Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ngilu yang Ampuh

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Oktober 2024

“Ada beberapa obat sakit gigi ngilu yang dapat membantu untuk meredakan gejala dengan cepat. Contohnya Cataflam, Fasidol Forte, Dexketoprofen, Asam Mefenamat, dan Sumagesic yang bisa didapatkan dengan mudah di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ngilu yang AmpuhIni 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ngilu yang Ampuh

DAFTAR ISI

Berbagai Pilihan Obat Sakit Gigi Ngilu


Halodoc, Jakarta – Rasa ngilu di gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari gangguan pada gusi, gigi sensitif, gigi retak, hingga gigi berlubang. Bila tidak diatasi dengan tepat dan cepat, masalah gigi ngilu bisa semakin parah bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Nah, kabar baiknya, masalah gigi ngilu bisa diatasi dengan mengonsumsi sejumlah obat. Mau tahu apa saja rekomendasi obat sakit gigi ngilu yang ampuh? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Berbagai Pilihan Obat Sakit Gigi Ngilu

Gigi ngilu kerap muncul secara tiba-tiba, terutama saat kamu sedang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Rasa ngilu yang muncul, biasanya memicu rasa tidak nyaman, sehingga selera makan pun berkurang. 

Jika kamu mengalami gigi ngilu, berikut ini berbagai pilihan obat yang bisa digunakan untuk mengatasinya: 

1. Cataflam 25 mg 10 Tablet

Rekomendasi pertama obat sakit gigi ngilu yaitu Cataflam Tablet. Obat ini mengandung kalium diklofenak yang termasuk ke dalam golongan obat anti inflamasi non steroid (OAINS).

Kalium diklofenak atau potassium diclofenac akan bekerja untuk mengatasi peradangan dan meredakan rasa  nyeri pada gigi. 

Dosis umum penggunaan Cataflam 50 mg: 

  • Dewasa dan anak di atas usia 14 tahun: 25 mg atau 50 mg, 2-3 kali per hari. 

Cataflam bisa diminum sesudah makan. Namun penggunaan obat harus dengan resep dokter, karena Cataflam masuk dalam golongan obat keras atau berlabel merah. 

Selain itu, hati-hati terhadap efek samping obat berupa sakit kepala, pusing, vertigo, mual, muntah, hingga diare.

No registrasi BPOM: DKL9930408316B1

Rentang harga: Rp43.900 per strip.

Dapatkan Cataflam 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet

Berikutnya ada Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet untuk mengatasi gigi ngilu. Obat ini mengandung paracetamol 650 mg, yang akan bekerja mengurangi nyeri dan menurunkan suhu tubuh. 

Tak hanya mengatasi ngilu pada gigi, obat ini juga bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit kepala, demam, serta nyeri yang tergolong ringan. 

Dosis umum penggunaan Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet: 

  • Dewasa: 1-2 kaplet, 3-4 kali per hari. Penggunaan maksimum 8 kaplet per hari. 
  • Anak usia 7-12 tahun: 0.5 – 1 kaplet per hari. Penggunaan maksimum 4 kaplet per hari. 

Obat sakit gigi ngilu bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Hindari menggunakan obat Fasidol Forte jika kamu mengidap penyakit ginjal, serta hipersensitif terhadap kandungan obat tertentu. 

No registrasi BPOM: DBL0609204704B1

Kisaran harga: Rp6.800 per strip. 

Dapatkan Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Dexketoprofen 25 mg 10 Tablet

Dexketoprofen 25 mg 10 Tablet juga bisa jadi pilihan obat sakit gigi ngilu selanjutnya. Obat antiinflamasi non steroid (OAINS) ini memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, dan antipiretik. 

Obat ini cukup banyak direkomendasikan untuk mengatasi sakit gigi, gigi ngilu,  nyeri pasca operasi, dismenore, hingga nyeri muskuloskeletal akut. 

Berikut dosis umum penggunaan Dexketoprofen 25 mg 10 Tablet: 

  • Digunakan 12.5 mg tiap 4-6 jam atau 25 mg tiap 8 jam. Dosis maksimal per hari 75 mg. 

Dexketoprofen 25 mg 10 Tablet merupakan obat golongan merah atau obat keras. Pembelian dan penggunaan obat ini harus dengan resep dokter atau di bawah pengawasan medis. 

Selain itu, hati-hati terhadap efek samping obat berupa mual, muntah, nyeri perut, diare, mulut kering, hingga insomnia. 

No registrasi BPOM: GKL1740500717A1 (No registrasi bisa berbeda, tergantung dari ketersediaan stok di apotek)

Kisaran harga: Rp40.800 per strip.

Dapatkan Dexketoprofen 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Asam Mefenamat 500 mg 3 Strip (10 Kaplet/Strip) – Hemat Borongan

Asam Mefenamat merupakan kapsul antiinflamasi yang berguna untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Obat ini dapat mengobati kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid primer, dan nyeri otot.

Dengan kandungan asam mefenamat 500 mg, kapsul ini juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri yang diakibatkan dari pascaoperasi.

Penggunaan obat sakit gigi ngilu ini harus disesuaikan dengan petunjuk dokter, karena merupakan golongan obat keras. Berikut ini dosis umum penggunaan Asam Mefenamat 500 mg: 

  • Dewasa dan anak di atas 14 tahun: 3 kali sehari sebanyak 500 mg.
  • Lansia: dimulai dengan dosis paling rendah dengan durasi sesingkat mungkin.

No registrasi BPOM: GKL9519915009A1

Rentang harga: Rp7.500 – Rp17.400 per 3 strip.

Dapatkan Asam Mefenamat 500 mg 3 Strip (10 Kaplet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Sumagesic 600 mg 4 Tablet

Terakhir ada Sumagesic 600 mg 4 Tablet. Obat sakit gigi ini memiliki kandungan antinyeri dari salah satu kandungannya, yaitu paracetamol

Dalam satu tablet obat mengandung paracetamol 600 mg yang akan bekerja dengan cara mengurangi aktivitas prostaglandin di otak yang mengatur rasa sakit. Obat ini juga memiliki efek antipiretik yang dapat membantu menurunkan demam.

Dosis umum penggunaan Sumagesic 600 mg: 

  • Dewasa: 1 tablet, diminum 3-4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter. Dapat diminum sebelum atau setelah makan.

Obat tidak direkomendasikan bagi orang yang alergi terhadap kandungan paracetamol, serta pengidap gangguan fungsi hati. Tentu akan lebih bijak jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, sebelum menggunakan obat ini. 

No registrasi BPOM: DBL7814710810A1

Rentang harga: Rp3.000 per strip

Dapatkan Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain itu, kamu bisa juga mendapatkan obat ini dengan lebih murah dan hemat melalui link berikut ini: Sumagesic 600 mg 5 Strip (4 Tablet/Strip) – Hemat Borongan

Obat-obatan di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc. Selain itu, bila sakit gigi tak kunjung membaik, kamu juga bisa segera berkonsultasi ke dokter di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc, sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Toothaches: Causes, Treatments, and Prevention.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Toothache: First aid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan