Ini Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Mei 2024

“Hilangnya ketertarikan untuk berkomunikasi dengan pasangan karena adanya sesuatu yang ditutupi bisa menjadi tanda dari perselingkuhan. Kamu bisa berkonsultasi dan menceritakan hal-hal yang mengarah pada perselingkuhan kepada psikolog untuk mendapat saran guna menghadapi situasi tersebut.”

Ini Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan BerbohongIni Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong

DAFTAR ISI

  1. Tanda-Tanda Suami Selingkuh dan Berbohong
  2. Hubungi Psikolog Ini Jika Suami Menunjukkan Ciri-Ciri Selingkuh
    1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog
    2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog
    3. Munazilah S.Psi, M.Psi
    4. Adisti Natalia M.Psi, Psikolog
    5. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog

Halodoc, Jakarta – Selingkuh merupakan ancaman serius bagi hubungan yang sedang dijalani, bahkan bisa terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Biasanya, suami yang berselingkuh menunjukkan perubahan yang tidak mereka sadari, baik secara emosional maupun secara tingkah laku.

Tak hanya secara fisik, selingkuh juga bisa terjadi ketika seseorang memperlihatkan kenyamanan dalam berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan, bahkan hingga mengabaikan pasangan sehingga berpengaruh terhadap keharmonisan dalam hubungan rumah tangga.

Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda suami yang berselingkuh dan sering berbohong.

Tanda-Tanda Suami Selingkuh dan Berbohong

Suami yang berselingkuh dan berbohong biasanya menunjukkan beberapa tanda yang tidak disadari. Selain berpengaruh terhadap kesehatan mental, perselingkuhan juga dapat membuat stres meningkat sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya.

Nah, berikut beberapa tanda suami yang selingkuh atau berbohong:

1. Komunikasi yang berubah

Adanya perubahan dalam komunikasi bisa menjadi tanda pasangan berselingkuh. Pasangan bisa menjadi lebih tertutup atau menghindari komunikasi dengan kamu.

Jarang memberi kabar, jarang memberi pujian, mengabaikan apa yang kamu sampaikan, atau jarang menanyakan aktivitas sehari-hari merupakan salah satu bentuk perubahan komunikasi yang menjadi lebih buruk.

Padahal, komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga.

2. Sering menghabiskan waktu di luar rumah

Jika suami mulai sering menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah tanpa alasan yang jelas, atau sering memiliki agenda yang tidak biasa dan tiba-tiba serta pergi tanpa memberi tahu kamu terlebih dahulu, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka memiliki aktivitas yang disembunyikan.

Hal ini tentu akan menyebabkan kecurigaan, terlebih jika suami terlihat kurang betah ketika berada di rumah.

3. Perubahan sikap yang drastis

Suami mungkin menunjukkan perubahan sikap yang mencolok, seperti menjadi lebih mudah marah, tersinggung, atau menunjukkan kurangnya perhatian atau kasih sayang terhadap kamu.

Perubahan sikap seperti ini bisa jadi karena ada sesuatu yang membuatnya kurang tertarik untuk memberi perhatian pada pasangannya.

Tak hanya untuk suami atau istri, perselingkuhan juga akan menyakitkan bagi anak. Lantas, Mengapa Selingkuh Lebih Menyakitkan dari Perpisahan untuk Anak?

4. Sering menghindar

Ketika berkomunikasi, suami akan cenderung menghindari topik-topik tertentu dalam percakapan. Selain itu, mereka juga cenderung untuk menghindari kontak fisik atau bahkan menghindari untuk bertemu.

5. Menurunnya minat aktivitas seksual

Hilangnya gairah atau keinginan untuk melakukan hubungan seksual juga bisa menjadi salah satu tanda suami berselingkuh. Hal ini disebabkan karena hilangnya rasa ketertarikan terhadap pasangan sehingga menurunkan gairah seksual tersebut.

6. Adanya pengeluaran yang tidak biasa

Perubahan pengeluaran dalam keuangan bisa menjadi tanda bahwa suami sedang berselingkuh. Hal ini bisa mencakup pengeluaran uang yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan olehnya. 

7. Sering berbohong

Berbohong dapat menjadi tanda bahwa suami sedang berselingkuh. Ini bisa termasuk berbohong tentang hal-hal kecil atau penting, seperti keberadaannya, aktivitasnya, atau interaksi dengan orang lain.

Beberapa tanda apabila suami sedang berbohong, yaitu:

  • Menghindari kontak mata.
  • Kebiasaan yang berubah.
  • Menjadi sering memainkan rambut atau menempelkan jari pada mulut.
  • Tidak bisa menceritakan sesuatu secara jelas.

Beberapa tanda tersebut, sebenarnya tidak memastikan bahwa suami berselingkuh. Namun, tanda-tanda tersebut bisa menjadi salah satu tanda yang menunjukkan bahwa suami selingkuh atau berbohong.

Jika suami kamu menunjukkan tanda-tanda perselingkuhan, konsultasikan hal tersebut dengan psikolog.

Hubungi Psikolog Ini Jika Suami Menunjukkan Ciri-Ciri Selingkuh

Apabila pasangan kamu menunjukkan ciri-ciri selingkuh atau sering berbohong, segera hubungi psikolog di Halodoc untuk mendapat tips dan saran untuk menghadapi situasi tersebut.

Kamu bisa menceritakan ciri-ciri perselingkuhan apa saja yang ditunjukkan oleh pasangan kepada psikolog. Selain itu, kamu juga bisa menceritakan aktivitas apa saja yang mencurigakan dari pasangan kamu.

Psikolog di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut psikolog di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi

Psikolog pertama yang bisa kamu hubungi adalah Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Universitas Mercu Buana pada 2014 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada 2019. 

Saat ini, Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog melakukan praktik di Tangerang Selatan, Banten. 

Dengan pengalaman selama 4 tahun, kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi di Halodoc jika kamu merasa suami menunjukkan ciri-ciri berselingkuh.

Chat Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 80.000,- di Halodoc.

Perselingkuhan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, Apakah Benar Kebiasaan Selingkuh Bisa Disebabkan oleh Gen dan Hormon?

2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi

Selanjutnya, kamu dapat menghubungi Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi. Ia merupakan lulusan Universitas Brawijaya pada tahun 2013 dan Universitas Indonesia pada tahun 2018.

Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dan juga merupakan anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai seorang psikolog klinis selama 6 tahun, kamu dapat menjadwalkan sesi konseling dengan Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, melalui Halodoc terkait masalah hubungan keluarga, termasuk ciri-ciri suami yang sering berbohong.

Ia dapat memberikan konsultasi mengenai berbagai topik seperti masalah keluarga dan hubungan, gangguan kecemasan, pengasuhan anak, dan gangguan mood.

Chat Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. Munazilah S.Psi, M.Psi

Kamu juga bisa menghubungi Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog. Ia merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2015 dan Universitas Gadjah Mada pada 2019.

Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog berpraktik di Semarang, Jakarta Pusat dan Depok. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling bersama Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait permasalahan keluarga, termasuk suami yang berselingkuh.

Ia bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, gangguan kecemasan, pekerjaan dan karier, pengembangan diri dan gangguan mood.

Chat Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. Adisti Natalia M.Psi, Psikolog

Psikolog lain yang bisa kamu hubungi adalah Adisti Natalia M.Psi, Psikolog. Ia merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma pada 2015 dan 2020.

Ia saat ini berpraktik di Bekasi, Jawa Barat dan juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis selama 4 tahun, ibu bisa melakukan sesi konseling bersama Adisti Natalia M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait berbagai ciri-ciri suami yang berbohong..

Ia bisa memberikan konsultasi seputar pengembangan diri, stres, gangguan kecemasan, depresi, gangguan mood, serta keluarga dan hubungan.

Chat Adisti Natalia M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

5. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog

Kamu juga bisa menghubungi Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma pada 2020 dan 2014.

Ia kini berpraktik di Depok, Jawa Barat. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 4 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling bersama Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc tentang ciri-ciri suami yang berselingkuh.

Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog juga dapat memberikan konsultasi seputar masalah kesehatan mental lainnya, seperti keluarga dan hubungan, trauma, stres, gangguan kecemasan, pengasuhan dan anak, serta depresi. 

Chat Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa psikolog yang bisa kamu hubungi jika suami menunjukkan ciri-ciri selingkuh atau sering berbohong. Jangan ragu untuk menghubungi psikolog untuk segera mengatasi kondisi dan situasi tersebut.

Namun, jika psikolog sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tenang saja, privasi kamu pasti terjaga dengan aman di Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Marriage. Diakses pada 2024. Signs of a Cheating Husband.
Hily. Diakses pada 2024. Psychology Behind Cheating and Lying.
Verywell Mind. Diakses pada 2024. Warning Signs Your Spouse is Cheating.
Verywell Mind. Diakses pada 2024. How to Tell If Someone Is Lying.
Marriage. Diakses pada 2024. Signs He Is Lying In a Relationship.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan