Ini Berbagai Jenis Buah Berry dan Manfaatnya untuk Kesehatan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 November 2023

“Selain stroberi dan blueberry, masih ada banyak jenis buah berry lainnya yang juga enak dan kaya nutrisi. Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, buah asam manis ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.”

Ini Berbagai Jenis Buah Berry dan Manfaatnya untuk KesehatanIni Berbagai Jenis Buah Berry dan Manfaatnya untuk Kesehatan

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang sehat dan punya rasa manis asam yang menyegarkan. Ada lebih dari 400 jenis buah ini, mulai dari yang berwarna merah, ungu, biru, dan lain-lain. 

Sebagian jenis yang mungkin kamu kenal, seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan lain-lain. Namun, ada juga varietas yang lebih eksotis tapi juga enak dan kaya nutrisi, seperti wolfberry dan crowberry.

Yuk, simak jenis-jenis buah berry dan manfaatnya untuk kesehatan di sini!

Berbagai Jenis Buah Berry dan Manfaatnya

Berikut berbagai jenis buah berry yang tidak hanya cantik dan enak, tapi juga punya segudang nutrisi dan manfaat untuk kesehatan:

1. Blueberry

blueberry

Tidak hanya memiliki warna biru yang cantik, jenis buah ini kaya akan nutrisi, antioksidan dan vitamin.

Blueberry kaya akan antioksidan kuat bernama anthocyanin. Buah kecil ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan merupakan sumber vitamin C dan K, serta mangan yang baik.

Manfaat mengonsumsi blueberry, antara lain membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, mengurangi tekanan darah, serta meningkatkan daya ingat.

2. Blackberry

blackberry adalah salah satu Jenis buah berry

Di balik warna hitamnya yang mungkin menakutkan, blackberry kaya akan antioksidan antosianin dan sumber vitamin C, serat dan mangan yang baik.

Buah yang rasanya asam dan manis ini juga mengandung zat polifenol yang mampu mengatasi peradangan penyakit jantung dan kanker.

Blackberry juga bisa membantu usus kecil dalam memecah gula dengan lebih baik, sehingga bisa menurunkan risiko diabetes.

3. Stroberi

stroberi

Ini adalah salah satu jenis berry yang paling terkenal dan mungkin kamu suka memakannya.

Selain rasanya yang manis dan asam, stroberi juga kaya akan vitamin C, asam folat, serat dan antioksidan.

Mengonsumsi buah berwarna merah ini bisa memberi manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, membantu mengelola gula darah, serta memperlambat penuaan otak.

4. Goji Berry

goji berry

Goji berry atau nama lainnya wolfberry, merupakan jenis berry yang berasal dari Tiongkok dan sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Buah ini kaya akan vitamin A dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. 

Seperti banyak buah beri lainnya, goji berry juga mengandung antioksidan/fitonutrien, termasuk karotenoid dan flavonoid

Buah berwarna oranye dan merah yang cerah ini bisa memberikan banyak manfaat, seperti memberikan perasaan tenang, membantu tidur lebih nyenyak, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Masih ada banyak lagi manfaat buah ini untuk kesehatan tubuh. Simak 13 Manfaat Goji Berry yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh.

5. Cranberry

cranberry adalah salah satu jenis buah berry

Masih berkaitan dengan blueberry, cranberry juga berukuran kecil, bulat, dan berwarna merah tua dengan rasa yang asam.

Jenis berry ini mengandung senyawa bernama proanthocyanidin yang sudah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti kanker.

Sama seperti buah berry yang lainnya, cranberry juga mengandung antioksidan polifenol dan kaya akan vitamin C.

Salah satu manfaat cranberry yang terkenal adalah mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

Buah ini juga bisa mencegah infeksi lainnya, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menjadi penyebab radang lambung dan kanker lambung.

Banyak penelitian juga menemukan bahwa minum jus cranberry bisa mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan stres oksidatif.

6. Raspberry

raspberry

Sering menjadi bahan dalam dessert, raspberry merupakan sumber serat yang baik. 

Buah ini juga mengandung polifenol antioksidan yang bernama ellagitannis yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif.

Itulah mengapa mengonsumsi raspberry yang berwarna merah bisa membantu melawan berbagai jenis kanker dan melindungi otak.

7. Kiwi

kiwi

Tahukah kamu bahwa buah kiwi juga termasuk ke dalam jenis beri.

Buah ini mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk, dan juga kaya akan fitonutrien, vitamin dan mineral.

Berkat vitamin C dan antioksidannya yang tinggi, kiwi bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga melindungi kulit dari degenerasi.

Buah berwarna hijau ini juga mengandung zat lutein yang baik untuk mata.

8. Acai berry

acai berry

Jenis berry satu ini berasal dari hutan hujan Amerika Selatan.

Acai berry sudah menjadi bahan suplemen makanan yang populer berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama fitonutrien antosianin yang bertanggung jawab atas warna biru atau ungu tuanya.

Buah berry ini juga sumber serat, lemak sehat dan vitamin A dan C yang baik.

Berkat berbagai nutrisi tersebut, mengonsumsi Acai berry bermanfaat untuk membantu mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat, dan mencegah osteoartritis.

Kamu juga bisa cari tahu 5 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan Tubuh lainnya di artikel tersebut.

9. Bilberry

bill berry

Punya warna dan bentuk yang mirip dengan blueberry, bilberry merupakan jenis berry yang berasal dari Eropa.

Buah berry ini mengandung bahan kimia bernama tanin yang mampu membantu mengurangi pembengkakan, menurunkan kadar gula dan kolesterol, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Bekat kandungan antioksidannya, bilberry juga efektif untuk mengurangi peradangan. Makanan sehat ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Pernah mendengar buah dewandaru yang mengandung berbagai nutrisi penting? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Itulah aneka buah berry dan manfaatnya untuk kesehatan. Bila ingin bertanya-tanya mengenai nutrisi makanan lainnya, kamu bisa menghubungi dokter spesialis gizi di Halodoc.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 8 of the Healthiest Berries You Can Eat.
Edible Arrangements. Diakses pada 2023. 50 Delicious Types of Berries You Should Try.
Parade. Diakses pada 2023. There Are Over 400 Types of Berries, but These Are the Ones With the Best Health Benefits, According to Nutritionists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan