Ini Cara Perawatan Wajah Yang Tepat Atasi Masalah Pori-Pori

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Maret 2022

“Masalah pori-pori wajah yang paling dikeluhkan orang adalah tampilannya yang terlihat besar. Untungnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengecilkan tampilannya sekaligus membuat kulit wajah jadi lebih sehat.”

Ini Cara Perawatan Wajah Yang Tepat Atasi Masalah Pori-PoriIni Cara Perawatan Wajah Yang Tepat Atasi Masalah Pori-Pori

Halodoc, Jakarta – Seperti pada bagian kulit lainnya, pori-pori pada wajah memiliki fungsi yang sama untuk tempat keluarnya keringat dan menjaga suhu tubuhmu tetap stabil. Namun terkadang, kamu mungkin menginginkan untuk mengatasi masalah pori-pori ini. Seperti mengecilkan ukurannya supaya ia tidak terlalu terlihat.  

Untungnya ada banyak cara perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah pori-pori yang kamu alami. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan kulit yang terlihat lebih cantik dan cerah.

Cara Mengatasi Masalah Pori-Pori

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah pori-pori yang bisa kamu lakukan dan pastinya aman: 

  1. Gunakan Hanya Produk Non-Komedogenik

Kata “non-comedogenic” pada produk perawatan kulit ini berarti ia tidak akan menyumbat pori-pori. Pasalnya, saat pori-pori tersumbat, mereka akan mengembang, yang dapat membuat pori-pori jadi makin terlihat. Untuk menghindari pori-pori tersumbat, cari salah satu istilah berikut pada semua produk yang akan kamu gunakan ke wajah: 

  • Non-komedogenik.
  • Bebas minyak.
  • Tidak akan menyumbat pori-pori.

Jika kamu tidak melihat salah satu dari istilah ini, jangan gunakan produk itu.

  1. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Pori-pori yang tersumbat atau kulit yang berminyak bisa membuat pori-pori terlihat lebih besar. Cuci muka dua kali sehari dapat membuka pori-pori, mencegah pori-pori tersumbat, dan mengurangi sifat berminyak. Saat membersihkan wajah, kamu perlu perlu untuk: 

  • Menggunakan air hangat sebab air yang terlalu panas dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar.
  • Mencuci wajah dengan lembut, sebab menggosok dapat mengiritasi kulit dan kemudian menyebabkan peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori pun jadi cenderung lebih terlihat.
  • Menggunakan produk non-komedogenik. supaya ia tidak mengiritasi kulit dan berhenti menyumbat pori-pori.
  1. Menggunakan Retinol

Jika kamu memiliki kulit berminyak, jerawat ringan, atau kulit tampak kurang kencang dari sebelumnya, pori-pori bisa terlihat lebih besar. Menggunakan produk perawatan kulit dengan retinol atau retinil palmitat dapat membantu memperbaiki masalah pori-pori ini. Untuk hasil terbaik, aplikasikan produk sebelum tidur.

Beberapa orang mengeluhkan bahwa jenis produk perawatan kulit ini bisa mengiritasi kulit mereka. Oleh karena itu, kamu bisa mencegahnya dengan mencuci muka dan menunggu selama 30 menit untuk mengaplikasikan produk. Namun jika kamu sedang hamil atau menyusui, sebaiknya tidak menggunakan produk yang mengandung retinol atau retinil palmitat.

  1. Mengobati Jerawat

Jerawat menyumbat pori-pori dan ia dapat membuat pori-pori semakin terlihat. Oleh karena itu, gunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Studi menunjukkan asam salisilat dapat membuka pori-pori. Beberapa pembersih yang mengandung asam salisilat cukup lembut untuk digunakan setiap hari.

Jika asam salisilat mengering atau mengiritasi kulit, cobalah pembersih bergantian. Gunakan pembersih ringan non-komedogenik saat bangun tidur dan pembersih asam salisilat sebelum tidur. 

  1. Lindungi Wajahmu dengan Tabir Surya Setiap Hari

Semakin banyak sinar matahari merusak kulit, maka semakin berkurang kekencangannya. Ketika kulit mulai kehilangan kekencangannya, pori-pori terlihat lebih terlihat. Oleh karena itu, gunakanlah tabir surya tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi membantu mencegah kulit rusak akibat sinar matahari.

Untuk melindungi kulit, oleskan tabir surya setiap hari, bahkan saat hujan atau mendung di luar. Setiap kali sinar matahari mengenai kulit, mereka dapat merusak kulit. Kerusakan ini menumpuk seiring waktu.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah pori-pori yang bisa kamu lakukan. Tak perlu khawatir, kini kamu juga bisa cek kebutuhan kesehatan kulit kamu di Halodoc. Kamu bisa mendapatkan produk seperti tabir surya atau pembersih wajah yang tepat tanpa perlu lagi keluar rumah. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. What Can Treat Large Facial Pores?
Healthline. Diakses pada 2022. How to Close Pores: 12 Methods That Work. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Large Pores. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan