Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Anak Autis

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Juni 2024

“Anak yang mengidap autisme biasanya memiliki masalah berkomunikasi hingga mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Untuk mendapat saran dan informasi seputar perawatan anak autis, konsultasikan dengan dokter di Halodoc.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Anak AutisIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Anak Autis

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Autisme adalah kondisi yang ditandai oleh masalah dalam komunikasi dan perilaku. Kondisi ini merupakan gangguan spektrum, yang berarti memengaruhi individu dengan cara dan tingkat yang bervariasi. Biasanya, tanda-tanda autisme muncul pada usia 2 atau 3 tahun.

Anak dengan autisme mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, termasuk memahami pikiran dan perasaan orang lain.

Hal ini membuat mereka sulit mengekspresikan diri, baik melalui kata-kata, gerak tubuh, ekspresi wajah, maupun sentuhan.

Anak autis mungkin juga menghadapi tantangan dalam belajar, dengan keterampilan yang berkembang secara tidak merata. 

Misalnya, mereka mungkin memiliki kesulitan dalam komunikasi tetapi memiliki keahlian yang luar biasa dalam seni, musik, matematika, atau memori.

Hubungi Dokter Ini Untuk Konsultasi Terkait Perawatan Anak Autis

Jika anak atau orang tersayang mengidap autisme, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tepercaya di Halodoc.

Dokter akan memberikan kamu konsultasi, informasi, dan saran yang lebih lengkap dan mendetail tentang perawatan anak autis.

Nah, berikut adalah daftar rekomendasi dokter spesialis tepercaya yang bisa kamu hubungi di Halodoc.

Mereka juga telah mendapatkan rating baik dari pasien yang sebelumnya telah mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Ibu dapat menghubungi dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc, seorang dokter spesialis anak yang telah menyelesaikan pendidikan dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009. 

Saat ini, ia berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan aktif tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar tuberkulosis dan dapat memberi saran terkait perawatan anak autis.

Dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc

2. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A

Rekomendasi dokter selanjutnya adalah dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta pada 2001, dan Universitas Sam Ratulangi, Manado, pada 2019.

Kini, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan terdaftar sebagai anggota aktif IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A. bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah kesehatan anak, termasuk konsultasi terkait perawatan anak autis. 

Ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Gracia terkait nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Sebagai bentuk perawatan anak autis, yuk, Kenalan dengan Terapi ABA untuk Anak Autis.

3. dr. Lingga Pradipta Sp.A

Selanjutnya, ibu bisa menghubungi dr. Lingga Pradipta Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, pada 2011, dan Universitas Hassanuddin, pada 2021.

Saat ini, dr. Lingga Pradipta Sp.A aktif berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Lingga Pradipta Sp.A bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan anak autis. 

Ibu juga bisa berkonsultasi dengan dr. Lingga Pradipta Sp.A terkait kesehatan remaja, perkembangan anak, kesehatan jantung anak, kelahiran prematur, nutrisi anak, dan penyakit tropis.

Chat dr. Lingga Pradipta Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed

Rekomendasi berikutnya adalah dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed, dokter spesialis anak yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada tahun 2006 dan 2018.

Saat ini, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed berpraktik medis di Lamongan, Jawa Timur, dan  tergabung sebagai anggota aktif IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 18 tahun, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan anak autis dan berbagai masalah kesehatan anak.

Chat dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Ibu perlu cari tahu Autisme pada Anak, Ketahui Apa Saja Ciri-Ciri dan Penyebabnya.

5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Ibu juga bisa menghubungi dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin, dokter yang telah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2008 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Dokter Dwi Lestari Avianti kini berpraktik di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan tergabung sebagai anggota aktif IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan anak autis.

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait perawatan anak autis.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Untuk kesehatan anak yang terjaga dengan baik, segera hubungi dokter di Halodoc, ya!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2024. Autism.
WebMD. Diakses pada 2024. What Is Autism?.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan