Ini 7 Manfaat Menggunakan Moisturizer Setiap Hari untuk Kulit Wajah

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Maret 2024

“Menggunakan moisturizer adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit wajah. Skincare ini memberikan kelembapan ekstra yang diperlukan oleh kulit, terutama bagi pemilik kulit kering atau cenderung kering.”

Ini 7 Manfaat Menggunakan Moisturizer Setiap Hari untuk Kulit WajahIni 7 Manfaat Menggunakan Moisturizer Setiap Hari untuk Kulit Wajah

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Moisturizer adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk melembapkan kulit. Biasanya mengandung bahan seperti air, minyak, dan humektan untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi.

Penggunaan rutin meningkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan dini, dan menciptakan tampilan kulit yang sehat serta bersinar. Untuk mendapatkan manfaatnya, pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Nah, mau tahu apa saja manfaat moisturizer untuk kesehatan kulit wajah? Berikut ulasannya!

Berbagai Manfaat Moisturizer untuk Wajah

Ada beberapa manfaat moisturizer, mulai dari mengurangi gejala peradangan hingga melindungi kulit dari paparan zat berbahaya. Ini penjelasannya masing-masing:

1. Mengurangi gejala peradangan

Kulit yang kering cenderung lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Nah, moisturizer membantu menurunkan potensi terjadinya peradangan.

Menurut studi dalam jurnal European Academy of Dermatology and Venereology, yang berjudul Topical applications of an emollient reduce circulating pro-inflammatory cytokine levels in chronically aged humans: a pilot clinical study, pelembap mengandung emolien dapat mengurangi tingkat sitokin pro-inflamasi yang bersirkulasi pada kulit.

Emolien adalah salah satu bahan pelembap yang dapat menjaga kelembapan kulit serta membantu kulit yang terkena iritasi.

Emolien juga dapat membantu kulit terasa lebih nyaman, bahkan jika kamu menderita eksim, psoriasis, kulit kering atau sensitif.

Hasilnya menunjukkan, perawatan kulit dengan emolien tidak hanya membantu meningkatkan kelembapan kulit, tetapi juga memiliki potensi untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terkait dengan penuaan. 

2. Mencegah kulit kering

Studi ilmiah berjudul The role of moisturizers in addressing various kinds of dermatitis: A review yang terbit pada Journal of Clinical Medicine Research menemukan bahwa, moisturizer memiliki peran penting dalam mencegah kulit kering. 

Kandungan pelembap pada produk dapat membantu menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi gejala dermatitis, termasuk kulit kering. 

Studi ini menyiratkan bahwa pemilihan dan penggunaan moisturizer yang tepat efektif dalam merawat dan mencegah berbagai jenis dermatitis. Caranya dengan menciptakan kondisi kulit yang lebih sehat dan terhidrasi.

3. Menjaga kelembutan kulit

Wajah yang lembap membantu menjaga penampilan dan kelembutan kulit. Hal ini melindungi dari penuaan dini dan kerusakan pada kulit kering, mencegah kerutan. 

Selain itu, moisturizer secara teratur mendukung regenerasi kulit. Jenis skincare tersebut bekerja dengan meningkatkan kolagen dan membuat kulit tampak lebih muda serta halus.

Selain dengan pelembap, regenerasi kulit juga bisa terjadi jika kamu rutin melakukan Tips Perawatan Kulit Ini Sebelum Tidur.

4. Menekan tanda penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami penurunan kemampuan regenerasi dan produksi kolagen. Hal ini yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti keriput dan kulit yang tampak kendur. 

Dengan menggunakan moisturizer, kandungan di dalamnya dapat membantu menekan munculnya tanda penuaan. Dengan hidrasi yang baik, kulit dapat terlihat lebih sehat dan tampak lebih cerah.

5. Pergantian sel menjadi lebih cepat

Pelembab tidak hanya membantu meningkatkan fungsi sel kulit, tetapi juga mendukung pergantian sel menjadi lebih cepat. 

Kulit secara alami memproduksi sel-sel baru untuk menggantikan yang tua. Namun, proses ini akan melambat dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seiring bertambahnya usia. 

Nah, dengan moisturizer yang mengandung vitamin A, mineral, dan asam lemak esensial, produk ini dapat mempercepat proses pergantian sel. Bahkan, dapat memberikan dukungan nutrisi dan menjaga kulit tetap sehat.

Catat, Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah.

6. Menghilangkan noda membandel

Banyak pelembap yang mengandung bahan pencerah kulit, sehingga dapat menghilangkan noda membandel sekaligus meratakan warna kulit. 

7. Melindungi kulit dari zat berbahaya

Pelembab yang baik dapat memperbaiki dan melindungi penghalang lipid pada kulit. Tujuannya untuk mencegah racun, polutan, dan faktor lingkungan yang bisa membahayakan sel-sel di bawah lapisan kulit. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan pelembap yang dilengkapi dengan SPF. Jenis produk ini mampu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, sekaligus mencegah potensi bahayanya. 

Itulah beberapa manfaat moisturizer wajah yang bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakannya. 

Rekomendasi Moisturizer untuk Melembapkan Wajah

Apabila kamu sedang mencari moisturizer untuk kulit wajahmu, Wardah bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menjaga kelembapan kulit, moisturizer dari Wardah juga dapat membantu menciptakan tampilan “glass skin” yang cerah dan bercahaya.

Nah, berikut beberapa varian moisturizer yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu:

1. 14X Hyaluron + Pentavitin Deep Water Restore Gel Moisturizer

Apabila kulit wajah kamu memiliki tanda-tanda skin barrier yang rusak, seperti kulit kering, sensitif, mudah mengelupas dan bertekstur kasar, jenis pelembap ini cocok untuk kamu.

Dengan kandungan 14X Hyaluronic Acid dan 1% Pentavitin, Deep Water Restore Gel Moisturizer mampu memperbaiki skin barrier yang rusak dan kering sehingga memberikan tampilan hydrated glass skin.

Selain melembapkan, moisturizer ini bertekstur ringan dan tidak berminyak sehingga mudah diratakan ke seluruh wajah. 

2. Cica Complex + Panthenol Ceramide Calm & Soothe Gel Moisturizer

Jenis pelembap ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kemerahan, berjerawat dan mudah breakout.

Kandungan cica complex, panthenol, ceramide, niacinamide B3, dan allantoin di dalamnya bekerja untuk menenangkan jerawat dan meredakan kemerahan.

Formulanya juga ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Tak hanya itu, Cica Complex + Panthenol Ceramide Calm & Soothe Gel Moisturizer juga memberikan sensasi segar saat diaplikasikan pada wajah, sehingga mampu menenangkan kulit. 

Keunggulan lainnya, pelembap ini tanpa pewangi, tetapi memberikan aroma segar dan menenangkan.

3. Vitamin C + Adenosine Radiant Charge Gel Moisturizer

Kulit yang kusam, belang dan terlihat lesu tentu bisa menurunkan kepercayaan diri kamu.

Nah, jika kamu memiliki masalah kulit seperti ini, Vitamin C + Adenosine Radiant Charge Gel Moisturizer merupakan pilihan pelembap yang tepat.

Pelembap ini mengandung Vitamin C dan 1% Adenosine yang mampu mengembalikan kecerahan kulit. Gel yang jernih membuat butiran-butiran vitamin C mudah terlihat.

Meski begitu, teksturnya tetap ringan dan sedikit lengket agar tingkat kelembapan kulit senantiasa terjaga. 

4. Wardah Tranexamic ɑ-Arbutin + 5% Niacinamide Dark Spot Corrector Moisturizer Gel 

Bagi kamu yang punya masalah noda hitam, kulit kusam dan belang, ini merupakan jenis pelembap yang tepat.

Kandungan di dalamnya mampu menargetkan dan menyamarkan dark spot secara tepat serta meratakan warna kulit.

Wardah Tranexamic ɑ-Arbutin + 5% Niacinamide Dark Spot Corrector Moisturizer Gel juga cepat menyerap, menjaga tingkat kelembapan serta membuat tekstur kulit yang lebih halus. 

Kandungan 2% Silver Nine dalam pelembap ini mampu mengunci manfaat bahan aktif sehingga khasiatnya optimal.

Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc

Nah agar penggunaan moisturizer lebih maksimal, kamu dapat menggunakan layanan konsultasi dengan dokter kulit di Halodoc.

Berikut daftar rekomendasi dokter kulit di Halodoc:

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Rekomendasi dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dokter Dina Febriani Sp.D.V.E.

dr. Dina Febriani Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Saat ini, ia berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai perawatan kulit, termasuk tips memilih dan menggunakan pelembap yang tepat. 

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Kamu juga dapat menghubungi dr. Frieda Sp.D.V.E untuk berkonsultasi mengenai perawatan kulit wajah.

Dokter Frieda Sp.D.V.E merupakan lulusan Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022.

Saat ini, dr. Frieda Sp.D.V.E berpraktik di Bogor, Jawa Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalamannya selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang perawatan kulit, termasuk tips penggunaan skincare.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Nah itulah rekomendasi dokter kulit yang bisa kamu hubungi untuk berkonsultasi mengenai perawatan kulit.

Jika dokter sedang tidak aktif atau offline, kamu juga dapat membuat jadwal konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Yuk pakai Halodoc sekarang!

Referensi:
European Academy of Dermatology and Venereology. Diakses pada 2024. Topical applications of an emollient reduce circulating pro-inflammatory cytokine levels in chronically aged humans: a pilot clinical study.
Journal of Clinical Medicine Research. Diakses pada 2024. The role of moisturizers in addressing various kinds of dermatitis: A review.
Healthline. Diakses pada 2024. Why Your Skin Feels Dry, Even After Moisturizing — and How to Fix It.
Misumi Skincare. Diakses pada 2024. 9 Amazing Benefits of Moisturizing Your Face Daily. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Emollients.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan