Ini 9 Obat Kencing Manis yang Umumnya Diresepkan oleh Dokter

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Januari 2024

“Kencing manis adalah kondisi saat kadar gula darah tinggi akibat ketidakmampuan tubuh menggunakan insulin secara efektif. Jenis obat kencing manis, yaitu insulin, metformin, sulfonilurea, dan glitinide.”

Ini 9 Obat Kencing Manis yang Umumnya Diresepkan oleh DokterIni 9 Obat Kencing Manis yang Umumnya Diresepkan oleh Dokter

DAFTAR ISI

  1. Pilihan Obat Kencing Manis
  2. Obat Kencing Manis yang Ada di Apotik

Halodoc, Jakarta – Kencing manis adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penyakit diabetes. Kondisi ini meningkatkan kadar glukosa (gula) dalam darah. 

Gejala umumnya adalah rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, kelelahan, penglihatan kabur, dan luka yang sulit sembuh. 

Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan pada organ tubuh. Nah, ada beberapa jenis obat kencing manis yang umumnya dokter resepkan. Contohnya, seperti insulin, metformin, sulfonilurea, dan glitinide.

Pilihan Obat Kencing Manis

Terdapat beberapa rekomendasi obat kencing manis yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Insulin

Insulin adalah hormon yang penting untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. 

Pada diabetes tipe 1, penggunaan insulin diberikan melalui suntikan atau pompa insulin.

2. Metformin

Obat kencing manis selanjutnya adalah metformin. Ini adalah obat antidiabetes oral yang paling sering diresepkan untuk diabetes tipe 2. 

Cara kerjanya dengan mengurangi produksi glukosa oleh hati, meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, dan memperlambat penyerapan glukosa dalam usus.

3. Sulfonilurea

Sulfonilurea adalah obat kencing manis yang bekerja dengan merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Obat ini membantu menurunkan kadar gula darah.

4. Glitinide

Glitinide adalah obat kencing manis oral yang bekerja dengan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin.

Namun, efeknya berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan sulfonilurea. Contoh glitinide, yaitu repaglinide dan nateglinide.

Pengidap diabetes perlu memantau kadar gula darah normal agar tidak berisiko mengalami efek samping dari gangguan. 

Mau tahu kadar gula darah yang normal? Ini angka yang direkomendasikan: Catat, Ini Kadar Gula Darah yang Normal dalam Tubuh.

5. Inhibitor Alfa-glukosidase

Obat kencing manis ini membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan.

Mereka bekerja dengan menghambat enzim alfa-glukosidase di usus.

6. Thiazolidinedione (TZD)

TZD, seperti pioglitazone dan rosiglitazone, bekerja dengan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Obat kencing manis ini membantu mengurangi resistensi insulin pada diabetes tipe 2.

7. Inhibitor DPP-4 (dipeptidyl peptidase-4)

Untuk meningkatkan kadar hormon inkretin, yang meningkatkan produksi insulin dan mengurangi pelepasan glukagon, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah.

8. SGLT2 inhibitor

Bekerja dengan menghambat reabsorpsi glukosa di ginjal, sehingga membantu mengeluarkan lebih banyak glukosa melalui urin dan menurunkan kadar gula darah. 

Contoh SGLT2 inhibitor termasuk dapagliflozin, canagliflozin, da empagliflozin.

9. GLP-1 agonis (agonis hormon peptida mirip glukagon 1)

Obat ini meniru tindakan hormon GLP-1, yang membantu meningkatkan produksi insulin, mengurangi pelepasan glukagon, memperlambat penyerapan makanan, dan meningkatkan rasa kenyang. 

Pemilihan obat antidiabetes tergantung pada jenis diabetes, kondisi kesehatan individu, dan respons terhadap pengobatan. 

Meskipun diabetes tidak dapat sembuh sepenuhnya, pengelolaan yang baik dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Jika kamu Mengidap Penyakit Kencing Manis atau Diabetes, Ini Dokter yang Bisa Bantu Pengobatannya.

Hal ini juga dapat mengurangi risiko komplikasi jangka panjang, dan meningkatkan kualitas hidup. 

Penting untuk mematuhi rencana pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter, memantau kadar gula darah secara teratur, dan menjalani pemeriksaan kesehatan rutin.

Kini kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan atau diabetes rutin dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek & Surabaya). Kamu bisa klik gambar berikut untuk mengeceknya lebih lanjut:

Kini kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan atau diabetes rutin dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek & Surabaya). Kamu bisa klik gambar berikut untuk mengeceknya lebih lanjut:

home lab halodoc

Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan panduan yang tepat tentang pengelolaan diabetes. Dokter dapat membantu merencanakan strategi pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Obat Kencing Manis yang Ada di Apotik

Berikut adalah beberapa obat kencing manis yang tersedia di apotik:

1. Metformin 500 mg (10 Strip/10 Tablet per Strip)

Metformin merupakan obat yang paling umum untuk mengendalikan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

Obat ini masuk dalam kategori biguanide yang bertindak dengan cara menghambat produksi glukosa (glukoneogenesis) di hati. 

Proses ini menyebabkan penundaan penyerapan glukosa di usus, sehingga mengurangi kadar glukosa dalam darah baik pada kondisi basal maupun setelah makan (postprandial). 

Selain itu, metformin juga berperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin dengan cara meningkatkan penggunaan glukosa di jaringan perifer. 

Obat ini dapat dikonsumsi secara mandiri, dikombinasikan dengan obat antidiabetes lain, atau digunakan bersamaan dengan insulin.

Namun,  penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter. Obat ini tidak bisa kamu dapatkan secara bebas dan hanya bisa diperoleh melalui resep. 

Rentang harga: Rp17.400 – Rp26.200 per 10 strip.

Dapatkan Metformin 500 mg (10 Strip/10 Tablet per Strip) di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Metrix 2 mg (15 Tablet)

Selanjutnya adalah Metrix Tablet yang mengandung glimepiride. Obat ini sering dokter resepkan untuk mengatasi diabetes mellitus tipe 2 atau diabetes melitus non insulin dependent (NIDDM).

NIDDM terjadi ketika kontrol kadar glukosa darah tidak dapat dicapai hanya dengan diet dan olahraga.

Fungsi obat ini yaitu menurunkan kadar gula darah dengan merangsang pelepasan insulin dari sel beta pankreas yang masih berfungsi, sembari meningkatkan sensitivitas jaringan perifer terhadap insulin.

Obat ini bisa pasien konsumsi secara tunggal atau dikombinasikan dengan obat anti diabetes lain atau insulin.

Penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter. Obat ini tidak bisa kamu dapatkan secara bebas dan hanya bisa diperoleh melalui resep. 

Rentang harga: Rp120.500 per strip.

Dapatkan Metrix 2 mg (15 Tablet) di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Amaryl 2 mg (10 Tablet)

Sama seperti Metrix Tablet, Amaryl Tablet adalah obat anti diabetes yang mengandung glimepiride. Obat ini juga kerap dokter resepkan pada pasien NIDDM. 

Cara kerjanya yakni menurunkan kadar gula darah dengan merangsang pelepasan insulin dari sel beta pankreas yang masih berfungsi.

Obat ini sekaligus bisa meningkatkan sensitivitas jaringan perifer terhadap insulin.

Amaryl dapat dokter rekomendasikan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan obat maupun insulin.

Penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter. Obat ini tidak bisa kamu dapatkan secara bebas dan hanya bisa diperoleh melalui resep. 

Selain meminum obat, begini Gaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap Diabetes

Rentang harga: Rp84.800 per strip.

Dapatkan Amaryl 2 mg (10 Tablet) di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Kombiglyze XR 5 mg/500 mg (7 Tablet)

Kombiglyze XR adalah gabungan dari dua jenis obat, yakni saxagliptin dan metformin. Manfaat utamanya untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Saxagliptin meningkatkan kadar insulin setelah makan. Sementara, metformin meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. 

Sama seperti obat lainnya, penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter. Obat ini tidak bisa kamu dapatkan secara bebas dan hanya bisa diperoleh melalui resep. 

Rentang harga: Rp158.600 per strip.

Dapatkan Kombiglyze XR 5 mg/500 mg (7 Tablet) di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Glucophage 500 mg (10 Tablet)

Obat antidiabetes lain yang sering dokter resepkan yaitu Glucophage. Ini merupakan obat antidiabetes generik yang efektif mengendalikan dan mengurangi kadar gula darah. 

Kandungan utamanya adalah metformin yang mampu menghambat produksi glukosa (glukoneogenesis) di hati. 

Obat ini sering dokter rekomendasikan untuk pasien dengan kelebihan berat badan yang kadar glukosanya tidak bisa terkontrol hanya dengan diet dan olahraga.

Pada orang dewasa, glucophage dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan obat antidiabetes oral lain atau insulin. 

Untuk anak-anak mulai usia 10 tahun dan remaja, glucophage digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan insulin.

Penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter. Obat ini tidak bisa kamu dapatkan secara bebas dan hanya bisa diperoleh melalui resep. 

Rentang harga: Rp18.500 – Rp29.400 per strip.

Dapatkan Glucophage 500 mg (10 Tablet) di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah berbagai rekomendasi obat untuk diabetes. Jika kamu memiliki pertanyaan lain tentang kondisi ini, jangan ragu menghubungi dokter di Halodoc!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Diabetes treatment: Medications for type 2 diabetes.
Healthline. Diakses pada 2024. A Complete List of Diabetes Medications.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan