Ini 5 Rekomendasi Obat Panu Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Juni 2024

“Panu pada kulit wajah bisa diatasi dengan salep penghilang panu yang bisa dicari di apotik. Beberapa yang direkomendasikan adalah Mycoral, Canesten, Ketoconazole, Fungares, hingga Nizoral Cream 5 yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Panu Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Panu Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Salep Panu yang tersedia di Apotek


Halodoc, Jakarta – Bercak putih di wajah dapat muncul ketika protein kulit atau sel mati terperangkap di bawah permukaan kulit. Kondisi ini dapat terjadi sebagai akibat dari depigmentasi, atau kehilangan warna, karena vitiligo atau kondisi kesehatan lainnya. Selain itu, bercak putih di wajah juga bisa jadi tanda gangguan panu.

Umumnya, kondisi bercak putih ataupun panu di wajah bukanlah masalah yang serius. Namun, untuk sebagian orang kondisi ini dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Nah, kabar baiknya panu dapat diatasi dengan mudah menggunakan obat-obatan. Mau tahu apa saja rekomendasi obat panu yang efektif?

Rekomendasi Salep Panu yang tersedia di Apotek

Jika kamu mengalami panu, tidak usah khawatir. Kamu bisa menggunakan salep panu yang ampuh, yaitu:

1. Mycoral 2% Cream 5 g

Pilihan obat panu pertama yang ampuh adalah Mycoral 2% Cream 5 g. Mycoral mengandung ketoconazole sebagai senyawa antijamur golongan imidazol. Mekanisme kerjanya yaitu menghambat aktivitas CYP450 jamur, sehingga dapat menghambat pembentukan membran sel jamur di kulit. 

Beberapa kondisi yang dapat diobati dengan obat panu ini adalah infeksi dermatofita pada kulit atau kuku tangan, kandidiasis mukokutan, kandidiasis, parakoksidioidomikosis, hingga hipoplasmosis. 

Untuk pengobatan panu, obat panu ini dapat dioleskan 1-2 kali per hari selama 2-3 minggu. 

Rentang harga: Rp21.000 – Rp21.100 per tube.

Dapatkan Mycoral 2% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Canesten Cream 10 g

Mycoral 2% Cream 5 g, salah satu obat panu paling ampuh ini mengandung clotrimazole yang dapat menurunkan biosintesis ergosterol.

Ergosterol adalah molekul yang diproduksi oleh jamur yang merupakan bagian dari dinding sel. Penurunan biosintesis (tahap perkembangan jamur) dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu.

Gunakan obat panu ini minimal selama 2 minggu untuk memastikan bahwa infeksi jamur teratasi. Untuk dosisnya adalah 2-3 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp51.300 per tube. 

Dapatkan Canesten Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Ketoconazole 2% Cream 15 g

Ketoconazole 2% Cream 15 g bekerja menghambat pembentukan membran sel jamur dan menghambat beberapa enzim jamur. Dengan mengoleskan obat topikal ini, kondisi kulit yang terinfeksi jamur seperti dermatofita dan kandidiasis mukokutan bisa diatasi. 

Untuk penggunaannya, kamu cukup oleskan tipis pada bagian kulit yang terinfeksi sebanyak 1 sampai 2 kali sehari. Durasi pemakaian untuk pengobatan panu adalah 2-3 minggu. 

Kisaran harga: Rp10.500 per tube.

Dapatkan Ketoconazole 2% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Fungares 20 mg/g Cream 5 g

Fungares 20 mg/g Cream 5 g mengandung antijamur Miconazole nitrate 20 mg. Obat panu ini dapat mengobati beberapa infeksi jamur pada kulit dan kuku. 

Cukup oleskan tipis-tipis sebanyak 2 kali sehari pada kulit yang terinfeksi. Bila sudah hilang, perpanjang pengobatan hingga 10 hari untuk mencegah kekambuhannya. 

Apabila tiba-tiba timbul reaksi alergi dan hipersensitivitas, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter kulit di Halodoc

Rentang harga: Rp20.900 – Rp26.800 per tube.

Dapatkan Fungares 20 mg/g Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain itu, kamu juga dapat menghubungi 5 Dokter Kulit yang Paham Penanganan Panu untuk mengoptimalkan penggunaan obat panu tersebut.

5. Nizoral Cream 5 g

Obat panu lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Nizoral Cream 5 g. Obat berbentuk krim ini mengandung zat aktif Ketoconazole, antijamur golongan imidazole. Kandungan ini mampu membantu untuk mengatasi panu, kurap, athlete’s foot, hingga infeksi dermatofita pada kulit atau kuku tangan.

Cara menggunakan obat panu ini juga cukup mudah digunakan, yaitu dengan mengoleskan pada bagian yang sakit atau bermasalah. Perlu diingat, obat ini hanya digunakan satu kali sehari pada daerah yang terinfeksi. 

Selain itu, obat ini juga tidak direkomendasikan pada ibu hamil atau mereka yang memiliki kulit yang hipersensitif. 

Rentang harga: Rp20.900 – Rp26.800 per tube.

Dapatkan Nizoral Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, jika kamu mengalami Kurap Bikin Tak Percaya Diri? Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan.

Cara Mencegah Panu di Wajah

Kurang menjaga kebersihan dan perawatan kulit wajah bisa menjadi penyebab panu. Penggunaan skincare adalah cara merawat wajah supaya terhindari dari masalah kulit. Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

Panu di wajah sudah pasti sangat mengganggu, tidak hanya dari sisi kesehatan melainkan juga estetika.

Lantas, bagaimana cara mencegah panu di wajah?

  • Hindari keringat berlebih, paparan sinar matahari dan panas.
  • Kenakan tabir surya atau hindari paparan sinar matahari.
  • Kenakan pakaian katun yang longgar untuk mengurangi keringat.
  • Bersihkan kulit wajah sesuai dengan jenis kulit. Baca rekomendasi produknya di artikel: Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari.
  • Jangan pernah berbagi barang pribadi dengan orang lain. 
  • Rutinlah memeriksakan diri ke dokter bila kulitmu cenderung sensitif.

Itulah informasi mengenai rekomendasi obat panu di apotik dan pencegahannya. 

Temukan juga beragam obat, suplemen, dan produk perawatan kulit lainnya untuk di  Toko Kesehatan Halodoc

Produk kesehatannya 100% asli dan terpercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Kamu juga bisa tanyakan pada dokter spesialis kulit di Halodoc untuk mendapatkan saran produk yang tepat.

Referensi:
Stekom.ac.id. Diakses pada 2024. Ergosterol.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.
WebMD. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan