Ini 5 Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Agustus 2024

“Eksim atau dermatitis atopik sering kali memicu rasa gatal, kemerahan, hingga kulit kering akibat peradangan. Kamu bisa mengatasi menggunakan krim seperti Kenacort, Bufacomb, Esperson, Topicare + Ceramide Soothing Cream, dan Desoximetasone yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis AtopikIni 5 Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

DAFTAR ISI

Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

Halodoc, Jakarta – Eksim atau dermatitis atopik adalah kondisi peradangan pada kulit yang ditandai dengan gatal-gatal, kemerahan, kering, dan pecah-pecah. Kondisi ini tidak hanya terjadi satu atau dua hari, tapi bisa berlangsung hingga bertahun-tahun. 

Penyebabnya bisa jadi akibat gangguan sistem imun tubuh, faktor lingkungan, genetik, perubahan hormonal, dan gangguan lapisan pelindung kulit. Eksim harus segera diobati agar tidak memengaruhi penampilan kamu. Sebab, jika digaruk, eksim bisa membuat kulit timbul bopeng, berlubang, dan menggelap. 

Mau tahu apa saja krim yang dapat digunakan untuk mengatasi eksim atau dermatitis atopik? Ini rekomendasinya!

Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

Berikut ini adalah rekomendasi krim yang bisa kamu beli untuk mengatasi eksim atau dermatitis atopik, antara lain:

1. Kenacort-A 0.1% Cream 10 g

Untuk mengobati permasalahan kulit seperti eksim, kamu bisa gunakan sediaan topikal berbentuk cream ini. Krim eksim ini mengandung Triamcinolone acetonide yang bekerja melepaskan enzim hidrolase, yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih, sehingga menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema.  

Itulah sebabnya krim ini ampuh untuk mengobati peradangan atau inflamasi, gatal-gatal, dan kemerahan serta kekeringan pada kulit.  

Oleskan krim ini 2-3 kali sehari di area yang mengalami sakit atau peradangan. Hentikan penggunaan apabila terjadi iritasi pada kulit yang dioleskan. 

No registrasi BPOM: DKL1124402029A1

Kisaran harga: Rp132.600 per tube.

Dapatkan Kenacort-A 0m1% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Bufacomb Cream 5 gr

Bufacomb adalah krim yang dapat mengatasi stomatitis aftosa, periadenitis mukosa nekrotika rekurens, ulserasi traumatik, ulkus aftosa herpetiformis, ulserasi akibat obat, serta dermatitis atopik. 

Di dalam krim eksim ini, terkandung Triamcinolone acetonide 0.1% yang bermanfaat untuk meredakan peradangan pada kondisi eksim yang sedang dialami. 

Oleskan obat ini tipis-tipis ke bagian yang gatal sebanyak 2-3 kali sehari. Karena termasuk dalam kategori obat keras, Bufacomb Cream harus digunakan dengan resep dokter. 

Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati terhadap efek samping obat ini. Contohnya seperti gangguan metabolisme glukosa, supresi adrenal, katabolisme protein, serta aktivasi tukak peptikum.

No registrasi BPOM: DKL8800905830A1

Kisaran harga: Rp32.400 per tube.

Dapatkan Bufacomb Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Esperson Cream 0.25% 5 g

Esperson adalah obat eksim yang mengandung desoximetasone 0.25%. Desoximetasone berasal dari golongan kortikosteroid, yang bekerja untuk meredakan peradangan akut yang berat, kelainan kulit alergi, dan psoriasis. 

Kamu bisa mengoleskannya ke bagian kulit yang sakit sebanyak 1-2 kali sehari, secara lembut dan perlahan. 

Krim eksim atau dermatitis atopik tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Sebab, bisa memicu efek samping seperti atrofi, gatal, iritsi, kekeringan, dermatitis kontak aleri, maserasi kulit, hingga miliaria.

Selama pengobatan, penting bagi pengidapnya untuk menghindari beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya eksim. Baca selengkapnya di artikel ini: “5 Hal yang Bisa Memicu Kambuhnya Dermatitis Atopik”.

No registrasi BPOM: DKL0121203030A1

Kisaran harga: Rp85.500 per tube.

Dapatkan Esperson Cream 0,25% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Topicare + Ceramide Soothing Cream 100 g

Berikutnya ada Topicare + Ceramide Soothing Cream 100 g yang mengandung mengandung salix alba bark extract, aloe barbadensis leaf extract, hyaluronic acid, dan ceramide. 

Krim eksim atau dermatitis atopik ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kering, iritasi, serta gatal-gatal. Krim ini juga bisa memberikan kelembapan pada kulit kering atau kulit atopik, memperbaiki sistem perlindungan kulit, serta mencegah kerusakan kulit akibat kekeringan. 

Cara pakainya cukup dengan mengoleskan krim ini dua kali sehari, pada area kulit yang terasa gatal. Namun sebelum menggunakannya, pastikan kulit sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. 

Krim ini No registrasi BPOM: NA18140104139

Kisaran harga: Rp162.600 – Rp212.100 per tube.

Dapatkan Topicare + Ceramide Soothing Cream 100 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr

Krim eksim atau dermatitis atopik terakhir yang bisa digunakan adalah Desoximetasone 0.25% Cream. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati gejala peradangan termasuk radang akut, psoriasis, dan kelainan kulit alergis serta kronis.

Cara penggunaannya yaitu dengan dioleskan 1-2 kali sehari pada kulit yang sedang meradang secara tipis perlahan. Obat ini harus digunakan berdasarkan resep dari dokter, dengan maksimal pengobatan sebanyak 1 tube. 

Hati-hati saat menggunakan obat eksim ini, hindari penggunanya terutama pada area sensitif seperti mata, hidung, dan mulut. Segera hentikan penggunaan obat jika muncul efek samping seperti gatal dan sensasi rasa panas di kulit. 

No registrasi BPOM: GKL1205046729A1 (Nomor registrasi bisa berbeda tergantung sediaan obat di apotek)

Kisaran harga: Rp19.100 per tube.

Dapatkan Desoximetasone 0.25% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika eksim tidak membaik hingga beberapa hari, kamu bisa konsultasikan bersama dokter spesialis kulit di Halodoc

Itulah pilihan krim eksim atau dermatitis atopik yang bisa kamu dapatkan di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya 100% asli dan dikirim dari apotek tepercaya. Yuk, pesan obatnya sekarang juga agar kondisimu makin membaik!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Atopic dermatitis (eczema)
National Eczema Association. Diakses pada 2024. Atopic Dermatitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan