Ini 5 Tips Diet Sehat saat Puasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2022

“Puasa bukan hanya momen baik untuk beribadah, tetapi juga kerap dijadikan sebagai cara diet alami. Menjaga porsi makan, penuhi asupan cairan, menghindari makan gorengan, dan mencukupi waktu tidur jadi beberapa cara diet sehat saat puasa.”

Ini 5 Tips Diet Sehat saat PuasaIni 5 Tips Diet Sehat saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Puasa di bulan Ramadan kerap dijadikan solusi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, kamu juga perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini, agar setelah berpuasa berat badan tidak melonjak naik dan tetap pada angka yang stabil. Nah, berikut beberapa tips diet sehat saat puasa.

1. Mengatur Porsi Makan saat Sahur dan Berbuka

Berpuasa memang membuat kamu tidak makan dan minum seharian. Namun, jika saat berbuka puasa kamu kalap mengonsumsi semua makanan, alih-alih turun, berat badan justru bisa saja naik. Baik sahur atau berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan sewajarnya.

Kamu juga perlu menghindari konsumsi makanan manis saat sahur dan berbuka agar kadar gula darah tidak meningkat secara tiba-tiba. Pasalnya, tubuh tidak menghasilkan banyak insulin saat berpuasa, sehingga gula yang berlebihan akan diubah menjadi lemak tubuh.

2. Jangan Konsumsi Banyak Gorengan

Diet sehat saat puasa selanjutnya dilakukan dengan tidak mengonsumsi banyak gorengan. Berbuka puasa rasanya memang kurang lengkap jika tidak mengonsumsi gorengan terlebih dulu. Namun, langsung menyantap makanan berminyak saat berbuka akan membuat perutmu jadi bermasalah.

Minyak jenuh dalam gorengan justru bisa menambah berat badan. Belum lagi bagi kamu yang mengidap maag atau asam lambung. Konsumsi makanan berminyak dapat memicu kenaikan asam lambung yang ditandai dengan bersendawa, mual dan muntah, serta sesak napas.

3. Penuhi Waktu Tidur

Memenuhi waktu tidur menjadi cara diet sehat saat puasa selanjutnya. Kurang tidur akan berdampak pada kacaunya sistem metabolisme, sehingga tubuh tidak mampu membakar cadangan lemak secara efektif. Kurang waktu tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan saat berbuka puasa.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa merencanakan untuk tidur lebih cepat di malam hari. Di samping itu, jangan menggunakan gadget sebelum tidur, atur pencahayaan, dan suhu dalam ruangan, serta hindari kafein sebelum tidur.  Selain itu, cobalah usahakan tidur siang di sela-sela aktivitas yang dilakukan.

4. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Tips diet sehat saat puasa selanjutnya dilakukan dengan memenuhi asupan cairan tubuh selama berpuasa. Caranya dengan membagi 2 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 3 gelas sebelum tidur. Penuhi asupan cairan tubuh minimal 2 liter setiap hari agar metabolisme dapat berjalan dengan lancar.

Namun, tidak disarankan untuk terlalu banyak minum dalam satu waktu. Misalnya saja mengonsumsi 1 liter air sekali minum. Alih-alih sehat, cara tersebut justru dapat memicu keracunan air akibat encernya elektrolit dalam tubuh. Jadi, sebaiknya dibagi dalam beberapa waktu.

5. Berolahraga dalam Intensitas Sedang

Tips diet sehat saat puasa yang terakhir adalah tetap berolahraga. Meski tidak makan dan minum seharian, berpuasa menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. Untuk mencegah haus dan lapar berlebihan, kamu bisa melakukannya beberapa menit sebelum berbuka.

Lakukan olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang, seperti yoga, bersepeda statis, dan lain-lain. Hindari olahraga angkat beban karena tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga. Kamu pun berisiko kehilangan banyak cairan tubuh dan lemas akibat dehidrasi.
Itulah beberapa tips diet sehat saat puasa. Selain beberapa langkah tersebut, kamu juga dapat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa dengan mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan tubuh. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:

Today. Diakses pada 2022. 6 tips to keep an intermittent fasting diet on track.

National Health Service UK. Diakses pada 2022. 8 tips for healthy eating.

VOI. Diakses pada 2022. Here’s How To Lose Weight While Fasting Ramadan.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan