Ini 7 Penyebab Jerawat di Alis dan Tips Menghilangkannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Oktober 2023

“Ada sejumlah penyebab jerawat di alis, salah satunya adalah pori-pori yang tersumbat. Sementara itu, tips menghilangkan dapat dimulai dari perubahan gaya hidup, penggunaan obat bebas, hingga tindakan medis dari dokter.”

Ini 7 Penyebab Jerawat di Alis dan Tips MenghilangkannyaIni 7 Penyebab Jerawat di Alis dan Tips Menghilangkannya

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah masalah kulit umum yang bisa setiap orang alami, baik pria maupun wanita. Selayaknya area wajah lain, kulit sekitar alis juga menjadi tempat yang lazim ditumbuhi jerawat. 

Adanya jerawat pada alis tentu dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Namun, apa penyebab jerawat di alis? Dan bagaimana tips menghilangkannya? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Saja Penyebab Jerawat di Alis? 

Ada banyak alasan mengapa kamu atau keluargamu mungkin berjerawat di antara alis. Beberapa khusus untuk area ini, sementara yang lain dapat menyebabkan jerawat di mana saja di wajah atau tubuh. 

Berikut adalah alasan umum mengapa jerawat di alis bisa tumbuh: 

1. Pori-pori tersumbat

Pori-pori dapat tersumbat oleh berbagai zat, termasuk:

  • Minyak dari wajah, rambut, atau tangan. 
  • Keringat.
  • Menumpuknya sel kulit mati. 

Meskipun kelenjar keringat juga merupakan pori-pori di kulit, folikel rambut adalah pori-pori utama yang menyebabkan jerawat. Bahkan, jerawat yang muncul bisa memiliki nanah akibat meradang.

Cari tahu juga penyebab jerawat bernanah lainnya melalui artikel “Ini Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah”.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah salah satu penyebab jerawat di alis yang paling umum. Kelebihan minyak pada kulit dapat menyumbat folikel rambut. Kondisi ini akan menyebabkan jerawat ketika folikel yang tersumbat meradang atau terinfeksi. 

Mengingat wajah dan dahi memiliki banyak kelenjar minyak, biasanya orang dengan kulit berminyak akan berjerawat di sekitar dan di antara alis.

3. Rambut tumbuh ke dalam

Tweezing atau waxing alis dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, karena rambut yang tercabut sebagian berpotensi tumbuh kembali ke kulit. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat jika folikel rambut tersumbat.

Terlebih lagi, tweezing dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam lebih sering daripada metode penghilangan rambut lainnya. Sebab, metode ini lebih mungkin menyebabkan rambut patah dan tertinggal di bawah kulit. Saat rambut mulai tumbuh kembali, mungkin tumbuh ke dalam.

4. Kebiasaan menyentuh wajah

Saat seseorang menyentuh wajah mereka, minyak alami di tangan dapat berpindah ke wajah. Kondisi ini bisa menyumbat pori-pori. Selain itu, tangan juga memiliki bakteri, tidak peduli seberapa sering kamu mencucinya. 

Menyentuh wajah dapat membawa bakteri ini ke pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat di alis. Jadi, pastikan tidak terlalu sering menyentuh wajah, apalagi jika kamu belum mencuci tangan setelah berkegiatan.

5. Pengaruh hormon

Perubahan hormonal dapat menyebabkan timbulnya jerawat di alis, terutama pada wanita. Jerawat hormonal paling umum dapat muncul ketika: 

  • Sekitar masa menstruasi. 
  • Selama menopause.
  • Selama masa kehamilan. 

6. Pengaruh kosmetik

Beberapa kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di alis. Selain itu, alat kuas riasan yang kotor juga dapat menyebabkan jerawat. Sebab, seiring penggunaannya, kuas riasan dapat menampung bakteri. Kosmetik seperti gel alis secara khusus dapat menyebabkan jerawat di antara alis. 

7. Produk perawatan kulit yang mengandung minyak

Nyatanya, penggunaan produk perawatan kulit, seperti pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya yang mengandung minyak juga dapat memicu jerawat di alis. Kandungan minyak dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah.

Jika jerawat mulai meradang, pastikan kamu memiliki produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Dengan begitu, jerawat bisa membaik.Kamu juga bisa cari tahu cara lain mengatasi jerawat melalui artikel “Ini 9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari”.

Bagaimana Tips Menghilangkan Jerawat di Alis? 

Berikut adalah sejumlah pilihan pengobatan sebagai tips untuk menghilangkan jerawat di alis: 

1. Obat OTC

Ada sejumlah obat yang tersedia bebas yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat di alis, meliputi:

  • Retinoid sebagai perawatan kulit yang terbuat dari vitamin A.
  • Asam salisilat yang dapat memecah komedo dan komedo putih. Tak hanya itu, kandungan ini juga memiliki sejumlah manfaat lainnya.
  • Benzoil peroksida untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit. 

2. Perubahan gaya hidup

  • Jangan memencet atau bahkan menyentuh jerawat di alis. Berikan waktu untuk sembuh.
  • Pastikan untuk mengelola stres dengan baik. Meskipun stres tidak menyebabkan jerawat, stres dapat memperburuk jerawat.
  • Makan lebih sedikit karbohidrat, karena bisa membuat kulit lebih berminyak.

3. Perawatan medis

Segeralah tanyakan dokter spesialis kulit. Nantinya, dokter akan merekomendasikan perawatan sesuai dengan penyebabnya, meliputi: 

  • Antibiotik. Penggunaan obat ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Namun, biasanya obat ini akan dikonsumsi jika jerawat sudah mengalami peradangan yang cukup parah.
  • Retinoid. Obat ini akan bekerja dengan membuka pori-pori wajah yang tersumbat. Dengan begitu, pengobatan lain akan lebih mudah meresep dan bekerja untuk mengatasi jerawat.
  • Kortikosteroid. Obat ini membantu dalam mengurangi peradangan. Obat ini hanya berfungsi untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. 
  • Pil KB. Bekerja dengan menurunkan kadar hormon testosterone dalam tubuh sehingga jerawat dapat membaik. Namun, pengobatan ini hanya diberikan ketika jerawat terjadi akibat hormonal.

Itulah beberapa penyebab jerawat di alis dan tips menghilangkannya. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga kebersihan tubuh agar jerawat tidak mudah muncul kembali.

Cari tahu cara lain mengatasi jerawat melalui artikel ini Cara Mengatasi Jerawat Bernanah Seperti Bisul.

Jika kamu atau keluargamu masih memiliki pertanyaan seputar jerawat, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung kepada dokter. Cek rekomendasi dokter spesialis kulit terbaik dari aplikasi Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Causes Acne Between Your Eyebrows, and How to Treat it. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What causes pimples on eyebrows, and what do they mean?
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Want to Know About Acne.
Web MD. Diakses pada 2023. Retinoid Treatment and Your Skin.
Good RX. Diakses pada 2023. 4 Birth Control Pills That Treat Acne: Recommended Brands and FAQs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan