Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Multiple Sclerosis

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Juni 2024

“Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang dapat memengaruhi fungsi otak dan sumsum tulang belakang. Untuk mengurangi mendapat konsultasi peraatan multiple sclerosis, hubungi dokter spesialis di Halodoc.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Multiple SclerosisIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Multiple Sclerosis

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Multiple sclerosis (MS) adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang myelin, yaitu lapisan pelindung yang mengelilingi saraf di otak dan sumsum tulang belakang. 

Akibatnya, multiple sclerosis dapat memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang, menimbulkan berbagai gejala potensial termasuk gangguan penglihatan, masalah pergerakan lengan atau kaki, sensasi abnormal, atau masalah keseimbangan.

Kondisi ini berlangsung seumur hidup yang kadang-kadang dapat menyebabkan kecacatan serius, meskipun dalam beberapa kasus bisa ringan.

Gejala multiple sclerosis seringkali dapat diobati, meskipun harapan hidup rata-rata penderita multiple sclerosis sedikit berkurang.

Penyakit ini biasanya di diagnosis pada orang yang berusia 20 hingga 40 tahun, meskipun bisa berkembang pada usia berapa pun. 

Multiple sclerosis juga lebih sering terjadi pada wanita, dengan frekuensi sekitar 2 hingga 3 kali lebih tinggi dibandingkan pria.

Hubungi Dokter Ini Untuk Bantu Perawatan Multiple Sclerosis

Jika kamu atau orang terdekatmu mengalami gejala multiple sclerosis dan kondisinya semakin memburuk, jangan ragu untuk segera hubungi dokter.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis saraf di Halodoc untuk konsultasi dan perawatan untuk mengatasi penyakit multiple sclerosis.

Berikut adalah dokter di Halodoc telah berpengalaman dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan serta mendapat ulasan positif dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S

Kamu dapat menghubungi dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S, yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada tahun 2000 dan 2016. 

Saat ini, ia berpraktik di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dan menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 24 tahun, ia dapat memberikan konsultasi melalui Halodoc tentang multiple sclerosis dan masalah saraf lainnya. 

Chat dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Untuk membantu mencegah kondisinya memburuk, kamu perlu tahu 4 Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Multiple Sclerosis.

2. dr. Fitri Damayanti Sp.N

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Fitri Damayanti Sp.N yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada tahun 2007 dan 2019. 

Saat ini, ia berpraktik di Pangkep, Sulawesi Selatan, dan aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman 17 tahun, Dr. Fitri Damayanti Sp.N menyediakan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit saraf, termasuk yang terkait dengan kondisi multiple sclerosis.

Chat dr. Fitri Damayanti Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Kamu juga perlu tahu 11 Gejala Penyakit Multiple Sclerosis yang Harus Diwaspadai

3. dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N

Pilihan dokter saraf lainnya adalah dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N, yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara tahun 2009 dan 2020. 

Saat ini, Dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N, berpraktik di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dan aktif tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman praktik selama 15 tahun, dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N, memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masalah multiple sclerosis

Ia juga dapat memberikan konsultasi mengenai gejala mati rasa dan kesemutan, stroke, vertigo, gangguan keseimbangan, sakit kepala, serta nyeri pada sendi dan punggung.

Chat dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Faldi Yaputra Sp.N

Salah satu pilihan dokter yang dapat dihubungi adalah dr. Faldi Yaputra Sp.N yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya tahun 2015 dan Universitas Udayana tahun 2022. 

Saat ini, dr. Faldi Yaputra Sp.N berpraktik di Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, dan menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 9 tahun, dr. Faldi Yaputra Sp.N dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi multiple sclerosis

Selain itu, ia bisa memberikan konsultasi mengenai mati rasa dan kesemutan, nyeri otot, vertigo, gangguan keseimbangan, sakit kepala, serta nyeri pada sendi dan punggung.

Chat dr. Faldi Yaputra Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai rekomendasi dokter spesialis yang dapat dihubungi melalui Halodoc untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan multiple sclerosis.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Yuk, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Multiple Sclerosis (MS): What It Is, Symptoms & Treatment.
NHS. Diakses pada 2024. Multiple Sclerosis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan