Ini 5 Rekomendasi Obat Rambut Rontok untuk Atasi Kebotakan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Agustus 2024

“Rambut rontok yang terjadi terus-menerus bisa menyebabkan kebotakan dini. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan obat rambut rontok seperti Regrou Forte 5% Solution, Regrou Hair Restorer, Sanbe-Hair, Eminox 2%, hingga Eminox 5%.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Rambut Rontok untuk Atasi KebotakanIni 5 Rekomendasi Obat Rambut Rontok untuk Atasi Kebotakan

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Kehilangan beberapa helai rambut dari kulit kepala setiap hari adalah hal yang normal, terutama seiring bertambahnya usia.

Namun, jika rambutmu mulai menipis atau rontok lebih cepat dari biasanya, itu bisa menjadi tanda kebotakan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau penuaan. Dalam beberapa kasus, kebotakan juga bisa terjadi karena penyakit tertentu atau efek samping dari obat-obatan.

Jangan khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, termasuk penggunaan obat rambut rontok yang efektif. Simak rekomendasi di bawah ini untuk solusi yang tepat!

Berbagai Pilihan Obat Rambut Rontok 

Berikut ini rekomendasi beberapa obat rambut rontok parah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kebotakan:

1. Regrou Forte 5% Solution 30 ml

Pilihan pertama untuk mengatasi rambut rontok adalah Regrou Forte 5% Solution 30 ml.

Obat ini mengandung minoxidil yang efektif dalam merawat alopecia androgenik atau kerontokan rambut. Minoxidil bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan merangsang folikel rambut.

Untuk menggunakan obat ini, cukup oleskan 1 mL pada kulit kepala dua kali sehari. Karena Regrou Forte termasuk dalam kategori obat keras, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai penggunaannya.

No. Registrasi BPOM: DKL0028602241B1

Rentang harga: Rp153.000 per botol.

Dapatkan Regrou Forte 5% Solution 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Regrou Hair Restorer 30 ml

Selanjutnya, kamu bisa mencoba Regrou Hair Restorer 30 ml untuk mengatasi rambut rontok parah. Obat rambut rontok ini mengandung minoxidil yang bermanfaat khusus perawatan alopecia androgenik atau kerontokan rambut.

Untuk penggunaannya, teteskan atau semprotkan 1 ml pada area yang ingin ditumbuhi rambut, dua kali sehari. Jangan melebihi 2 ml per hari, kecuali atas anjuran dokter.

Setelah penggunaan, pastikan untuk mencuci tangan. Dalam penggunaan rutin, biasanya pertumbuhan rambut baru akan terlihat setelah 4 bulan atau lebih.

Regrou Hair Restorer termasuk obat keras, sehingga pastikan kamu mendapatkan resep dokter sebelum memulai penggunaan.

No. Registrasi BPOM: DKL9228602241A1

Rentang harga: Rp91.400 per botol.

Dapatkan Regrou Hair Restorer 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Sanbe-Hair 60 ml

Obat rambut rontok parah lainnya yang bisa kamu coba adalah Sanbe-Hair 60 ml. Dengan kandungan minoxidil dan finasterid, obat ini bermanfaat mengatasi masalah kebotakan.

Cara penggunaannya adalah dengan mengambil 1 ml cairan menggunakan dropper, lalu meneteskan atau menuangkan cairan ke area tengah kulit kepala yang mengalami kebotakan. Sebarkan secara merata dengan ujung jari.

Gunakan obat ini dua kali sehari, dan teruskan selama 4 bulan atau lebih untuk melihat hasil yang signifikan. Jangan melebihi total dosis harian 2 ml. 

Gunakan obat ini hanya jika kamu mendapatkan resep dari dokter, karena obat ini masuk ke dalam kategori obat keras.

No. Registrasi BPOM: DKL2022258241A1

Rentang harga: Rp278.700 per botol.

Dapatkan Sanbe-Hair 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Eminox 2% 30 ml

Opsi obat rambut rontok parah lainnya adalah Eminox 2% 30 ml. Mengandung minoxidil 2%, obat ini bekerja dengan merangsang pertumbuhan rambut melalui pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah ke folikel rambut.

Untuk hasil optimal, oleskan atau semprotkan 1 ml Eminox pada area kebotakan dua kali sehari. Obat ini bermanfaat mengatasi kebotakan androgenetika (alopecia androgenetica) pada wanita dan juga dapat digunakan untuk kebotakan ringan pada pria.

Karena termasuk obat keras, pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter dan menggunakan produk ini sesuai anjuran.

No. Registrasi BPOM: DKL2035800441B1

Rentang harga: Rp74.800 per botol.

Dapatkan Eminox 2% 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Eminox 5% 30 ml

Terakhir, kamu bisa menggunakan Eminox 5% 30 ml sebagai obat rambut rontok. Produk ini bekerja dengan merangsang pertumbuhan rambut melalui pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah ke folikel rambut.

Eminox 5% efektif untuk mengobati kebotakan androgenetika (alopecia androgenetica) pada pria. Namun, obat ini tidak disarankan untuk wanita.

Untuk penggunaannya, oleskan atau semprotkan 1 ml Eminox pada area kebotakan dua kali sehari. Pastikan kamu sudah mendapatkan resep dokter karena obat ini termasuk obat keras.

No. Registrasi BPOM: DKL0535800441A1

Rentang harga: Rp125.400 per botol.

Dapatkan Eminox 5% 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah dia beberapa obat rambut rontok parah yang bisa kamu dapatkan untuk membantu mengatasi masalah kebotakan.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk tersebut dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc. Jangan khawatir, produk terjamin asli dan aman untuk kamu gunakan.

Referensi:
Healthline. Diakses 2024. What Is Balding, and How Can You Treat It?
Health Harvard. Diakses 2024. Hair loss

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan