Ini Cara Menghilangkan Panu di Wajah yang Membandel

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Agustus 2024

“Meskipun terkadang panu sulit dihilangkan atau membandel, tapi ada cara menghilangkan panu di wajah yang mesti dicoba. Mulai dari sabun antijamur, obat resep, obat minum, hingga obat topikal seperti Kalpanax, Nizoral, Altadis, Salicyl, dan Ketoconazole yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini Cara Menghilangkan Panu di Wajah yang MembandelIni Cara Menghilangkan Panu di Wajah yang Membandel

DAFTAR ISI:

  1. Cara Menghilangkan Panu di Wajah
  2. Rekomendasi Obat Panu di Wajah Paling Ampuh
    1. Kalpanax Krim 10 g
    2. Nizoral Cream 5 g
    3. Altadis 2% Cream 10 g
    4. Salicyl Fresh 60 g
    5. Ketoconazole 2% Cream 15 g
  3. Hubungi Dokter Ini Jika Butuh Saran Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Halodoc, Jakarta – Panu atau dalam dunia medis disebut juga tinea versikolor adalah infeksi jamur pada kulit yang umum terjadi. Panu biasanya muncul pada batang tubuh, seperti punggung dan bahu, tapi infeksi jamur tersebut juga bisa muncul pada wajah. 

Meskipun tidak berbahaya dan tidak menular, panu di wajah tentu bisa membuat siapa saja yang mengalaminya tidak percaya diri. 

Namun, setidaknya ada beberapa cara menghilangkan panu di wajah yang bisa kamu coba. Mau tahu apa saja rekomendasinya? Simak ulasan ini!

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Pengobatan untuk panu di wajah pada dasarnya sama dengan area tubuh lainnya, yaitu meliputi penggunaan obat antijamur topikal yang dijual bebas, krim antijamur yang diresepkan, obat oral, serta sabun. Berikut cara menghilangkan panu di wajah:

1. Obat antijamur topikal

Obat antijamur topikal yang dijual bebas biasanya efektif bila digunakan pada awal kemunculan panu. Pilihan obat antijamur topikal yang bisa menjadi cara menghilangkan panu di wajah, antara lain krim atau gel terbinafine, krim atau losion clotrimazole, dan krim miconazole.

Ketika menggunakan krim atau losion antijamur, bersihkan wajah dan keringkan terlebih dahulu. Kemudian oleskan lapisan tipis obat sekali atau dua kali sehari selama setidaknya dua minggu.

Kamu bisa temukan obat-obat pilihannya di sini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Panu Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotek”.

2. Sabun antijamur

Selain obat topikal, sabun antijamur zinc pyrithione juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah yang bersifat ringan. 

3. Obat antijamur topikal resep

Bila obat-obatan yang dijual bebas tidak mempan menghilangkan panu di wajah, kamu mungkin memerlukan obat antijamur topikal dari resep dokter yang lebih kuat, seperti krim ketoconazole atau ciclopirox. 

4. Obat antijamur oral

Obat antijamur oral bisa menjadi cara menghilangkan panu di wajah yang membandel atau lebih sulit diobati. Fluconazole adalah antijamur oral yang efektif melawan panu.

Mau tahu pilihan obat anti jamur oral apa saja yang aman dikonsumsi? Ini rekomendasinya: “5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi infeksi Jamur”.

Rekomendasi Obat Panu di Wajah Paling Ampuh

Jika masih bingung mana produk yang paling ampuh untuk mengatasi panu di wajah, berikut beberapa rekomendasi obat panu yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Kalpanax Krim 10 g

Kalpanax Krim adalah obat anti jamur yang mengandung miconazole. Miconazole adalah antijamur golongan imidazol yang dapat mengobati penyakit kulit akibat infeksi jamur. Contohnya seperti kutu air, panu, kadas, hingga kurap hingga ke akar-akarnya. 

Obat ini bekerja dengan sangat cepat dan tidak akan membuat kulit mudah terkelupas setelah pemakaian. 

Oleskan krim ini ke bagian yang terinfeksi jamur sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Jika perlu, saat terasa gatal, kamu juga bisa mengulangi pemakaiannya. Gunakan obat panu ini hingga 2 minggu pemakaian. 

Kisaran harga: Rp27.800 per tube.

Dapatkan Kalpanax Krim 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Nizoral Cream 5 g

Obat panu yang juga direkomendasikan adalah Nizoral Cream 5 g. Kandungan dari obat ini adalah Ketoconazole 2% yang dapat dioleskan pada daerah yang terinfeksi sekali sehari. 

Nizoral cream juga efektif untuk mengobati masalah infeksi jamur lainnya, seperti kurap, infeksi dermatofita pada kulit atau kuku tangan, tinea versikolor atau panu, dan athlete’s foot

Di samping menggunakan obat-obatan anti jamur, ada beberapa cara alami yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi infeksi jamur. Cari tahu di artikel ini: “5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Penyakit Kulit Jamur”.

Kisaran harga: Rp58.500 per tube.

Dapatkan Nizoral Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Altadis 2% Cream 10 g

Pilihan obat panu di wajah lainnya yaitu Altadis 2% cream yang mengandung Miconazole. Obat ini tersedia dalam bentuk sediaan krim yang dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi 2 kali sehari hingga 2-6 minggu. 

Permasalahan akibat infeksi jamur lainnya, seperti penyakit kaki atlet, kutu air, kurap, dan kandidiasis juga terbilang efektif diobati dengan kandungan miconazole ini.

Jika kamu khawatir adanya efek samping yang timbul seperti iritasi kulit dan rasa terbakar pada kulit, segera konsultasikan pada dokter spesialis kulit di Halodoc.

Rentang harga: Rp24.600 – Rp28.500 per tube.

Dapatkan Altadis 2% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Salicyl Fresh 60 g

Panu dapat ditandai dengan munculnya rasa gatal di bagian tubuh yang terinfeksi. Salicyl Fresh adalah pilihan obat panu yang tepat untuk mengatasi rasa gatal yang sedang kamu alami akibat infeksi jamur. 

Komposisi dari bedak ini adalah asam salisilat, Sulphur praep, menthol, dan Balsam peru. Bedak ini juga dapat membuat kulit terasa lebih halus dengan cara mengikis sel kulit yang telah mati. 

Kisaran harga: Rp17.300 per botol.

Dapatkan Salicyl Fresh 60 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Ketoconazole 2% Cream 15 g

Ketoconazole adalah obat krim generik yang bisa kamu berikan pada Si Kecil untuk mengatasi panu akibat infeksi jamur. Kandungan ini bekerja dengan menghambat aktivitas CYP450 jamur, sehingga menghambat pembentukan membran sel jamur. 

Kamu juga dapat menggunakan obat ini untuk mengatasi masalah infeksi dermatofita pada kulit, infeksi mikosis sistemik, dan kandidiasis mukokutan kronis. 

Dewasa dapat menggunakan obat panu ini dengan cara dioleskan 1-2 kali per hari pada area yang terinfeksi. Cukup oleskan tipis-tipis dan jangan gunakan pada area mata. 

Nah, agar kamu tidak gampang terinfeksi jamur kembali, cobalah untuk menerapkan beberapa tips ini: “Catat, Ini Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Panu pada Kulit”.

Kisaran harga: Rp10.500 per tube.

Dapatkan Ketoconazole 2% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah cara menghilangkan panu di wajah yang efektif. Namun, bila perawatan berhasil, warna kulit kamu mungkin tetap tidak merata selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan. Infeksi juga bisa muncul kembali saat cuaca panas dan lembap. 

Dalam kasus panu yang sering muncul, kamu mungkin perlu minum obat sekali atau dua kali sebulan untuk mencegah infeksi berulang.

Nah, kamu bisa dapatkan obat-obatan di atas dan pilihan obat serta vitamin lainnya yang kamu butuhkan untuk mengatasi panu melalui Toko Kesehatan Halodoc.

Tidak perlu repot-repot, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, pesan sekarang!

Hubungi Dokter Ini Jika Butuh Saran Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Jika kamu memiliki panu di wajah dan tak kunjung hilang meski sudah diobati, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc.

Mereka bisa memberikan saran perawatan yang tepat serta meresepkan obat jika dibutuhkan.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien di Halodoc.

Berikut daftar dokternya:

1. dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E

Dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2007 dan 2015..

Saat ini, dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E sedang menjalani praktik di Manado, Sulawesi Utara. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 16 tahun, dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara menghilangkan panu wajah.

Bukan cuma itu, ia juga dapat memberikan konsultasi seputar kulit sensitif, ruam kulit dan gigitan serangga, estetika, kulit anak dan bayi, serta masalah jerawat. 

Chat dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E dari Rp 60.000,- di Halodoc.

2. dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dokter Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2012 dan Universitas Udayana pada 2020. 

Ia kini berpraktik di Surabaya, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 11 tahun, dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan panu di wajah.

Ia juga bisa memberikan solusi terkait penyakit kelamin, kulit anak dan bayi, jerawat, ruam kulit dan gigitan serangga, serta estetika. 

Chat dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E mulai dari Rp 60.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit yang bisa kamu hubungi untuk bertanya seputar perawatan untuk menghilangkan panu di wajah. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.
Verywell Health. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor Treatment Options.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan