Ini 7 Rekomendasi Vitamin Promil untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Agustus 2024

“Pemenuhan asupan vitamin amat penting untuk diperhatikan saat kamu sedang menjalani program hamil (promil). Rekomendasi vitamin promil contohnya Blackmores I-Folic, Wellness Natural Vitamin E hingga Hy-Folic yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Ini 7 Rekomendasi Vitamin Promil untuk Tingkatkan Peluang KehamilanIni 7 Rekomendasi Vitamin Promil untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

DAFTAR ISI

Rekomendasi Vitamin Promil untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

  1. Blackmores I-Folic 60 Tablet
  2. Wellness Natural Vitamin E 400 IU 60 Softgel
  3. Paket Hemat Ibu Hamil
  4. Prove D3-5000 IU 10 Tablet Kunyah
  5. Paket Hemat Program Hamil
  6. Folamil Genio 30 Kapsul
  7. Hy-Folic 6 Tablet

Halodoc, Jakarta – Selain mempersiapkan fisik dan mental, asupan vitamin juga tak kalah penting untuk diperhatikan saat menjalani program hamil. Vitamin promil akan membantu melengkapi nutrisi tubuh serta meningkatkan kesuburan, sehingga nantinya peluang kehamilan bisa meningkat. 

Sejauh ini ada sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk dipenuhi saat kamu sedang program hamil, antara lain vitamin C, vitamin D, vitamin E, hingga asam folat. 

Nah, untuk memudahkan kamu dalam mengonsumsinya, berikut ini beberapa rekomendasi vitamin promil yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Rekomendasi Vitamin Promil untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

Berikut ini sejumlah vitamin untuk promil yang bisa kamu coba, antara lain: 

1. Blackmores I-Folic 60 Tablet

Blackmores I-Folic 60 Tablet merupakan suplemen yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan yodium selama kehamilan dan program hamil. 

Di dalam Blackmores I-Folic 60 Tablet mengandung asam folat 500 mcg dan yodium 150 mcg. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan dan perkembangan otak, serta saraf janin dalam kandungan nantinya. Sedangkan yodium berperan penting dalam menyeimbangkan hormon dalam tubuh, terutama hormon tiroid. 

Vitamin promil ini bisa dikonsumsi sesudah makan, sebanyak 1 kapsul sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

No registrasi BPOM: SI164507081

Kisaran harga: Rp116.500 per botol. 

Dapatkan Blackmores I-Folic 60 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Wellness Natural Vitamin E 400 IU 60 Softgel

Wellness Natural Vitamin E 400 IU 60 Softgel jadi salah satu pilihan vitamin e untuk promil yang bisa kamu konsumsi. Produk ini bisa bantu memenuhi kebutuhan vitamin E, yang penting untuk membantu meningkatkan kesuburan atau fertilitas pada pria maupun wanita. 

Di sisi lain, vitamin E juga memiliki peran penting dalam mendukung kualitas sel telur. Sel telur yang sehat akan mendukung program hamil yang sedang dijalani, sehingga peluang kehamilan diharapkan bisa meningkat. 

Vitamin e untuk promil ini bisa diminum 1 kali sehari, sebanyak 1 kapsul setelah makan. Jika ragu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, untuk mengetahui dosis vitamin yang tepat untuk kondisi tubuh kamu. 

No registrasi BPOM: S1074325161

Rentang harga: Rp170.000 – Rp490.100 per botol. 

Dapatkan Wellness Natural Vitamin E 400 IU 60 Softgel di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Paket Hemat Ibu Hamil

Berikutnya ada paket vitamin untuk promil yang terdiri dari Maltofer Fol Chewable dan Folamil Genio. 

Maltofer Fol Chewable merupakan suplemen yang bisa bantu mencegah defisiensi zat besi dan asam folat sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Sedangkan Folamil Genio menjadi pilihan suplemen yang mengandung DHA, untuk mendukung pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan calon ibu. 

Berikut dosisi vitamin untuk promil ini: 

  • Maltofer Fol Chewable, diminum 1 tablet sehari. 
  • Folamil Genio, diminum 1 kapsul per hari. 

No registrasi BPOM: DBL0204128263A1 (Maltofer Fol Chewable), SD071329911 (Folamil Genio)

Kisaran harga: Rp245.000 per paket.

Dapatkan Paket Hemat Ibu Hamil di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Prove D3-5000 IU 10 Tablet Kunyah

Vitamin untuk promil selanjutnya yaitu Prove D3-5000 IU 10 Tablet Kunyah. Di dalamnya mengandung cholecalciferol 5000 IU atau setara dengan vitamin D3 125 mcg. 

Penggunaan vitamin ini sebaiknya dengan resep dokter. Dokter biasanya meresepkan obat ini sebanyak 1 tablet kunyah, 1 kali sehari diminum sesudah makan. 

Prove D3-5000 IU 10 Tablet Kunyah tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi kamu yang memiliki hipersensitivitas pada vitamin D3, pengidap gagal ginjal serta kerusakan ginjal. 

Selain itu, hati-hati terhadap efek samping dari vitamin ini yaitu hiperkalsemia dan hiperkalsiuria. Efek samping ini bisa muncul, terutama jika kamu mengonsumsi Prove D3-5000 IU secara berlebihan. 

No registrasi BPOM: DKL2111646561A1

Rentang harga: Rp57.300 per strip. 

Dapatkan Prove D3-5000 IU 10 Tablet Kunyah di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Paket Hemat Program Hamil

Berikutnya ada paket vitamin untuk promil yang terdiri dari vitamin Hallowell E 200 IU, folavit 400 mcg, serta Andalan Ovulation Test. 

Hallowell E 200 IU merupakan vitamin e untuk promil, yang bisa bantu meningkatkan kesuburan. Folavit 400 mcg jadi pilihan suplemen asam folat, terutama untuk Ibu yang sedang merencanakan kehamilan, hamil, atau menyusui. 

Sementara itu, Andalan Ovulation Test merupakan alat uji masa subur sekali pakai, yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur wanita dengan cepat dan praktis. 

Cara menggunakannya Hallowell E 200 IU dan Folavit 400 mcg:

  • Hallowell E 200 IU, diminum sebanyak 1 kapsul per hari sesudah makan.
  • Folavit 400 mcg, diminum 0.25 – 1 mg per hari sebelum atau sesudah makan. 

Cara menggunakan Andalan Ovulation Test: 

  • Gunakan pipet yang telah disediakan, untuk meneteskan urin ke dalam lubang sampel. 
  • Kemudian tunggu 3-10 menit hingga hasilnya muncul. 
  • Apabila terdapat garis Test Line (T) yang warnanya sama dengan garis Control line (C) atau lebih gelap, maka menunjukkan hasil tes positif. Jika sebaliknya, apabila hanya muncul satu garis merah muda saja, artinya hasil tes negatif. 

No registrasi BPOM: SD211331141 (Hallowell E 200 IU), SD091536141 (Folavit 400 mcg), AKL20101814665 (Andalan Ovulation Test). 

Kisaran harga: Rp155.400 per paket.

Dapatkan Paket Hemat Program Hamil di Toko Kesehatan Halodoc. 

6. Folamil Genio 30 Kapsul

Berikutnya ada Folamil Genio 30 Kapsul yang bisa dikonsumsi untuk kamu yang sedang promil. 

Vitamin untuk promil ini mengandung DHA, multivitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan serta pertumbuhan otak janin nantinya. 

Di dalamnya mengandung folic acid, beta carotene, vitamin B1, vitamin B2, nicotinamide, vitamin B6, ca pantothenate, ca carbonate, vitamin B12, vitamin D3, vitamin K1, biotin, copper gluconate, fe polymaltose complex, DHA from algae, dan arachidonic acid. 

Kamu bisa mengonsumsi vitamin untuk promil ini sesudah makan dengan dosis 1 kapsul lunak per hari.

 Namun, hindari mengonsumsi Folamil Genio, terutama jika kamu memiliki hipersensitivitas terhadap salah satu kandungan produk tersebut. 

No registrasi BPOM: SD071329911 

Kisaran harga: Rp159.900 per botol.

Dapatkan Folamil Genio 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc. 

7. Hy-Folic 6 Tablet

Terakhir ada Hy-Folic 6 Tablet yang bisa jadi pilihan suplemen untuk kesehatan tubuh selama menjalani program hamil. Tiap satu kapletnya mengandung (6s)-5-methyltetrahydrofolic acid, glucosamine salt (quatrefolic) 1.100 mcg atau setara dengan 550 mcg folat aktif. 

Asam folat dapat membantu mencegah risiko cacat otak, serta masalah gangguan tualng belakang pada bayi. Selain itu, asam folat juga bisa bantu meningkatkan kesuburan, sehingga peluang kamu untuk bisa hamil akan lebih besar. 

Vitamin untuk promil ini bisa diminum sebanyak 1 kali sehari, 1 tablet sebelum atau sesudah makan. Jika ragu dalam menentukan dosis yang tepat, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter, ya. 

No registrasi BPOM: SD201582531

Kisaran harga: Rp36.000 per strip.

Dapatkan Hy-Folic 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah berbagai pilihan vitamin promil untuk meningkatkan peluang kehamilan, yang bisa kamu beli dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc

Jika kamu ragu dalam menentukan jenis dan dosis vitamin yang tepat, segera lakukan konsultasikan diri ke dokter di Halodoc. Dokter akan melakukan pemeriksaan, serta merekomendasikan ragam jenis vitamin serta dosis yang pas sesuai dengan kondisi kesehatanmu selama promil. 

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2024. Trying to Conceive After Age 35.
WebMD. Diakses pada 2024. Vitamin & Supplements Folic Acid. 
WHO. Diakses pada 2024. Vitamin E and C Supplementation During Pregnancy. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan