Ini 5 Rekomendasi Obat Saraf Mudah Ditemukan di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Juli 2024

“Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi nyeri saraf. Di antaranya adalah Provelyn 50 mg, Neurobion Forte, Neurosanbe, Forneuro, dan Alpentin yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Saraf Mudah Ditemukan di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Saraf Mudah Ditemukan di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Syaraf Ampuh yang Mudah Dicari


Halodoc, Jakarta – Ada dua jenis nyeri saraf, nosiseptif dan neuropatik. Nosiseptif terjadi karena adanya jaringan di luar sistem saraf yang rusak (otot dan persendian). Sementara nyeri jenis neuropatik datang ketika saraf mengirimkan sinyal nyeri dari tubuh ke otak. 

Nyeri nosiseptif inilah yang bisa jadi pemicu nyeri sendi dan otot. Sedangkan nyeri neuropatik membuat pengidapnya merasakan sensasi terbakar, perih, dan tertusuk-tusuk yang menyebar ke area tubuh yang berbeda. 

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Contohnya seperti menjalankan terapi, mengubah pola hidup, atau minum obat-obatan yang direkomendasikan di bawah ini. 

Pilihan Obat Syaraf Ampuh yang Mudah Dicari

Nyeri saraf bisa menyerang tiba-tiba lalu hilang dengan sendirinya. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyediakan stok obat saraf di rumah atau di tas. Berikut ulasan beberapa obat yang bisa ditemukan di apotek:

1. Provelyn 50 mg 14 Kapsul

Obat yang satu ini berguna untuk mengobati nyeri neuropati. Kandungan Pregabalin di dalamnya menurunkan pelepasan neurotransmitter (zat pembawa sinyal antara neuron), sehingga nyeri atau kejang bisa membaik. 

Provelyn digunakan untuk dewasa yang pengidap neuropati,  nyeri fibromyalgia (kondisi medis yang ditandai dengan rasa nyeri di sekujur tubuh), terapi tambahan pada kejang parsial, serta untuk mengatasi kecemasan. 

Penting untuk diingat, obat ini hanya bisa dibeli menggunakan resep dokter karena termasuk dalam golongan obat keras. 

Kisaran harga: –

Dapatkan Provelyn 50 mg 14 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc dengan Resep Dokter. 

2. Alpentin 100 mg 10 Kapsul

Rekomendasi obat saraf yang terakhir adalah Alpentin. Kejang dan nyeri bisa diatasi obat ini karena efek analgesik dan antiepileptik di dalamnya. Kandungan gabapentin pada obat ini bertugas sebagai terapi tambahan antikonvulsan, serta mengobati kejang sederhana, dan kejang parsial kompleks, terutama kejang umum sekunder tonik-klonik. 

Obat ini mungkin akan memberikan efek samping seperti rasa kantuk, kelelahan, dan pusing. Penting untuk diingat, alpentin juga tergolong obat keras yang harus menyertai resep dokter saat dibeli. 

Kisaran harga: –

Dapatkan Alpentin 100 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc dengan Resep Dokter. 

3. Neurobion Forte 10 Tablet

Dengan kandungan vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 di dalamnya, Neurobion Forte bisa jadi solusi yang baik untuk menjaga kesehatan fungsi saraf. 

Vitamin B1 bekerja dengan memelihara metabolisme karbohidrat, vitamin B6 menjaga metabolisme protein dan asam amino, dan vitamin B12 bertugas membantu jaringan saraf agar tetap utuh. Dengan mengkonsumsi Neurobion Forte  kamu bisa mencegah penyakit kekurangan vitamin B1, B6, dan B12 seperti neuritis perifer dan neuralgia. 

Untuk penggunaannya, obat ini sebaiknya dikonsumsi oleh orang dewasa sebanyak satu tablet per hari pada saat makan atau sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp50.200 per strip.

Dapatkan Neurobion Forte 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Rusaknya saraf bisa menyebabkan beberapa penyakit. Baca selengkapnya di sini: “5 Penyakit Akibat Kerusakan Saraf

4. Neurosanbe 5000 10 Tablet

Rekomendasi selanjutnya adalah Neurosanbe. Obat ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin B6 dan vitamin B12 yang penting untuk pertumbuhan sel dan pembentukan darah serta protein. Selain itu, Neurosanbe berguna untuk mencegah kekurangan vitamin B1 yang bertugas untuk memecah karbohidrat dari makanan menjadi gizi yang diperlukan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi obat ini sebanyak satu tablet per hari. Sebaiknya Neurosanbe diminum saat makan sehingga bisa mengurangi rasa tak nyaman di lambung. 

Kisaran harga: Rp42.000 per strip. 

Dapatkan Neurosanbe 5000 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Forneuro 6 Kapsul

Obat saraf yang satu ini berjenis multivitamin 3 in 1. Dengan gabungan dari vitamin B1, B6, B12, E dan asam folat, Forneuro bisa meredakan gejala kram, kaku, kebas, dan pegal otot. 

Tak hanya itu, masalah kekurangan vitamin B1, B6, B12, E, asam folat, serta anemia megaloblastik juga bisa diatasi dengan suplemen ini. Untuk aturan konsumsinya, Feuneuro bisa diminum satu kali sehari sebanyak satu kapsul setelah makan. 

Kisaran harga: Rp51.400 per strip. 

Dapatkan Forneuro 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat saraf ampuh yang bisa dicari di apotik. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Jika gejala tak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter saraf terdekat di Halodoc, tersedia 24 jam dan bisa dari mana saja!

Referensi: 
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2024. Drugs that relieve nerve pain. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan