Ini 5 Rekomendasi Obat Tidur yang Aman dan Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Januari 2024

“Insomnia bisa menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi saat beraktivitas di pagi hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi Antangin Good Night, Valdres, Lelap, Snoozzz dan Sido Muncul Prostresa yang bisa didapatkan di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Tidur yang Aman dan Ampuh untuk Mengatasi InsomniaIni 5 Rekomendasi Obat Tidur yang Aman dan Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Tidur yang Aman di Apotek


Halodoc, Jakarta – Kesulitan tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang umumnya ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur, tetap tidur, atau terbangun terlalu awal dan sulit tidur kembali. 

Insomnia bisa terjadi karena stres, kecemasan, depresi, gangguan pola tidur, atau kondisi medis tertentu. Masalah yang dibiarkan begitu saja dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental pengidapnya.

Nah, ada beberapa rekomendasi obat tidur yang aman dan ampuh untuk mengatasi insomnia. Berikut ulasannya!

Pilihan Obat Tidur yang Aman di Apotek

Insomnia dikategorikan dalam 2 jenis, yaitu akut (jangka pendek) dan kronis (jangka panjang). Masalah ini bisa terjadi dengan sendirinya atau diikuti dengan kondisi atau gangguan medis yang menjadi penyebabnya.

Beberapa pilihan obat tidur yang aman bisa kamu coba antara lain:

1. Antangin Good Night 3 Strip (4 Tablet/Strip)

Antangin Good Night 3 Strip (4 Tablet/Strip) adalah tablet herbal yang mampu membantu meredakan gejala masuk angin, dan menghangatkan badan serta membantu meringankan gangguan sulit tidur.

Obat tidur yang aman ini bisa dikonsumsi sebanyak 2-4 tablet per hari sebelum tidur. Perhatikan juga cara penyimpanannya. Simpan di tempat kering dan sejuk pada suhu 30 derajat Celsius serta hindari dari paparan sinar matahari langsung.

Rentang harga: Rp12.700 – Rp16.400 per 3 strip.

Dapatkan Antangin Good Night 3 Strip (4 Tablet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

Silakan klik artikel ini untuk rekomendasi kandungan obat tidur ampuh yang efektif mengatasi insomnia: Jenis Obat Tidur yang Aman untuk Menangani Insomnia.

2. Valdres 25 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat tidur yang aman lainnya ada Valdres 25 mg yang berisi 10 tablet per stripnya. Di dalamnya mengandung 25 mg difenhidramin yang dapat digunakan sebagai terapi jangka pendek insomnia, anti alergi, dan mengatasi mabuk. 

Valdres bisa dikosnumsi oleh orang dewasa 1 tablet 3 kali sehari dan anak-anak dengan dosis yang langsung direkomendasikan oleh dokter. Obat bisa dikonsumsi setelah makan dan tidak rekomendasikan untuk bumil serta busui.

Rentang harga: Rp3.071 per tablet.

Dapatkan Valdres 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Lelap 4 Kaplet

Lelap adalah obat tidur yang aman untuk mengatasi insomnia. Obat ini berisi 4 kaplet dalam satu kemasan, dan mengandung bahan-bahan alami yang efektif membantu meningkatkan kualitas tidur para pengidap insomnia.

Beberapa bahan alami yang terdapat di dalamnya, yaitu valerianae radix yang bekerja dengan membantu menghilangkan gejala ringan stres dan memberikan efek sedatif, 

Selain itu ada juga ekstrak biji pala (Myristicae semen) yang mengandung minyak atsiri dan asam oleanolat sebagai terapi gangguan tidur, stress, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan stamina.

Dosis penggunaannya sebanyak 1-2 kaplet per hari. Obat bisa kamu konsumsi 30-60 menit sebelum tidur.

Rentang harga: Rp16.900 per strip.

Dapatkan Lelap 4 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Snoozzz 4 Kapsul

Pilihan obat tidur aman lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Snoozzz 4 Kapsul. Obat ini termasuk obat tradisional dari bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi berbagai gangguan tidur

Dengan kandungan bahan herbal alami dari akar valerian, obat ini berkhasiat menenangkan tubuh untuk beristirahat dengan lebih baik. Dengan demikian, kamu dapat tidur dengan lebih nyenyak dan bangun dengan tubuh segar.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini 30 menit sebelum tidur. Dosis penggunaannya adalah 1-2 kapsul sesuai dengan kebutuhan. 

Rentang harga: Rp17.400 per strip.

Dapatkan Snoozzz 4 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc

5. Sido Muncul Prostresa 30 Kapsul

Salah satu pilihan obat tidur lainnya untuk atasi insomnia adalah Sido Muncul Herbal Prostresa. Suplemen herbal ini terbuat dari ekstrak valerian yang terbukti efektif mengurangi susah tidur, kegelisahan, dan stres.

Dosis penggunaannya adalah 1 kapsul sebanyak 1-2 kali sehari. Agar hasil lebih efektif, kamu dapat mengonsumsi obat ini setengah jam sebelum tidur.

Kamu sebaiknya tidak mengoperasikan mesin atau mengemudi setelah mengosumsinya, karena obat ini dapat menimbulkan rasa kantuk. Selain itu, hindari pula mengonsumsi obat ini dengan alkohol dan zat sedatif lainnya.

Rentang harga: Rp68.900 – Rp75.300 per botol.

Dapatkan Sido Muncul Prostresa 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat tidur yang aman dan ampuh untuk membantu mengatasi insomnia. Diskusikan dengan dokter spesialis jika memiliki keluhan lain yang ingin ditanyakan langsung kepada dokter.

Kamu bisa mendapatkan obat tidur tersebut dengan mudah dari Toko Kesehatan Halodoc. Tidak perlu repot, obat bisa kamu pesan secara online dari mana saja dan kapan saja.

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang akan kamu konsumsi.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Insomnia.
WebMD. Diakses pada 2024. Insomnia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan