Ini 7 cara Ampuh Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Kencang Secara Alami

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Oktober 2023

“Penuaan kulit bisa terjadi secara alami, bahkan sejak usia muda akibat pola hidup yang keliru. Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tampil awet muda, contohnya rutin berolahraga hingga menggunakan skincare yang tepat untuk kulit.”

Ini 7 cara Ampuh Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Kencang Secara AlamiIni 7 cara Ampuh Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Kencang Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Penuaan dini adalah hal yang tidak bisa diubah. Seiring waktu, garis-garis halus dan keriput akan muncul di permukaan kulit wajah.  Di sini, kulit menjadi lebih tipis dan kering. 

Namun, kamu tak perlu khawatir akan hal ini. Sebab, ada beberapa cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami. Di antaranya dengan sunscreen dan berolahraga secara rutin.

Cara ampuh Merawat Wajah Agar Awet Muda

“Proses penuaan adalah proses alami yang akan dialami oleh setiap orang. Sedangkan proses penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang lebih cepat daripada seharusnya.” jelas dr. Angeline Dewi, Sp.KK dalam kanal Youtube Halodoc.

Ia juga menyebutkan beberapa tandanya, yaitu munculnya kerutan halus, keriput, dan bercak hitam di kulit pada usia relatif muda. Dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan, kamu dapat memperlambat efek penuaan tersebut pada kulit. 

Lantas, bagaimana sih cara merawat wajah agar awet muda dan kencang secara alami?

1. Berolahraga secara rutin

Studi berjudul Exercise attenuates the major hallmarks of aging yang terbit pada Rejuvenation Research menemukan, bahwa olahraga secara teratur memiliki efek anti penuaan pada kulit.

Jika kamu lakukan secara rutin, aktivitas ini dapat meningkatkan sirkulasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini pada gilirannya dapat membuat kulit tampak lebih muda.

2. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Menurut studi berjudul Anti-aging and sunscreens: paradigm shift in cosmetics yang terbit pada Advanced Pharmaceutical Bulletin, penggunaan sunscreen membantu mengurangi perkembangan penuaan kulit. 

Selain itu, perawatan kulit dengan antioksidan, seperti asam askorbat, polifenol, dan tokoferol membantu mengembangkan resistensi terhadap stres oksidatif. Oksidatif ini yang memicu proses penuaan kulit.

Kamu juga bisa menutupi diri dengan pakaian pelindung sinar matahari. Misalnya, baju lengan panjang, celana panjang, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam lensa pelindung UV.

Selain itu, kamu bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan produk skincare yang tepat. Simak di sini rekomendasi produknya: Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya 

3. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang

Mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan dini. Misalnya, brokoli, buah beri, dan anggur.

Selain itu, batasi juga asupan gula karena berpotensi merusak kolagen dan mempercepat proses glikasi. Ini adalah proses perekatan gula darah ke protein dan membentuk molekul berbahaya.

Molekul tersebut menyebabkan kerosakan kolagen, elastin, dan serat protein yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Dampaknya, akan muncul garis halus dan kerutan.

Kamu bisa mengetahui beberapa rekomendasi makanan untuk kulit sehat di sini: 8 Makanan Untuk Kulit Sehat Sepanjang Tahun

4. Bersihkan kulit dengan lembut

Kebiasaan menggosok wajah dengan kasar dan terburu-buru dapat mengiritasi kulit. Saat kulit teriritasi, masalah ini dapat mempercepat penuaan kulit. 

Jadi, usahakan untuk menggosok dengan lembut guna membantu menghilangkan polusi, riasan, dan zat lain tanpa mengiritasi kulit. Gunakan guna sabun yang cocok sesuai dengan jenis kulit.

5. Berhenti merokok

Rokok mengandung berbagai bahan kimia yang merusak kolagen dan elastin. Keduanya adalah dua protein penting yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

6. Batasi konsumsi alkohol

Alkohol bersifat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak air, sehingga memicu dehidrasi. Masalah ini menjadi salah satu faktor utama penuaan dini. 

Kulit yang kekurangan air dapat memicu dehidrasi. Jika kurang terhidrasi, kulit cenderung menjadi lebih kering, terlihat kusam, dan lebih rentan terhadap kerutan. 

7. Menggunakan skincare yang tepat

Hentikan penggunaan produk perawatan kulit yang terasa perih atau terbakar. Jika mengalami keluhan tersebut, itu berarti kulit mengalami iritasi. Lama-kelamaan kulit dapat terlihat lebih tua.

Tranexamic acid merupakan salah satu kandungan yang mampu memudarkan noda hitam. Mari Mengenal Tranexamic Acid untuk Wajah, Manfaat dan Efek Sampingnya berikut ini.

Penyebab Penuaan Dini pada Kulit

Mengonsumsi minuman alkohol berlebihan dan pola makan yang salah juga menjadi penyebab penuaan dini. Misalnya, makanan berminyak dan junk food. Selain itu, ada pula faktor lainnya yang perlu diwaspadai.

“Penyebab dari penuaan dini itu sendiri, pertama adalah paparan sinar ultraviolet. Kedua adalah faktor kelembapan. Ketiga adalah merokok.”, jelasdr. Angeline Dewi, Sp.KK.

Ia juga menambahkan kebiasaan kurang tidur, kurang minum air putih, dan kurang olahraga juga bisa memicu penuaan dini. Jadi, ubah kebiasaan tersebut sejak sekarang juga untuk mencegah penuaan dini.

Selain penuaan dini, wajah kusam jadi salah satu masalah yang umum dialami. Simak di sini cara mengatasinya: Ini 9 Cara Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Silakan diskusikan dengan dokter spesialis kulit di Halodoc terkait dengan gejala yang kamu alami dan cara tepat mengatasinya. 

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. 11 WAYS TO REDUCE PREMATURE SKIN AGING.
Youtube Halodoc. Diakses pada 2023. Tips Dokter Kulit Halodoc Eps. 1 – Langkah Tepat Mencegah Penuaan Dini.
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Benarkah Gula Menyebabkan Penuaan Dini?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan