Ini Dokter Spesialis di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kanker Darah

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juni 2024

“Kanker darah dibagi menjadi tiga jenis, yaitu leukimia, limfoma, dan myeloma. Setiap jenis memerlukan perawatan yang berbeda sesuai kondisinya. Hubungi dokter di Halodoc jika kamu atau orang terdekat membutuhkan perawatan kanker darah.”

Ini Dokter Spesialis di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kanker DarahIni Dokter Spesialis di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kanker Darah

DAFTAR ISI

  1. Jenis-Jenis Kanker Darah
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kanker Darah

Halodoc, Jakarta – Kanker darah adalah kanker yang memengaruhi cara tubuh memproduksi sel darah dan seberapa baik sel tersebut bekerja. Kebanyakan kanker darah dimulai di sumsum tulang, bahan lembut seperti spons di tengah tulang. 

Sumsum tulang membuat sel induk yang matang dan menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Sel darah normal melawan infeksi, membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan mengontrol pendarahan. 

Kanker darah terjadi ketika ada sesuatu yang mengganggu cara tubuh membuat sel darah. Jika mengidap kanker darah, sel darah abnormal akan membanjiri sel darah normal, sehingga menimbulkan efek samping dari kondisi medis. 

Jenis-Jenis Kanker Darah

Kanker darah dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jenis sel darah yang terpengaruh dan cara penyakit ini berkembang. Berikut adalah tiga jenis utama kanker darah:

1. Leukemia

Leukemia terjadi ketika kanker dimulai di sumsum tulang dan menyebabkan produksi berlebihan dari sel darah putih yang belum matang, sehingga banyak sel darah putih tersebut tidak mampu melawan infeksi. 

2. Limfoma

Kanker yang memengaruhi sistem limfatik, khususnya limfosit, yaitu sejenis sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi. 

Sistem ini terdiri dari jaringan pembuluh yang mencakup kelenjar getah bening, limpa, dan kelenjar timus, yang menyimpan dan mengangkut sel darah putih untuk membantu tubuh melawan infeksi.

3. Myeloma

Kanker ini bermula di sel plasma, jenis sel darah putih yang menghasilkan antibodi untuk melawan infeksi. 

Sel myeloma menyebar melalui sumsum tulang, dapat merusak tulang, dan menggantikan sel-sel darah yang sehat. Sel-sel ini juga menghasilkan antibodi yang tidak dapat melawan infeksi.

Setiap jenis kanker darah ini memiliki subtipe lebih lanjut yang membantu menentukan perawatan yang tepat.

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Kanker Darah

Apabila kamu atau orang terdekat sedang bersiap untuk menjalani perawatan kanker darah, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai prosedurnya. 

Berikut adalah beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang berpengalaman dalam menangani berbagai penyakit, termasuk kanker, yang dapat kamu hubungi untuk pengobatan. 

Daftar dokter ini juga memiliki ulasan yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM

Kamu bisa menghubungi dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang mendapatkan gelar dokter umum pada 2003 .

Ia kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dengan konsentrasi pada bidang Hematologi dan Onkologi Medik pada 2015.

Kini, dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM berpraktik di Yogyakarta dan terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 21 tahun, dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM bisa memberikan saran terkait pengobatan kanker darah.

Chat dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc.

Kamu perlu tahu 5 Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai.

2. dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM

Selanjutntya, ada dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang menyelesaikan studi kedokteran umum pada 2007 

Kemudian, ia melanjutkan studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam dengan konsentrasi pada bidang Hematologi dan Onkologi Medik di tahun 2013.

Saat inidr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM  praktik di Bandung, Jawa Barat dan terdaftar aktif sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 17 tahun, dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM bisa memberikan saran terkait perawatan kanker darah.

Chat dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM mulai dari Rp 250.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Kamu juga bisa menghubungi dr. Vera Bahar Sp.PD yang merupakan lulusan Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia berpraktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan aktif tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 16 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait saran terkait perawatan kanker darah.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Siska Damayanti Sp.PD

Dokter Siska Damayanti Sp.PD merupakan salah satu pilihan dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2010 2018.

Saat ini ia menjalani praktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Siska Damayanti Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan kanker darah. 

Chat dr. Siska Damayanti Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Kamu juga perlu Kenali Pemicu dan Cara untuk Mencegah Kanker Darah yang harus diketahui.

5. dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO-K

Pilihan lainnya, yaitu dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2015 dan 2023.

Saat ini, dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO berpraktik di Lampung Tengah dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter selama 11 tahun, dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan kanker darah.

Chat dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi terkait perawatan kanker darah.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Yuk, Segera download Halodoc sekarang juga!

Untuk kesehatan anak yang terjaga dengan baik, segera hubungi dokter di Halodoc, ya!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Blood Cancer: Overview, Symptoms & Types.
WebMD. Diakses pada 2024. Types of Blood Cancer.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan