Ini 5 Rekomendasi Vitamin Rambut Rontok untuk Mencegah Kebotakan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2024

“Kerontokan rambut salah satunya bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Karena itu, kamu bisa mencoba menggunakan vitamin rambut rontok seperti Halowell D3 1000 IU, Zinc Plus, Halowell (Vitamin C), Natur-E White, dan ERHA Follicore Herbal yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Vitamin Rambut Rontok untuk Mencegah KebotakanIni 5 Rekomendasi Vitamin Rambut Rontok untuk Mencegah Kebotakan

DAFTAR ISI

Rekomendasi Vitamin Rambut Rontok untuk Mencegah Kebotakan


Halodoc,  Jakarta – Rambut rontok merupakan kondisi ketika helaian rambut terlepas secara berlebihan dari kulit kepala. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari keturunan, perubahan hormonal, efek samping obat-obatan, penyakit tertentu, hingga kecemasan atau stres. 

Tapi tak hanya itu, kerontokan rambut juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Karena itu, kamu harus memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, bisa dari sumber makanan atau suplemen tambahan. 

Nah, kira-kira apa saja vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mencegah kerontokan rambut dan kebotakan? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Rekomendasi Vitamin Rambut Rontok

Berikut ini beberapa rekomendasi vitamin rambut rontok untuk mencegah kebotakan:

1. Halowell D3 1000 IU 10 Tablet

Vitamin D merupakan vitamin larut lemak, yang memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan dan pertumbuhan rambut. 

Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, baik pria maupun wanita dewasa berusia 19-70 tahun membutuhkan setidaknya 600 IU vitamin D setiap hari. Sedangkan untuk mereka yang berusia lebih dari 70 tahun, membutuhkan sekitar 800 IU vitamin D setiap harinya. 

Vitamin ini akan menstimulasi pertumbuhan folikel rambut baru, serta mempertahankan kesehatan folikel rambut yang lama. Alhasil, pertumbuhan akar rambut bisa semakin maksimal dan kamu terhindar dari risiko kerontokan rambut atau kebotakan. 

Vitamin rambut rontok yang bisa kamu konsumsi pertama yakni Prove D3 1000 IU 10 Tablet, yang di dalamnya mengandung vitamin D3 1000 IU. 

Produk ini bermanfaat untuk menaikkan kadar vitamin D, terutama jika tubuh kamu mengalami kekurangan vitamin D. Sebab, kekurangan vitamin D sangat erat kaitannya dengan kerontokan rambut. 

Suplemen ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, ibu menyusui, ibu hamil bahkan lansia, dengan dosis 1 tablet kunyah per hari. 

No registrasi BPOM: SD211597181

Kisaran harga: Rp24.900 per strip.

Dapatkan Halowell D3 1000 IU 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Zinc Plus 10 Kapsul

Zinc merupakan salah satu mineral penting yang banyak digunakan dalam produk perawatan rambut. Mineral ini memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan rambut, serta menghasilkan protein untuk mendukung pertumbuhan sel-sel rambut. 

Saat tubuh kekurangan zinc, maka rambut menjadi mudah rapuh dan rontok. Dengan kata lain, salah satu cara mengatasi kerontokan rambut yakni kamu perlu memenuhi asupan zinc harian tubuh. 

Selain melalui makanan, kamu bisa juga minum suplemen zinc yakni Zinc Plus 10 Kapsul. Produk ini mengandung vitamin zinc picolinate, zinc gluconate, cuprum gluconate, dan calcium ascorbat. 

Tak hanya bantu mengatasi kerontokan dengan memperkuat sel rambut, vitamin rambut rontok ini juga bisa bantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membantu sintesis DNA. Kamu cukup mengonsumsinya 1 kapsul per hari sesudah makan atau sesuai anjuran dokter.

No registrasi BPOM: SD111341361

Kisaran harga: RP46.700 per strip. 

Dapatkan Zinc Plus 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Halowell C (Vitamin C) 500 mg 30 Tablet

Vitamin C memiliki peran penting dalam menghasilkan sebum di kulit kepala. Sebum dibutuhkan dalam jumlah yang cukup, agar kulit kulit kepala tetap sehat dan kekuatan akar rambut terjaga. 

Selain itu, vitamin C juga bantu penyerapan zat besi dan produksi kolagen. Hal ini sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan rambut yang kuat. 

Tak perlu repot, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi Halowell C (Vitamin C) 500 mg 30 Tablet. Ini merupakan produk yang mengandung vitamin C 500 mg, dalam bentuk tablet. 

Kamu bisa mengonsumsi vitamin rambut rontok sebanyak 1-2 kali sehari, sebanyak 1 kaplet setelah makan. Sebelum mengonsumsinya, kamu bisa juga berkonsultasi ke dokter untuk menentukan dosis obat yang tepat. 

No registrasi BPOM: SD202554171

Kisaran harga: Rp26.900– Rp39.400 per botol.

Dapatkan Halowell C (Vitamin C) 500 mg 30 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Natur-E White 32 Kapsul

Selain vitamin D dan C, kamu juga perlu memenuhi asupan vitamin E untuk mengatasi kerontokan rambut. 

Vitamin E berperan penting dalam mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel rambut yang rusak. Folikel yang sehat akan memperbaiki struktur jaringan rambut, sehingga rambut jadi lebih sehat dan terhindar dari kerontokan. 

Salah satu rekomendasi vitamin E yang bisa dikonsumsi dengan mudah yaitu Natur-E White 32 kapsul. Selain vitamin E, produk ini juga mengandung olive fruit extract dan L-glutathione. 

Kamu bisa mengonsumsi vitamin rambut rontok ini sebanyak 2 kapsul lunak sehari, setelah makan. Namun, untuk menentukan dosis yang tepat, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. 

No registrasi BPOM: SD191355091

Kisaran harga: Rp117.700 per boks.

Dapatkan Natur-E White 32 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

5. ERHA Follicore Herbal 30 Kapsul

ERHA Follicore Herbal 30 Kapsul merupakan produk herbal yang bisa bantu mengurangi kerontokan rambut. Di dalamnya mengandung pygeum africanum extract, saw palmetto berry, stinging nettle extract, dan pumpkin seed extract. 

Ini merupakan produk suplemen herbal, yang bisa bantu mengurangi kerontokan rambut. Kamu bisa mengonsumsi suplemen ini 2 kapsul per hari, atau sesuai petunjuk dokter untuk mengurangi rambut rontok. 

Pastikan kamu mengonsumsi suplemen ini setelah makan, agar kandungannya bisa bekerja efektif di dalam tubuh untuk menyehatkan rambut.

No registrasi BPOM: TR142383281

Kisaran harga: Rp239.800 – Rp262.200 per boks.

Dapatkan ERHA Follicore Herbal 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Apabila kerontokan rambut tidak berkurang setelah kamu menggunakan produk di atas, kamu bisa lakukan konsultasi ke dokter segera melalui Halodoc. Karena kerontokan rambut yang parah, terkadang bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu. 

Itulah beberapa pilihan produk vitamin rambut rontok yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya 100% asli dan dikirim dari apotek tepercaya. Yuk, pesan obatnya sekarang juga melalui aplikasi Halodoc!

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2024. Vitamins, Minerals, and Hair Loss: Is There a Connection?
Health. Diakses pada 2024. Which Vitamin Deficiency Causes Hair Loss? 
Healthline. Diakses pada 2024. The Best 5 Vitamins for Hair Growth (+3 Others Nutrients). 
Health. Diakses pada 2024. Vitamins dan Minerals That Support Hair Growth and Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan