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Terapi WicaraIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Terapi Wicara

DAFTAR ISI

  1. Tujuan dan Fungsi Terapi Wicara untuk Anak
  2. Rekomendasi Dokter Anak di Halodoc untuk Bantu Terapi Wicara
    1. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc
    2. dr. Ariawan Setiadi Sp.A
    3. dr. Lingga Pradipta Sp.A
    4. dr. Rae Fernandez Sp.A
    5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Halodoc, Jakarta – Terapi wicara adalah suatu bentuk terapi yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Gangguan bicara dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan. 

Anak-anak dengan gangguan bicara dapat kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sebaya, belajar di sekolah, dan membangun kepercayaan diri. Yuk, ketahui lebih dalam tentang terapi yang satu ini!

Tujuan dan Fungsi Terapi Wicara untuk Anak

Terapi wicara untuk anak-anak memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan berbicara. Terapi ini membantu anak-anak belajar memproduksi suara, kata, dan kalimat dengan benar.
  • Meningkatkan pemahaman bahasa. Anak-anak bisa memahami arti kata, kalimat, dan konteks percakapan lewat terapi ini.
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi karena anak-anak akan diajari bagaimana memulai dan mempertahankan percakapan, serta mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka.
  • Meningkatkan kemampuan menelan  makanan atau minuman.
  • Meningkatkan kesadaran fonologis, yaitu bunyi-bunyi bahasa, yang merupakan dasar penting untuk belajar membaca dan menulis.

Nah, orang tua juga perlu mengetahui 7 Kondisi Anak yang Membutuhkan Terapi Wicara berikut ini. 

Rekomendasi Dokter Anak di Halodoc untuk Bantu Terapi Wicara

Apabila Si Kecil mengalami keterlambatan bicara atau kesulitan berkomunikasi, segera hubungi dokter spesialis anak di Halodoc. 

Dokter bisa memberikan informasi lebih dalam terkait terapi wicara dan bagaimana prosedurnya. 

Berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis anak yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun.

Mereka juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Ibu juga dapat menghubungi dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009. 

Ia kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 3411201319103310.

Berbekal pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar terapi wicara untuk anak.

Dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc

2. dr. Ariawan Setiadi Sp.A

Pilihan lainnya yaitu dr. Ariawan Setiadi Sp.Ayang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung pada 2022 dan Universitas Diponegoro pada 2015.

Dokter Ariawan Setiadi Sp.A kini berpraktik di Semarang, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 3311201421057882.

Dengan pengalaman selama 22 tahun, dr. Ariawan Setiadi Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar terapi wicara.

Bukan itu saja, ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Ariawan Setiadi Sp.A, terkait alergi dan imunitas anak, dbd dan penyakit tropis, nafsu makan dan nutrisi, bayi kecil lahir dan prematur, pencernaan anak, serta perkembangan anak. 

Chat dr. Ariawan Setiadi Sp.A mulai dari Rp 135.000,- di Halodoc

3. dr. Lingga Pradipta Sp.A

Ibu juga bisa menghubungi dr. Lingga Pradipta Sp.A yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2011 dan Universitas Hassanuddin pada 2021.

Saat ini ia menjalani praktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 7311201321144020.

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Lingga Pradipta Sp.A bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara membantu anak yang menjalani terapi wicara. 

Ibu juga bisa berkonsultasi dengannya seputar nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, jantung anak, kesehatan remaja, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Lingga Pradipta Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

4. dr. Rae Fernandez Sp.A

Dokter Rae Fernandez Sp.A  merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan pada 2013 dan melanjutkan studinya di Universitas Sam Ratulangi hingga 2021 untuk mendapat gelar dokter spesialis. 

Saat ini, iamenjalani praktik di Jakarta Barat, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 7121201321143926.

Sebagai dokter spesialis anak yang punya pengalaman selama 12 tahun, dr. Rae Fernandez Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait terapi wicara.

Chat dr. Rae Fernandez Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Hati-hati, Gadget untuk Bayi Bisa Sebabkan Terlambat Bicara sehingga pemberiannya wajib orang tua batasi. 

5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Ibu juga bisa menghubungi dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 2017 dan 2023.

Dokter Almira Muthia Deaneva Sp.A kini berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR GP00000766729720.

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputa anak yang butuh terapi wicara.

Chat dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait terapi wicara.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2024. What Is Speech Therapy?
Healthline. Diakses pada 2024. What Is Speech Therapy?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Speech Therapy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan