Ini Cara Praktis Membuat Sambal Terasi Menggugah Selera

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2023

“Bumbu-bumbu yang digunakan dalam sambal terasi bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya, ada teri atau terong sehingga menjadikan sambal terasi sebagai hidangan yang personal dan disukai banyak orang.”

Ini Cara Praktis Membuat Sambal Terasi Menggugah SeleraIni Cara Praktis Membuat Sambal Terasi Menggugah Selera

Halodoc, Jakarta – Sambal terasi sudah menjadi bagian dari budaya kuliner di berbagai daerah di Indonesia. Orang Indonesia tumbuh dengan mengenal sambal terasi sebagai hidangan pelengkap yang tak terpisahkan, sehingga kebiasaan ini turun-temurun dan menjadi favorit dalam berbagai kesempatan makan.

Terasi atau udang kering dalam sambal terasi memberikan aroma khas yang menyengat dan menggugah selera. Inilah yang membuat sambal terasi sering kali menjadi pendamping makanan favorit seperti nasi, mie goreng, atau ayam goreng. 

Nah, Bagaimana cara membuat menu sambal ini dari bahan sederhana?

Resep Sambal Terasi 

Sambal terasi dapat diolah dengan berbagai tambahan bahan seperti tomat, terong, atau teri, sehingga memberikan variasi rasa yang menarik.

Selain itu, bumbu-bumbunya dapat sesuai dengan selera masing-masing, menjadikan sambal ini sebagai hidangan yang personal dan disukai banyak orang. Simak panduan membuatnya!

Bahan-bahan:

  • 10 buah cabai rawit merah (sesuai selera kepedasan).
  • 5 buah cabai merah besar.
  • 3 siung bawang putih.
  • 2 sendok makan terasi bakar.
  • 1 sendok teh gula merah, hancurkan.
  • 1 sendok makan air jeruk limau atau air jeruk nipis
  • Garam secukupnya.

Cara membuat:

1. Cuci bersih cabai rawit merah, cabai merah besar, dan bawang putih. Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan saat memotong cabai untuk menghindari iritasi pada tangan.

2. Iris cabai rawit merah, cabai merah besar, dan bawang putih secara kasar baru kemudian haluskan.

3. Panaskan wajan tanpa minyak, lalu masukkan terasi bakar. Tumis terasi dengan api kecil hingga harum dan matang. Kemudian, angkat dan sisihkan.

4. Dalam wajan yang sama, tumis irisan cabai rawit merah, cabai merah besar, dan bawang putih hingga layu dan harum. Pastikan tumis dengan api kecil agar tidak terlalu kering dan tidak gosong.

5. Setelah tumisan cabai dan bawang putih sudah matang, angkat dan biarkan dingin sejenak.

6. Selanjutnya, haluskan terasi bersama dengan tumisan cabai dan bawang putih. Gunakan blender atau cobek dan ulekan hingga halus sesuai dengan tekstur sambal.

7. Tambahkan gula merah, garam, dan air jeruk limau atau air jeruk nipis ke dalam sambal terasi yang sudah halus. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur merata.

8. Cek rasanya apakah sudah sesuai atau belum. Tambahkan garam atau air jeruk, jika perlu.

Selain resep di atas, yuk cek rekomendasi resep menggugah selera lainnya di sini:

Selain Sambal Terasi, Ini Alternatif Bahan Pedas Lainnya

Mungkin sebagian orang tidak suka dengan aroma menyengat dari sambal terasi. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan berikut:

1. Cabai segar

Gunakan cabai segar seperti cabai rawit merah atau cabai merah besar sebagai bahan pengganti sambal. Kamu dapat mengiris atau mencincang cabai segar dan menambahkannya langsung ke dalam masakan untuk memberikan sensasi pedas yang segar dan alami.

2. Cabai bubuk

Cabai bubuk merupakan serbuk halus yang terbuat dari cabai kering. Tambahkan cabai bubuk ke dalam masakan sesuai dengan tingkat kepedasan yang kamu inginkan. 

3. Merica

Meskipun tidak sepedas cabai, merica tetap dapat memberikan rasa pedas pada masakan. Gunakan merica bubuk atau merica hitam untuk menambahkan sentuhan pedas yang lebih ringan namun tetap nikmat.

4. Cabai kering

Cabai kering, seperti cabai rawit kering atau cabai kering lainnya, juga dapat menjadi bahan pengganti sambal. Rendam cabai kering dalam air panas sebelum digunakan dalam masakan untuk mengembalikan tekstur dan kelembapannya.

Itulah resep sambal terasi dan rekomendasi bahan lain yang dapat memberikan cita rasa pedas pada makanan. Konsumsi makanan satu ini secukupnya, ya!

Jika masalah kesehatan terjadi pada kamu atau keluarga, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter tepercaya di Halodoc. Klik gambar berikut untuk chat dengan dokter sekarang:

Referensi:
Endeus.tv. Diakses pada 2023. Resep Sambal Terasi.
Cookpad. Diakses pada 2023. Resep Sambal Terasi.
Fimela. Diakses pada 2023. Resep Sambal Terasi Tomat Segar yang Menggugah Selera.
Happy Spicy Hour.com. Diakses pada 2023. The 12 Best Substitutes for Spicy Sauce.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan