Ini Ciri Alergi Kosmetik dan Rekomendasi Obat untuk Mengatasinya

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Mei 2024

“Alergi kosmetik dapat ditandai dengan munculnya rasa gatal, ruam, bengkak, hingga kemerahan pada kulit wajah akibat adanya kandungan alergen pada produk kosmetik. Namun, ada beberapa obat-obatan yang dapat membantu mengatasi kondisi ini.”

Ini Ciri Alergi Kosmetik dan Rekomendasi Obat untuk MengatasinyaIni Ciri Alergi Kosmetik dan Rekomendasi Obat untuk Mengatasinya

DAFTAR ISI:

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik
Rekomendasi Obat Alergi Kosmetik

Halodoc, Jakarta – Munculnya kemerahan dan gatal-gatal setelah penggunaan produk skincare bisa menjadi salah satu tanda-tanda bahwa kamu mengalami alergi kosmetik atau skincare. Biasanya, juga disertai dengan kulit kering hingga terkelupas. 

Kondisi ini bisa saja dialami setelah memakai berbagai produk kosmetik yang mengandung alergen, atau karena baru pertama kali memakai kosmetik. Termasuk makeup, serum, toner, sabun mandi, losion badan, hingga parfum. 

Lantas, apa saja ciri-ciri alergi kosmetik dan obat untuk mengatasinya? Temukan penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik

Studi dari Cureus (Journal of Medical Science) menyebutkan bahwa skincare pemutih kulit sangat rentan menyebabkan alergi. Salah satu kandungan yang dapat memicu alergi adalah hidroquinon. 

Sementara itu, pemicu alergi skincare lainnya dapat disebabkan oleh fragrance tertentu, paraben, hingga benzoil peroksida.

Perlu dipertegas, bahwa alergi skincare atau kosmetik bisa dialami siapa pun. Meski setiap orang belum tentu mengalami gejala alergi kosmetik yang sama, tetapi ini beberapa ciri-ciri yang umum terjadi, di antaranya:

1. Gatal-gatal

Ketika alergen masuk ke dalam tubuh, tubuh akan merespons dengan munculnya keluhan gatal-gatal di bagian kulit tertentu. 

Namun, bila gatal disertai dengan bintik berair, kamu bisa baca 5 Penyebab Gatal Berair pada Kulit dan Cara Mengatasinya

2. Ruam

Alergi skincare juga bisa menyebabkan ruam kulit. Ruam dapat ditandai dengan munculnya kemerahan, pembengkakan, hingga sensasi terbakar pada kulit wajah. 

3. Kulit terkelupas

Alergi kosmetik juga bisa memengaruhi tekstur dari kulit wajah hingga membuatnya terkelupas. Umumnya, wajah akan terasa sangat perih ketika kulit mulai terkelupas. 

4. Wajah bengkak

Gejala ini bermula dari kulit yang terasa gatal dan berubah menjadi kemerahan. Tak lama kemudian, wajah akan terasa bengkak hingga iritasi di beberapa bagian wajah, terutama sekitar mata, pipi, dan bibir. 

5. Anafilaksis

Pada kasus alergi kosmetik yang lebih parah, pengidapnya bisa saja mengalami anafilaksis. Kondisi ini bisa saja terjadi akibat alergi yang disepelakan atau diabaikan. 

Kamu bisa Kenali 8 Gejala Syok Anafilaktik yang Harus Diwaspadai dari artikel ini. 

Rekomendasi Obat Alergi Kosmetik

Untuk mengobati alergi kosmetik, ada beberapa pilihan obat yang efektif dan aman digunakan, di antaranya:

1. Nestacort 2.5% Cream 5 gr

Ketika mengalami alergi skincare, Nestacort 2.5% Cream 5 gr adalah pilihan obat alergi yang tepat digunakan. Obat ini dapat bekerja meredakan peradangan dan alergi pada kulit. 

Dokter kadang juga meresepkan obat topikal untuk mengobati penyakit dermatitis kontak, eksim, hingga penyakit kulit lainnya yang peka terhadap terapi kortikosteroid. 

Oleskan krim ini tipsi-tipis pada area kulit yang terinfeksi 2 kali sehari.

Kisaran harga: Rp11.200 per tube.

Dapatkan Nestacort 2.5% Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Lerzin 10 mg 10 Kapsul

Selain obat topikal, untuk mengatasi alergi kosmetik juga bisa dengan obat minum yang mengandung antihistamin cetirizine. Salah satunya, Lerzin 10 mg 10 Kapsul.

Lerzin 10 mg 10 kapsul adalah antihistamin yang secara kompetitif dan selektif menghambat reseptor H1 di saluran pencernaan, pembuluh darah, dan saluran pernapasan. 

Dosis yang dianjurkan untuk mengobati alergi adalah 10 mg sekali sehari. 

Rentang harga: Rp5.000 – Rp14.800 per strip.

Dapatkan Lerzin 10 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Dermacoid Scalp Lotion 20 ml

Obat alergi topikal lainnya adalah Dermacoid Scalp Lotion 20 ml. Dermacoid mengandung kortikosteroid hidrokortison. Senyawa ini memiliki efek antiinflamasi, antialergi, antipruritik, dan antieksema. 

Dermacoid Scalp Lotion 20 ml banyak digunakan untuk pengobatan topikal kelainan kulit akibat proses eksema, inflamasi, atau alergi. 

Penggunaanya sehari cukup 1-2 kali dan oleskan tipis-tipis pada bagian yang sakit. 

Kisaran harga: Rp161.700 per botol.

Dapatkan Dermacoid Scalp Lotion 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hydrocortison Cream 2.5% 5 g

Hydrocortison Cream 2.5% 5 g adalah obat adrenokortikal steroid yang dapat mengatasi alergi dan peradangan yang terjadi pada jaringan kulit. 

Hidrokortison secara luas juga telah digunakan dokter untuk mengobati dermatitis alergi, dermatitis kontak, dermatitis atopik, hingga neurodermatitis. 

Obat alergi skincare ini dapat digunakan dengan cara dioleskan pada kulit yang sakit 1-2 kali per hari. 

Kisaran harga: Rp11.000 per tube.

Dapatkan Hydrocortison Cream 2.5% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Cetirizine Sirup 60 ml

Selain lerzin, pilihan antihistamin lainnya untuk mengatasi alergi skincare adalah Cetirizine Sirup 60 ml. Cetirizine bekerja secara kompetitif dan selektif dalam menghambat reseptor H1 untuk meredakan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan kemerahan. 

Kondisi yang juga biasanya diobati dengan cetirizine adalah rhinitis menahun, pruritus, urtikaria, konjungtivitis, dan rinitis alergi seasonal. 

Obat alergi kosmetik ini aman digunakan mulai usia 2 tahun dengan dosis di bawah ini:

  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 10 mg sekali sehari.
  • Anak 6-12 tahun: 5 mg dua kali sehari. 
  • Anak 2-6 tahun: 2,5 mg dua kali sehari. 

Kisaran harga: Rp35.200 per botol.

Dapatkan Cetirizine Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Dermacoid Cream 10 gr

Ketika mengalami gangguan kulit tertentu seperti inflamasi, alergi, eksim, hingga dermatitis, dokter biasanya meresepkan kandungan hidrokortison yang merupakan golongan obat kortikosteroid. 

Salah satunya bisa kamu temukan dalam produk Dermacoid Cream 10 gr.

Cara pakainya, oleskan krim hidrokortison ini ke bagian yang sakit sebanyak 2-4 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp96.300 per tube.

Dapatkan Dermacoid Cream 10 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi obat untuk mengatasi alergi kosmetik. Kamu bisa temukan berbagai produk kesehatan lainnya secara online di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli dan pengiriman cepat sampai, hanya dalam 1 jam!

Bila setelah pengobatan tidak ada perbaikan sama sekali, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit di Halodoc yang selalu tersedia 24 jam!

Referensi:
FDA. Diakses pada 2024. Allergens in Cosmetics.
MedicineNet. Diakses pada 2024. Cosmetic Allergies (Makeup Allergy).
Verywell Health. Diakses pada 2024. Are You Allergic to Your Skincare Products?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan