Ini Cara Membuat dan Resep Tongseng Kambing yang Empuk dan Lezat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Juni 2024

“Cara praktis memasak tongseng kambing dimulai dari memilih daging segar kemudian memasaknya di api sedang. Pastikan menggunakan bumbu lengkap yang digiling kemudian dimasukkan ketika kambing direbus.”

Ini Cara Membuat dan Resep Tongseng Kambing yang Empuk dan LezatIni Cara Membuat dan Resep Tongseng Kambing yang Empuk dan Lezat

DAFTAR ISI:

  1. Cara Membuat Tongseng Kambing
  2. Resep Alternatif Tongseng Kambing buat Pengidap Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta – Untuk membuang tongseng kambing yang empuk dan lezat, perhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah proses perendaman daging kambing dalam bumbu. Perendaman akan membantu meresapkan cita rasa bumbu ke dalam daging, sehingga hasilnya lebih lezat dan empuk.

Penggunaan santan juga akan memberikan tekstur yang lembut dan rasa yang kaya. Soalnya santan akan mengikat rasa rempah-rempah dengan sempurna pada daging, sehingga hasilnya lebih menggugah selera. 

Lantas, bagaimana cara membuat tongseng kambing yang praktis? 

Cara Membuat Tongseng Kambing

Selain yang sudah disebutkan di atas, teknik memasak juga memberikan peranan penting. Masak daging dengan dengan api sedang hingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap.

Gunakan panci atau alat masak yang cocok untuk memasak tongseng dengan baik. Nah, berikut adalah bahan dan panduan membuatnya:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging kambing, potong-potong.
  • 200 ml santan kental.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 batang serai, memarkan.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin.
  • 1 sdm gula merah.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1/2 sdt teh merica bubuk.
  • 5 gelas air.
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 4 butir kemiri, sangrai.
  • 2 cm jahe.

Cara membuat:

1. Pertama, haluskan bumbu halus menggunakan blender atau ulekan hingga menjadi pasta halus.

2. Panaskan minyak goreng dalam panci, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum dan matang.

3. Masukkan potongan daging kambing ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga daging berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu.

4. Tambahkan air dan masak daging dengan api sedang hingga empuk. Jika perlu, tambahkan air secukupnya jika cairan mulai berkurang.

5. Setelah daging empuk, tuangkan santan kental ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga bumbu meresap ke dalam daging.

6. Masukkan daun jeruk, kecap manis, kecap asin, gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.

7. Masak tongseng kambing dengan api kecil hingga santan mengental dan bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

8. Kemudian, koreksi rasa sesuai selera. Tambahkan garam atau gula, jika perlu.

9. Angkat tongseng kambing dari api. Selanjutnya, sajikan dalam mangkuk, dan siap disantap selagi hangat bersama nasi putih atau lontong.

Mau tahu rekomendasi menu yang sehat dan lezat lainnya? Simak artikel di bawah ini: 

Resep Alternatif Tongseng Kambing buat Pengidap Kolesterol Tinggi

Walaupun tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam porsi banyak dan sering-sering, pengidap kolesterol tinggi bisa makan tongseng kambing.

Asalkan proses memasaknya lebih sehat. Yuk, simak tipsnya di sini:

1. Pilih daging kambing tanpa lemak

Pengidap kolesterol tinggi sebaiknya memilih daging kambing tanpa lemak atau dengan kadar lemak yang rendah. Daging kambing tanpa lemak mengandung lebih sedikit kolesterol jenuh.

Sehingga, ini akan membantu menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, batasi juga jumlah daging yang akan dimasak.

2. Gunakan santan rendah lemak

Saat membuat tongseng kambing, pilih santan rendah lemak atau santan instan rendah lemak sebagai bahan pengental. Santan rendah lemak mengandung lebih sedikit lemak jenuh daripada santan kental biasa. Dengan begitu, dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Batasi penggunaan garam

Kebanyakan kecap asin dan kecap manis sudah mengandung garam. Untuk itu, tambahan garam bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Mengurangi konsumsi natrium membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

4. Perbanyak sayuran

Tambahkan lebih banyak sayuran dalam resep tongseng kambing, seperti wortel, kentang, buncis, atau labu siam. Sayuran mengandung serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Itulah cara membuat tongseng kambing empuk, dan tips pengolahan yang lebih sehatnya. Jika masalah kesehatan terjadi pada kamu atau keluarga, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter tepercaya di Halodoc. Klik gambar berikut untuk chat dengan dokter sekarang:

chat dengan dokter
Referensi:
Brilio Food. Diakses pada 2023. 11 Resep tongseng kambing tanpa santan, enak dan mudah dibuat.
Masak Apa Hari Ini. Diakses pada 2023. Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan, Menu Simple Wajib Coba.
Kompas.com. Diakses pada 2023. Cara Membuat Tongseng Kambing dan Pilih Daging yang Empuk.
American Heart Association. Diakses pada 2023. How to cook for people with high cholesterol.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan