Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Penanganan Aterosklerosis

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2024

“Aterosklerosis bisa menyebabkan pengidapnya mengalami nyeri dada, sesak napas, bahkan disfungsi ereksi. Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejalanya, segera hubungi dokter di Halodoc.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Penanganan AterosklerosisIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Penanganan Aterosklerosis

DAFTAR ISI:

  1. Apa Saja Gejala Aterosklerosis?
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Mendapatkan Penanganan Terkait Aterosklerosis
    1. dr. Siska Damayanti Sp.PD
    2. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD
    3. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD
    4. dr. Vera Bahar Sp.PD
    5. dr. Andrea Livina Sp.PD

Halodoc, Jakarta – Aterosklerosis adalah kondisi medis saat arteri menjadi sempit dan kaku akibat penumpukan plak di dinding arteri. Plak ini terdiri dari lemak, kolesterol, kalsium, dan zat-zat lainnya yang ditemukan dalam darah.

Proses ini dapat mengurangi aliran darah ke organ dan jaringan tubuh yang penting, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Apa Saja Gejala Aterosklerosis?

Gejala aterosklerosis dapat bervariasi tergantung pada arteri mana yang terkena dan seberapa parah penyumbatan tersebut. Beberapa gejala umum meliputi:

  • Nyeri Dada (Angina): Terjadi ketika arteri koroner (arteri yang memasok darah ke jantung) terpengaruh. Nyeri dada atau ketidaknyamanan sering terjadi selama aktivitas fisik atau stres emosional dan hilang dengan istirahat.
  • Sesak Napas: Terjadi karena jantung tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen.
  • Nyeri Kaki atau Tangan: Jika aterosklerosis memengaruhi arteri di ekstremitas, dapat menyebabkan nyeri atau kram di kaki atau tangan, terutama saat berjalan atau beraktivitas fisik (kondisi ini dikenal sebagai klaudikasio).
  • Kelemahan atau Mati Rasa: Jika arteri yang menuju ke otak terpengaruh, dapat menyebabkan kelemahan atau mati rasa tiba-tiba di lengan atau kaki, kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan, kehilangan penglihatan sementara di satu mata, atau wajah yang terkulai (gejala ini mungkin menandakan stroke).
  • Disfungsi Ereksi: Pada pria, aterosklerosis dapat menyebabkan masalah ereksi.
  • Tekanan Darah Tinggi: Aterosklerosis pada arteri ginjal dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau gagal ginjal.

Jika kamu mengalami gejala di atas, ada baiknya segera untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Selain itu, Kenali Hubungan Aterosklerosis dengan Penyakit Jantung Koroner.

Hubungi Dokter Ini untuk Mendapatkan Penanganan Terkait Aterosklerosis

Jika kamu mengalami beberapa gejala aterosklerosis, segera hubungi dokter di Halodoc.

Tujuannya agar kondisi tersebut dapat segera mendapatkan penanganan tepat. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi untuk perawatan aterosklerosis.

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. Siska Damayanti Sp.PD

Siska Damayanti Sp.PD adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Ia berhasil menamatkan pendidikan dokter umum pada 2010 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2018.

Ia kini membuka praktik di Gresik, Jawa Timur dan masih menjadi anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun, dr. Siska Damayanti Sp.PD bisa memberikan konsultasi seputar masalah penyakit dalam seperti misalnya aterosklerosis. 

Chat dr. Siska Damayanti Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD

Handoko Tejo Utomo Sp.PD telah menyelesaikan pendidikan dokter umum di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2009.

Ia pun melanjutkan studi kedokteran di Universitas Sam Ratulangi hingga akhirnya mendapat gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2019.

Ia kini membuka praktik di Jebres, Surakarta dan masih menjadi anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD bisa memberikan konsultasi seputar masalah penyakit dalam seperti misalnya aterosklerosis.

Chat dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD

Selanjutnya ada dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD yang merupakan alumnus Universitas Andalas.

Ia berhasil meraih gelar dokter umum pada 2010 dan kemudian dokter spesialis penyakit dalam pada 2020. 

Ia kini membuka praktik di Agam, Sumatera Barat dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD bisa memberikan konsultasi seputar masalah penyakit dalam seperti misalnya aterosklerosis.

Chat dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

4. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan aterosklerosis. 

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Andrea Livina Sp.PD

Andrea Livina Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran  Universitas Sam Ratulangi.

Ia berhasil menyelesaikan studi kedokteran umum pada 2016 dan kemudian melanjutkan di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2023.

Ia kini membuka praktik di Manado, Sulawesi Utara dan masih menjadi anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 6 tahun, dr. Andrea Livina Sp.PD bisa memberikan konsultasi seputar masalah penyakit dalam seperti misalnya aterosklerosis.

Chat dr. Andrea Livina Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang penanganan konstipasi. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. 

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2024. Atherosclerosis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Atherosclerosis.
Healthline. Diakses pada 2024. Atherosclerosis.
WebMD. Diakses pada 2024. Atherosclerosis. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan