Ini 5 Rekomendasi Serum Retinol di Apotek untuk Kulit Awet Muda

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Agustus 2024

“Serum retinol terbilang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, tidak semua serum retinol bisa dibeli di apotek, ada beberapa produk yang memerlukan resep dokter untuk bisa menggunakannya. Berikut rekomendasi produk serum retinol terbaik.✔️Artikel ini telah direview dokter.”

Ini 5 Rekomendasi Serum Retinol di Apotek untuk Kulit Awet MudaIni 5 Rekomendasi Serum Retinol di Apotek untuk Kulit Awet Muda

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Produk Retinol di Apotik
  1. Tips Memilih Retinol di Apotik yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Halodoc, Jakarta – Serum retinol adalah produk perawatan kulit yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Penggunaannya dapat memaksimalkan pergantian sel kulit sehingga meningkatkan produksi sel-sel baru. 

Meski begitu, pemakaiannya tidak boleh asal. Sebab, serum retinol untuk pemula memiliki kandungan yang tidak sama dengan produk untuk kulit yang sudah terbiasa menggunakan bahan tersebut.

Rekomendasi Produk Retinol di Apotik

Tidak semua retinol bisa kamu pakai atau beli dengan bebas di apotik. Jenis tertentu seperti isotretinoin, tazarotene, dan tretinoin harus menggunakan resep dokter karena memiliki efek samping kuat pada kulit.

Namun, jika kamu atau anggota keluargamu memerlukan rekomendasi serum ini, termasuk untuk pemula yang tersedia pada apotek, berikut beberapa pilihannya:

1. La Roche Posay Retinol B3 Serum 30 ml

La Roche Posay Retinol B3 Serum juga menjadi pilihan serum yang bagus untuk membuat kulit terlihat awet muda. Bentuknya cair, lembut, dan tidak lengket.

Serum ini membantu pembaharuan kulit dengan gold standard molecule retinol yang mudah menyerap. Tak cuma itu saja, produk ini juga diperkaya Vitamin B3 untuk menenangkan kulit.

Kandungan aktif pada produk kecantikan ini bekerja ganda menyamarkan tanda-tanda penuaan dan cocok untuk pemakaian kulit sensitif.

Saat ini kamu bisa mendapatkan  La Roche Posay Retinol B3 Serum 30 ml dengan lebih murah! Caranya mudah, yaitu:

  • Masukkan kode voucher LRP60K untuk mendapatkan potongan harga 60rb.
  • Gunakan kode voucher LRPDELIV untuk discount ongkir 12rb. 
  • Berlaku sampai 31 Agustus 2024.

Jangan sampai kehabisan! Sebab, produk La Roche Posay Retinol B3 Serum 30 ml ini exclusive, karena hanya bisa kamu beli di Halodoc!

Rentang harga: Rp780.000.

Dapatkan La Roche Posay Retinol B3 Serum 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Votre Peau Retinol Serum Concentrate 30 ml

Serum retinol Votre

Votre Peau Retinol Serum Concentrate merupakan serum pertama di Indonesia yang mengandung 4 persen Retinol CC (Cyclosystem Complex). Senyawa ini 4 kali lebih efektif tetapi tetap nyaman dan minim iritasi. 

Bermanfaat untuk mengurangi penumpukan komedo, menstimulasi regenerasi sel kulit dan produksi kolagen untuk kulit yang tampak muda, cerah dan lebih kenyal.

Rentang harga: Rp215.000.

Dapatkan Votre Peau Retinol Serum Concentrate 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Olay Regenerist Retinol 24 Night Moisturizer 50 g

Merupakan produk antipenuaan yang meningkatkan regenerasi kulit dan bisa kamu pakai setiap hari. Teksturnya ringan dan mudah meresap pada kulit dengan cepat. Namun, sebaiknya gunakan produk pada malam hari untuk mendapatkan kulit lembap maksimal.

Rentang harga: Rp242.900 – Rp332.500.

Dapatkan Olay Regenerist Retinol 24 Night Moisturiser 50 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Somethinc Level 1% Retinol 20 ml

Produk dari Somethinc ini turut merupakan pilihan serum untuk pemula yang bisa kamu pilih. Serum ini menerapkan teknologi enkapsulasi sehingga membuatnya lebih stabil ketimbang retinol biasa. 

Enkapsulasi sendiri merupakan proses yang bisa mempertahankan sifat fisik, kimia, dan biologis suatu senyawa. Tak hanya itu, produk ini juga mampu mengencang kulit, menjaga kekenyalan, dan meredakan iritasi dengan cepat.

Rentang harga: Rp132.900 – Rp185.200.

Dapatkan Somethinc Level 1% Retinol 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Olay Regenerist Retinol 24 Night Serum 30 ml

Serum retinol dari Olay

Serum dari Olay ini mengombinasikan kandungan retinol complex dan niacinamide yang bekerja efektif untuk mengurangi kerutan, garis halus, bintik hitam, dan tanda penuaan lainnya. 

Selain itu, produk perawatan wajah ini juga membuat wajah terlihat lebih lembut, cerah, dan membantu melembapkan kulit tanpa memicu munculnya iritasi. Kamu bisa menggunakan serum ini setiap malam hari untuk hasil yang lebih optimal.

Rentang harga: Rp226.500 – Rp302.000

Dapatkan Olay Regenerist Retinol 24 Night Serum 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Tips Memilih Retinol di Apotik yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Setelah mengetahui produk serumnya, termasuk untuk pemula yang bisa kamu beli ke apotek, pertimbangkan juga hal-hal ini ya:

  • Penting untuk memahami jenis kulit sebelum memilih produk retinol. Apakah kamu memiliki kulit kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi? Jenis kulit akan mempengaruhi seberapa kuat dosis retinol yang kamu perlukan dan seberapa sering menggunakannya.
  • Jika baru pertama kali menggunakannya, sebaiknya gunakan serum retinol untuk pemula, biasanya hanya mengandung 0,25 persen atau 0,5 persen. Ini akan membantu kulit beradaptasi dengan bahan aktif tersebut tanpa menyebabkan iritasi berlebihan. Baca artikel Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Retinol untuk Pemula sebagai panduan.
  • Jika memiliki kulit kering, carilah produk yang mengandung bahan pelembap seperti hyaluronic acid. Kalau berminyak, carilah produk yang ringan dan tidak berminyak. Tahukah kamu, retinol juga baik untuk kulit berjerawat? Baca lebih lanjut pada artikel Ketahui 7 Panduan Perawatan Tepat untuk Kulit Berjerawat.
  • Frekuensi penggunaan retinol dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit. Kulit sensitif mungkin hanya bisa menggunakan beberapa kali seminggu, sedangkan kulit yang lebih tahan mungkin dapat menggunakannya setiap hari.
  • Jangan lupa untuk mengamati reaksi kulit. Bila kulit kemerahan, iritasi, atau kulit terkelupas, hentikan penggunaan sejenak dan beri waktu kulit untuk pulih.

Memilih produk retinol di apotik yang sesuai dengan jenis kulit penting untuk menghindari iritasi dan memaksimalkan manfaatnya. Jika ragu, kamu bisa konsultasikan dengan dokter spesialis kulit di Halodoc.✔️

Referensi:
Exponent Beauty. Diakses pada 2023. How to Choose a Retinol Cream or Serum.
Modern Dermatology. Diakses pada 2023. How to Pick the Best Retinol Cream for You, According to a Dermatologist.
Halodoc. Diakses pada 2023. Mengenal Lebih Dekat Serum Retinol dan Manfaatnya Bagi Kulit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan