Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Penanganan Demensia

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Juli 2024

“Demensia bisa semakin parah seiring berjalannya waktu jika tidak ditangani dengan baik. Kamu bisa menghubungi dokter spesialis saraf di Halodoc terkait perawatan demensia yang tepat.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Penanganan DemensiaIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Penanganan Demensia

DAFTAR ISI

  1. Apa Tanda-Tanda Demensia?
  2. Dokter di Halodoc untuk Bantu Menangani Demensia
    1. dr. Lifea Sp.S
    2. dr. Wid Patria W. Sp.S
    3. dr. Hidayaturrahmi Sp.N
    4. dr. Eric Tanoto Sp.N
    5. dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N

Halodoc, Jakarta – Demensia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif yang cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Fungsi kognitif ini meliputi kemampuan berpikir, mengingat, dan bernalar. 

Perlu kamu pahami bahwa demensia bukanlah suatu penyakit, melainkan serangkaian gejala penyakit tertentu, seperti penyakit Alzheimer, yang merupakan penyebab demensia paling umum.

Apa Tanda-Tanda Demensia?

Demensia umumnya ditandai dengan kondisi berikut:

  • Gangguan memori, contohnya sulit mengingat informasi yang baru saja dipelajari atau lupa tentang peristiwa atau nama orang yang dikenal.
  • Kesulitan berkomunikasi karena susah menemukan kata yang tepat atau mengikuti percakapan.
  • Perubahan perilaku dan kepribadian, seperti mudah marah, bingung, atau menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan kebiasaan.
  • Kehilangan kemampuan untuk menjalankan tugas sehari-hari, seperti memasak, mengelola keuangan, atau mengemudi.
  • Disorientasi, yakni bingung tentang waktu dan tempat, misalnya tidak tahu hari apa atau di mana berada.

Penyebab demensia bisa beragam, termasuk penyakit neurodegeneratif, stroke, cedera otak, dan beberapa kondisi medis lainnya.

Karena berkaitan erat dengan Alzheimer, Ini Hal yang Bisa Jadi Penyebab Penyakit Alzheimer yang perlu kamu waspadai.

Diagnosa dan pengelolaan demensia memerlukan penilaian dari dokter. Perawatan sedini mungkin juga dapat membantu mengelola gejala serta meningkatkan kualitas hidup pengidapnya.

Dokter di Halodoc untuk Bantu Menangani Demensia

Jika kamu atau orang terdekat mengalami tanda-tanda demensia, jangan abaikan dan segera hubungi dokter spesialis saraf di Halodoc.

Berikut beberapa dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. dr. Lifea Sp.S

Kamu dapat menghubungi dr. Lifea Sp.S yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Udayana pada 1995. Ia kemudian melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar spesialis di Universitas Airlangga dan lulus pada 2004.

Saat ini, dokter Lifea berpraktik di Badung, Bali, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 28 tahun, dr. Lifea Sp.S bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan demensia.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar stroke, vertigo dan gangguan keseimbangan, mati rasa dan kesemutan, nyeri sendi dan punggung, serta nyeri sakit kepala. 

Chat dr. Lifea Sp.S mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

2. dr. Wid Patria W. Sp.S

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Wid Patria W. Sp.S. Ia adalah lulusan Universitas Gadjah Mada pada 1988 dan Universitas Indonesia pada 1998.

Saat ini, ia berpraktik di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Berbekal pengalaman selama 37 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Wid Patria W. Sp.S di Halodoc terkait demensia.

Dokter Wid Patria juga bisa memberikan konsultasi seputar nyeri sendi dan punggung, mati rasa dan kesemutan, nyeri otot, vertigo dan gangguan keseimbangan, serta stroke. 

Chat dr. Wid Patria W. Sp.S mulai dari Rp 175.000,- di Halodoc.

3. dr. Hidayaturrahmi Sp.N

Dokter Hidayaturrahmi Sp.N merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada 2009 dan 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Banda Aceh, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengelola demensia.

Sebagai dokter spesialis saraf, ia juga bisa memberikan konsultasi terkait mati rasa dan kesemutan, vertigo dan gangguan keseimbangan, nyeri sendi dan punggung, nyeri sakit kepala, dan stroke. 

Chat dr. Hidayaturrahmi Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Eric Tanoto Sp.N

Kamu juga bisa menghubungi dr. Eric Tanoto Sp.N. Ia adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah pada 2013 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022. 

Dokter Eric Tanoto Sp.N adalah seorang anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dan kini berpraktik di Mojokerto, Jawa Timur.

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Eric Tanoto Sp.N memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan demensia

Chat dr. Eric Tanoto Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Kamu bisa Cegah Demensia Sejak Usia Muda dengan 5 Cara Ini secara rutin. 

5. dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N

Pilihan lainnya, yaitu dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2015 dan 2022.

Dokter Putri Rossyana Dewi Sp.N kini berpraktik di Denpasar, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis penyakit dalam selama 8 tahun, dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang cara mengatasi demensia.

Chat dr. Putri Rossyana Dewi Sp.N dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis saraf yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang perawatan demensia.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Dementia.
Medical News Today. Diakses pada 2024. What Is Dementia? Symptoms, Stages, Types, and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan