Ini 7 Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 September 2022

“Jamur ganoderma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah kanker.”

Ini 7 Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan TubuhIni 7 Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Jamur ganoderma (Ganoderma lingzhi) atau dikenal juga dengan jamur reishi kerap dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Warnanya coklat kemerahan dan umumnya tumbuh pada kayu di daerah yang panas dan lembap.

Jamur ganoderma memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti triterpenoid, polisakarida, dan peptidoglikan. Ketiga molekul ini bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel, memperkuat imun dan meningkatkan kualitas hidup.

Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamur ganoderma sudah digunakan sebagai obat peningkat daya tahan tubuh sejak zaman dahulu. Bahkan seringkali digunakan sebagai stimulan daya tahan bagi pengidap kanker dan HIV. 

Hal ini berkat kandungan beta glukan, semacam glukosa kompleks, yang dapat merangsang pertumbuhan imun untuk menangkal penyakit.

  1. Menghilangkan stres dan sakit kepala

Tumbuhan yang satu ini memiliki sifat adaptogen yang dapat melawan stres pada tubuh. Eksperimen menunjukkan pada 132 orang yang memiliki sakit kepala dan iritabilitas, setelah mengonsumsi suplemen dengan bahan utama jamur ganoderma, mengaku rasa sakitnya berkurang dan kondisi tubuh menjadi jauh lebih baik.

  1. Melawan kanker

Jenis jamur ini juga dapat dikonsumsi sebagai anti kanker. Kandungan beta glukan pada jamur reishi dipercaya dapat membantu menghambat peredaran sel kanker.

Minyak yang dihasilkan dari jamur ini juga dipercaya mencegah pertumbuhan tumor. Selain itu, riset mengungkapkan jika jamur ini dapat menghilangkan mual setelah kemoterapi dan radioterapi untuk menghilangkan sel kanker.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Rutin mengonsumsi jamur ganoderma dipercaya dapat meningkatkan HDL dan mengurangi trigliserida yang sering dikenal sebagai kolesterol jahat.

Antioksidan yang terdapat pada jamur ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah dan menjaga sel pelapis pembuluh darah agar tidak rusak.

  1. Menjaga kesehatan otak

Mengonsumsi jamur ganoderma dipercaya baik untuk menjaga kesehatan otak. Studi menunjukkan bahwa jamur ganoderma dapat digunakan untuk berbagai permasalahan penurunan fungsi otak seperti alzheimer, serta dapat melindungi otak dari kejang-kejang. Studi lebih lanjut perlu dilakukan.

  1. Anti alergi

Beberapa studi menunjukkan bahwa jamur ganoderma memiliki kandungan antihistamin yang dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi para pengidap asma yang akut.

  1. Mengurangi kadar gula darah

Beberapa studi terkait khasiat jamur ini menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam jamur ganoderma berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

Ketahui Potensi Efek Sampingnya

Jamur ganoderma sebaiknya digunakan dalam kurun waktu 1 tahun saja. Lebih dari itu, pemakaian jamur ini diklaim memicu efek samping. Beberapa efek samping yang dapat kamu rasakan antara lain pusing, mulut kering, gatal, mual, ruam, dan sakit perut.

Jamur ini juga tidak boleh dikonsumsi sembarangan dan tidak semua orang bisa meminumnya. Sebab, tumbuhan tersebut berpotensi meningkatkan pendarahan. Sebaiknya, hindari jamur ganoderma jika kamu:

  • Akan menjalani operasi
  • Hamil dan menyusui
  • mengonsumsi obat pengencer darah

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Reishi Mushroom – Uses, side effects, and more.
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Benefits of Reishi Mushroom.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan