Ini Berbagai Jenis Obat Penenang dan Kegunaannya

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Agustus 2024

“Depresi yang dibiarkan begitu saja tak hanya memengaruhi mental, tapi juga bisa menimbulkan masalah pada kesehatan fisik. Sebagai langkah awal untuk mengatasinya, jangan ragu untuk bertanya pada psikolog atau psikiater. Dalam beberapa kasus, psikiater bisa saja meresepkan obat penenang untuk mengatasi gejala depresi yang bisa kamu dapat di Halodoc."

Ini Berbagai Jenis Obat Penenang dan KegunaannyaIni Berbagai Jenis Obat Penenang dan Kegunaannya

DAFTAR ISI:

Jenis-Jenis Obat Penenang

Rekomendasi Obat Penenang yang Biasa Diresepkan Dokter

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Konsumsi Obat Penenang

Hubungi Psikiater Ini Jika Butuh Info Seputar Obat Penenang


Halodoc, Jakarta – Obat penenang atau juga dikenal sebagai ansiolitik, adalah jenis obat yang diresepkan untuk mengurangi kecemasan dan membantu seseorang merasa lebih tenang.

Penggunaan obat penenang dapat membantu seseorang untuk mengatasi gejala stres yang berlebihan atau bahkan depresi. Tujuannya untuk kembali meningkatkan kualitas hidup. 

Depresi bukanlah sebuah masalah metal yang mudah diatasi seorang diri. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya pada psikiater atau psikolog di Halodoc. Mereka siap membantumu untuk melakukan perawatan dan pengobatan. Tenang saja, privasimu akan aman serta terjaga.

Hal yang perlu dicatat, penggunaan obat penenang juga perlu dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk dan resep dokter. 

Mau tahu apa saja jenis-jenis dan rekomendasi obat penenang yang biasa diresepkan dokter? Simak ulasan ini!

Jenis-Jenis Obat Penenang

Berikut berbagai jenis obat penenang dan kegunaannya yang perlu kamu tahu:

1. Benzodiazepin

Benzodiazepin adalah jenis obat penenang yang paling umum dokter resepkan. Cara kerjanya dengan meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA di otak, yang menghasilkan efek menenangkan. 

Contoh benzodiazepin termasuk diazepam, alprazolam, dan lorazepam. Obat-obatan ini biasanya digunakan untuk mengatasi kecemasan, insomnia, dan ketegangan otot.

Mau tahu kapan seseorang yang mengalami depresi perlu mengonsumsi obat-obatan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Kapan Seseorang Perlu Konsumsi Antidepresan?“.

2. Antidepresan

Obat penenang lain yang kerap dokter resepkan adalah antidepresan.

Nah, obat ini dirancang untuk mengobati depresi, beberapa jenis antidepresan, seperti selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) dan serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors (SNRIs), juga efektif dalam mengurangi kecemasan. 

Contoh antidepresan yang umum digunakan termasuk sertralin, fluoksetin, dan venlafaksin.

3. Beta-blocker

Beta-blocker seperti propranolol sering digunakan untuk mengurangi gejala fisik dari kecemasan, seperti denyut jantung yang cepat dan gemetar. 

Obat ini bekerja dengan menghalangi efek hormon stres seperti adrenalin, sehingga membantu meredakan gejala fisik kecemasan.

4. Buspiron

Buspiron adalah jenis obat penenang yang bekerja dengan meningkatkan aktivitas serotonin di otak.

Obat ini digunakan untuk mengobati kecemasan jangka panjang dan tidak menyebabkan ketergantungan seperti benzodiazepin.

Rekomendasi Obat Penenang yang Biasa Diresepkan Dokter

Selain obat-obatan di atas, Ini pilihan obat penenang yang biasa diresepkan dokter: 

1. Xiety 10 mg 10 Tablet

Xiety adalah obat yang mengandung Buspirone HCl. Senyawa ini merupakan obat ansioselektif yang digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan umum dan non spesifik dengan atau tanpa depresi. 

Penggunaan obat ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan anjuran dosis dari dokter pilihan kamu di Halodoc. Pastikan juga kamu memberitahu dokter bila sedang mengonsumsi obat-obat tertentu untuk menghindari interaksi obat. 

Dapatkan Xiety 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Brintellix 10 mg Tablet

Selain Xiety, dokter juga kadang meresepkan Brintellix 10 mg Tablet untuk mengatasi perasaan cemas, kesedihan, gangguan tidur, nafsu makan yang berkurang, sulit berkonsentrasi, hingga munculnya perasaan tidak berharga terhadap diri sendiri. 

Brintellix adalah obat yang mengandung antidepresan yakni Vortioxetine yang dapat diberikan bersama atau tanpa makanan. 

Jika kamu sedang mendapatkan obat penenang lainnya, penting untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. 

Dapatkan Brintellix 10 mg Tablet di Toko kesehatan Halodoc.

3. Kalxetin 10 mg 10 Kapsul

Obat penenang selanjutnya adalah Kalxetin 10 mg 10 Kapsul. Kandungannya adalah Fluoksetin HCl 10 mg yang merupakan golongan obat antidepresan. 

Senyawa obat ini bekerja dengan menghambat re-uptake serotonin pada celah sinap sistem saraf pusat, sehingga dapat mengobati masalah seperti depresi, Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), hingga Bulimia nervosa. 

Dosis pemberian setiap kondisi bisa saja berbeda. Maka dari itu, kamu harus melakukan konsultasi dengan dokter dan gunakanlah sesuai resep serta anjuran dari dokter. 

Dapatkan Kalxetin 10 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Depram 10 mg Tablet

Pilihan obat antidepresan lainnya yakni Depram 10 mg Tablet. Kandungan dari obat penenang ini adalah Escitalopram oxalate 10 mg. Obat ini merupakan golongan SSRI yang bekerja pada sistem serotonin di otak dengan cara meningkatkan kadar serotonin. 

Depram biasanya diresepkan untuk mengobati gejala depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan panik. 

Nah, dalam penggunaannya, penting untuk lakukan konsultasi dengan dokter. Sebab, obat ini bekerja pada sistem saraf yang memerlukan perhatian khusus dan dosis yang sesuai dari dokter. 

Dapatkan Depram 10 mg Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Kalxetin 20 mg 10 Kapsul

Terakhir, obat penenang yang dapat dikonsumsi dengan resep dan anjuran dari dokter adalah Kalxetin 20 mg 10 Kapsul. Kalxetin mengandung zat aktif Fluoksetin HCl 20 mg.

Gunanya adalah untuk mengobati depresi, OCD, Bulimia nervosa, hingga gangguan disforik pramenstruasi. Mekanisme kerjanya yaitu menghambat reuptake serotonin pada celah sinap pada sistem saraf pusat. 

Kamu dapat mengonsumsinya di pagi atau malam hari. Sementara itu, untuk dosisnya sendiri harus sesuai anjuran dokter. Kamu juga tidak bisa mendapatkan obat-obatan ini tanpa resep dokter. Maka dari itu, lakukan dulu konsultasi dengan dokter di Halodoc untuk dapatkan pengobatan yang tepat. 

Dapatkan Kalxetin 20 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu bisa dapatkan obat-obatan di atas dengan resep dokter melalui Toko Kesehatan Halodoc. Meski dibeli secara online, pengirimanya dengan kemasan yang aman kok dan 1 jam sampai!

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Konsumsi Obat Penenang

Obat penenang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Kamu juga hanya bisa mendapatkannya melalui resep dokter karena obat-obatan ini tidak dijual secara bebas. 

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat diresepkan obat penenang oleh dokter. 

1. Jangan konsumsi berlebihan

Obat penenang dapat menyebabkan ketergantungan jika digunakan secara berlebihan atau tidak sesuai petunjuk dokter.

Selalu ikuti dosis yang diresepkan oleh dokter dan hindari penggunaan obat lebih dari yang diperlukan.

2. Waspada efek samping

Obat penenang dapat menyebabkan efek samping seperti kantuk, kebingungan, dan penurunan konsentrasi. Jika kamu mengalami efek samping yang mengganggu, segera hubungi dokter.

3. Tidak cocok untuk semua orang

Tidak semua orang cocok dengan penggunaan obat penenang. Beberapa orang mungkin memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain yang dapat berinteraksi dengan obat penenang. 

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah obat penenang cocok untuk kondisi yang kamu alami. 

Selain itu, obat penenang tidak selalu dalam bentuk pil. Ada pula, Suntikan Obat Penenang untuk Pasien ODGJ.

4. Tidak digunakan untuk jangka panjang

Obat penenang umumnya tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang karena risiko ketergantungan dan efek samping yang mungkin timbul. 

Penggunaan obat penenang harus diawasi oleh dokter dan biasanya digunakan sebagai bagian dari rencana pengobatan yang komprehensif.

Dengan memerhatikan hal-hal di atas, penggunaan obat penenang dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengelola kecemasan dan stres dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, penting untuk selalu menggunakannya dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk dokter.

Hubungi Psikiater Ini Jika Butuh Info Seputar Obat Penenang

Jika kamu atau keluarga butuh informasi seputar obat resep kejiwaan, hubungi psikiater di Halodoc saja.

Nah, berikut beberapa psikiater berpengalaman yang bisa kamu hubungi.  

Para ahli ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

Nah, itulah berbagai informasi seputar obat penenang hingga pilihan psikiater terbaik yang bisa kamu tuju saat mengalami masalah ini. Ayo, segera konsultasikan masalahmu dengan pilihan dokter tepercaya di Halodoc. Tenang saja, privasi aman dan terjaga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Types of Anxiety Medications.
National Institute of Mental Health. Diakses pada 2024. Mental Health Medications.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan