Ini 8 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak dan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juli 2022

“Situasi yang kamu hadapi saat bermain catur ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak dan mental. Permainan ini mampu meningkatkan memori, meningkatkan kreativitas sampai membantu terapi.”

Ini 8 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak dan MentalIni 8 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan Otak dan Mental

Halodoc, Jakarta – Saat bermain catur, kamu dituntut untuk terampil mengantisipasi gerakan lawan selanjutnya. Pemain catur juga harus cerdik mengambil keputusan tindakan yang akan diambil dan memahami perspektif lawan main. 

Seorang ahli menyebut kemampuan ini sebagai “teori pikiran”. Kemampuan ini dapat melatih empati dan membangun hubungan sosial yang sehat. Sebuah studi berjudul Secret of the Masters: Young Chess Players Show Advanced Visual Perspective Taking, mengungkapkan bahwa bermain catur dapat mengembangkan kemampuan seseorang dalam melihat perspektif orang lain.

Berbagai Manfaat dari Bermain Catur

Catur merupakan salah satu olahraga untuk mengasah otak. Dalam permainan tersebut, Kamu dituntut berpikir cermat untuk mengalahkan lawan main. Melansir dari Healthline, bermain catur bisa mendatangkan manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan memori

Dalam sebuah penelitian, pemain catur profesional dinilai memiliki memori yang kuat. Pasalnya, permainan catur  melibatkan banyak hafalan pola permainan catur. Selain itu mereka juga memori pendengaran yang lebih baik. Mereka mampu mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Dalam satu percobaan, peneliti membandingkan kemampuan memori pemain catur ahli dengan orang yang tidak memiliki pengalaman bermain catur. Hasilnya, pemain catur yang disebutkan pertama lebih baik dalam mengingat kata-kata yang pernah didengar. 

2. Meningkatkan kreativitas

Para peneliti di sebuah sekolah di India menguji kemampuan berpikir kreatif dari dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih bermain catur dan yang lainnya tidak. Dalam tes tersebut, siswa diminta untuk menafsirkan pola-pola abstrak. Siswa yang bermain catur ternyata mendapat nilai lebih tinggi pada tes tersebut. Peneliti menyimpulkan bahwa catur meningkatkan kemampuan siswa untuk melatih berpikir kreatif.

3. Membangun perencanaan yang lebih baik

Para pemain catur kerap termenung diam saat mempertimbangkan setiap gerakan. Dalam situasi ini, mereka sedang memprediksi setiap kemungkinan untuk mengantisipasi tanggapan lawan mainnya.

Ilmuwan pun membuat sebuah studi pada pemain catur untuk mengukur keterampilan perencanaan mereka. Hasil menunjukan, kelompok yang tidak bermain catur membutuhkan waktu lama dalam perencanaan. 

4. Membantu terapi

Catur juga bisa digunakan sebagai sarana terapi kreatif. Melalui permainan ini, terapis dapat melihat reaksi pasien terhadap stres dan tantangan yang muncul. Kemudian, ia menilai respons pasien dan memberikan saran yang tepat.

5. Mengasah fokus

Seperti yang dikatakan  pecatur dunia asal Amerika Serikat, Bobby Fischer, “Catur menuntut konsentrasi total.” Fokus selama bermain catur berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kamu dihadapkan dengan pekerjaan, tugas rumah, dan deadline, kamu bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan apapun yang sedang kamu hadapi.

6. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Dalam setiap permainan catur, pemain dihadapkan pada tantangan dan masalah yang harus diselesaikan. Permainan ini membantu kamu untuk berpikir ke depan, tidak terburu-buru mengambil keputusan, dan mempertimbangkan plus dan minus dari pilihan yang kamu ambil. Hal ini berkorelasi dengan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila kamu memiliki keluhan medis, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc Dokter yang ahli di bidangnya akn membantu menjawab semua pertanyaan kamu. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. The 9 Best Benefits of Playing Chess.
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Secret of the Masters: Young Chess Players Show Advanced Visual Perspective Taking.
Chess.com. Diakses pada 2022. Top 10 Benefits of Chess.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan