Ini Alternatif Makanan Penutup yang Baik untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 November 2023

“Tidak dimungkiri lagi bahwa makanan penutup identik dengan makanan manis. Nah, jika kamu tidak pintar memilihnya, yang ada makanan penutup ini malah merusak pola makan sehat yang sedang kamu jalani.”

Ini Alternatif Makanan Penutup yang Baik untuk KesehatanIni Alternatif Makanan Penutup yang Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Makanan penutup identik dengan makanan manis yang sering ditambahi krim, susu kental manis maupun saus cokelat yang banyak. Alhasil, banyak yang menganggap bahwa makanan penutup selalu jauh dari kata sehat. Hal ini juga yang menyebabkan makanan penutup kerap dianggap sebagai makanan enak yang selalu menyebabkan rasa bersalah atau guilty pleasure.

Faktanya, kamu tidak harus memilih makanan penutup yang tinggi kalori dan lemak. Bahkan, untuk kamu yang sedang menjaga asupan makanan harian pun bisa menikmati makanan penutup tanpa rasa bersalah. Kuncinya adalah buatlah pilihan dan alternatif yang cerdas.

Alternatif Makanan Penutup yang Sehat

Keri Gans, ahli diet terdaftar dan penulis The Small Change Diet menyarankan untuk memilih makanan yang memiliki rasa manis alami dan sudah enak tanpa perlu tambahan apa pun. 

Daripada makan makanan penutup dengan bahan-bahan berlemak, seperti whipped cream atau mentega, pilihlah buah segar dan makanan rendah lemak lainnya.

Berikut ini makanan penutup yang tidak hanya lezat tapi juga baik untuk kesehatan:

Buah panggang

Cobalah taruh irisan nanas, pisang, apel atau pir ke atas panggangan. Tidak ada makanan penutup yang lebih sehat daripada buah-buahan segar, dan mengolahnya dengan cara dipanggang membuat buah-buahan menjadi lebih manis.

Memanggang dapat memusatkan rasa buah dengan mengurangi kadar air, sekaligus mengkaramelisasi gula alami buah. 

Kalorinya pun bisa kamu atur dengan memilih buah yang tepat. Misalnya satu porsi nanas panggang biasanya menyediakan sekitar 80 kalori.

Cokelat hitam

Dawn Jackson Blatner, ahli diet terdaftar dan penulis The Flexitarian Diet juga memberi tips untuk membuat makanan penutup yang sehat. 

Kamu bisa menggunaan cokelat hitam tanpa pemanis sebagai bahan utamanya. Kemudian lelehkan dan taburkan bahan-bahan sehat, seperti ceri asam atau biji bunga matahari.

Setelah itu, dinginkan selama lima menit sebelum memecahnya menjadi potongan-potongan kecil.

Faktanya, cokelat hitam adalah pilihan yang lebih sehat daripada cokelat susu, karena mengandung gula yang lebih sedikit. Jadi, Bukan Hanya Lezat, Ini Manfaat Cokelat Hitam bagi Tubuh.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sebatang cokelat hitam dengan berat sekitar 10 gram mengandung: 604 kalori dan 7,87 gram protein.

Campuran keju ricotta dan beri

Bila kamu sedang ingin makan es krim, Gans menyarankan campuran keju ricotta dan beri bisa menjadi alternatif makanan penutup yang lebih sehat.

Makanan penutup ini bertekstur, lembut, manis, dan rendah kalori. Satu poris hanya memberikan 150 dan 200 kalori.

Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya perlu menghaluskan 1 cangkir buah beri, lalu campurkan dengan ¼ cangkir keju ricotta rendah lemak.

Pai apel

Kudapan ini cocok untuk kamu jadikan sebagai alternatif makanan penutup yang sehat nan lezat.

Kamu bisa panggang apel yang sudah dipotong menjadi dua sampai empuk. Lalu, tambahkan 2 sendok makan yoghurt rendah lemak, sedikit kayu manis dan remah-remah dari satu biskuit yang dihancurkan. 

Sajian apel lezat ini bisa memberikan sekitar 150 kalori per porsi. Jadi, jika kamu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, konsumsi secukupnya saja, ya.

Brûlée yoghurt dan beri

Makanan penutup ini juga tergolong sehat karena termasuk dalam makana yang minim pengolahan.

Cara membuatnya pun mudah, masukkan yoghurt tanpa lemak ke dalam semangkuk kecil buah beri yang segar, lalu taburkan satu sendok teh gula, dan gunakan torch untuk membakar gula selama 1-2 menit sampai berwarna keemasan.

Makanan penutup ini tidak hanya enak, tapi yoghurt juga dikemas dengan protein dan vitamin C yang tinggi, serta kalsium.

Jika ingin tahu lebih banyak kandungan nutrisinya, kamu bisa baca ini: Kandungan Nutrisi dan 7 Manfaat Konsumsi Greek Yoghurt bagi Tubuh.

“Es Krim” pisang dengan taburan kayu manis dan kacang kenari

Untuk membuat makanan penutup yang manis dan lezat ini nyatanya cukup mudah.

Kamu hanya perlu menghaluskan potongan pisang beku dengan sedikit susu almond untuk menghasilkan tekstur yang lembut seperti es krim, lalu taburkan kacang kenari dan atau bubuk kayu manis di atasnya.

Nah, manfaat sehat dari kudapan ini juga datang dari bubuk kayu manis yang memiliki sifat antiinflamasi dan membantu pengidap diabetes mengelola kadar gula darah mereka.

Menurut Jackson Blatner, ‘es krim’ pisang dengan cinnamon dan kacang kenari ini adalah alternatif makanan penutup yang sempurna untuk es krim.

Makanan penutup ini pun memiliki lebih sedikit kalori, tanpa lemak, tanpa tambahan gula, dan lengkap dengan serat dan kalium dari pisang.

Nah, itulah alternatif makanan penutup yang sehat yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa berdiskusi seputar diet dan nutrisi pada dokter gizi melalui aplikasi Halodoc.

Selain itu, jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, ada baiknya kamu mengetahui dulu berat badan yang ideal untukmu dengan menggunakan kalkulator BMI.

Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc untuk membantu kamu menjaga kesehatan sehari-hari.

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2023. Healthy Dessert Recipes.
Eating Well. Diakses pada 2023. 23 Healthy Desserts You Can Make in Three Steps or Less.
U.S. News. Diakses pada 2020. 10 Healthy Desserts—and They’re Tasty, Too.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan