Ini 5 Pilihan Obat Sakit Kepala Sebelah yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Januari 2024

“Ada beberapa pilihan obat obat sakit kepala sebelah yang efektif untuk mengatasi sakit kepala sebelah, yaitu Panadol Extra, Bodrex Migra, Primperan, dan Proris Triple Action. Pastikan untuk mengonsumsinya dengan dosis yang tepat dan sesuai aturan pakai pada kemasan obat.”

Ini 5 Pilihan Obat Sakit Kepala Sebelah yang Ampuh di ApotekIni 5 Pilihan Obat Sakit Kepala Sebelah yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Sakit Kepala Sebelah


Halodoc, Jakarta – Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang umum dialami banyak orang. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman, seperti salah satu sisi kepala terasa sakit seperti dipukul dengan alat berat. Pada beberapa kasus, migrain dapat membuat pengidapnya mual dan muntah, bahkan pingsan. 

Itulah mengapa sakit kepala ini tidak boleh dibiarkan saja. Untungnya, ada beberapa pilihan obat sakit kepala sebelah untuk meredakan gejala sakit kepala tersebut. Mau tahu apa saja rekomendasinya?

Pilihan Obat Sakit Kepala Sebelah

Berikut beberapa obat sakit kepala sebelah yang bisa kamu dapatkan di apotek untuk mengatasi gejala migrain:

1. Panadol Extra 10 Kaplet 

Panadol Extra  obat migrain

Panadol Extra merupakan obat obat sakit kepala sebelah yang memiliki kandungan paracetamol dan caffeine. Obat ini dapat meringankan sakit kepala dan sakit gigi, termasuk migrain yang sifatnya ringan hingga sedang. 

Paracetamol sebagai analgetik, bekerja dengan cara meningkatkan ambang rasa sakit dan caffeine bekerja dengan menghambat kerja reseptor adenosin sehingga mengurangi rasa nyeri.

Untuk mengatasi migrain pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia lebih dari 12 tahun, konsumsi lah 1 kaplet panadol extra dengan segelas air putih. 

Obat ini bisa kamu konsumsi 3-4 kali bila gejala memburuk, tapi jangan melebihi 8 kaplet dalam 24 jam. Sementara itu, minimal jeda waktu antar dosis adalah 4 jam.

Rentang harga: Rp13.900 – Rp15.500 per strip.

Dapatkan Panadol Extra 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Bodrex Migra 5 Strip (4 Kaplet/Strip) – Hemat Borongan

bodrex migra obat migrain

Pilihan obat sakit kepala sebelah lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Bodrex Migra. Obat ini mengandung paracetamol, propyphenazone, caffeine. Selain itu, kandungan kombinasi analgesiknya juga efektif untuk meredakan rasa sakit kepala berdenyut pada kasus migrain.

Untuk mengatasi migrain pada orang dewasa, minum Bodrex migra 3 kali sehari 1 kaplet atau sesuai petunjuk dokter. Konsumsi obat ini sesudah makan.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 3.200-Rp 13.800.

Dapatkan Bodrex Migra 5 Strip (4 Kaplet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Panadol 500 mg 10 Kaplet

Panadol 500mg obat migrain

Selain Panadol Ekstra, Panadol biasa 500 mg juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi migrain. Obat sakit kepala sebelah ini mengandung paracetamol yang bermanfaat untuk meringankan rasa sakit pada sakit kepala, termasuk migrain, dan sakit gigi, sakit pada otot, serta menurunkan demam. 

Paracetamol bekerja pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh (antipiretik) serta menghambat sintesis prostaglandin. Dengan begitu obat ini dapat mengurangi nyeri ringan sampai sedang (analgesik).

Untuk mengatasi migrain pada orang dewasa dan anak berusia 12 tahun ke atas, minumlah 1-2 kaplet, 3-4 kali sehari (Maksimum 8 kaplet dalam 24 jam). Untuk anak-anak usia 6-11 tahun: 1/2 – 1 kaplet, 3-4 kali sehari (maksimum 4 kaplet dalam 24 jam). Minimal jeda waktu antar dosis adalah 4 jam.

Rentang Harga: Rp12.700 – Rp14.000 per strip. 

Dapatkan Panadol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Primperan 10 mg 10 Tablet

Primperan mengandung obat metoclopramide yang bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah yang bisa terjadi karena migrain, efek samping dari prosedur bedah, kemoterapi, atau radioterapi.

Metoclopramide bekerja dengan cara menghambat substansi natural (dopamine). Ia mempercepat pengosongan perut dan pergerakan usus atas. Namun, obat ini harus kamu konsumsi sesuai anjuran dokter.

Dosis obat sakit kepala sebelah ini pun harus sesuai anjuran dokter. Namun, secara umum, dosis Primperan bentuk tablet untuk orang dewasa adalah 10 mg, 3 kali sehari . Dalam bentuk sirup, untuk orang dewasa: 1-2 sendok takar 3 kali/hari.

Anak 5-15 tahun: 0.5 mg/kg berat badan/hari dalam dosis terbagi. Dalam bentuk drops untuk anak di bawah usia 5 tahun: 0.1 mg/kg berat badan, 3 kali/hari atau 0.5 mg/kg berat badan/hari dalam beberapa dosis.

Rentang harga: Rp8.800 – Rp17.700 per strip.

Dapatkan Primperan 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan.

5. Proris Triple Action 10 Kaplet

Untuk meredakan sakit kepala sebelah, kamu juga bisa mengonsumsi Proris Triple Action tablet yang mengandung Ibuprofen 200 mg. Ibuprofen merupakan obat yang memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi dan antipiretik.

Obat sakit kepala sebelah ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang. Contohnya seperti nyeri pada sakit gigi atau pencabutan gigi, nyeri pasca bedah, sakit kepala, migrain, gejala arthritis rheumatoid, gejala osteoartritis, gejala juvenile arthritis rheumatoid, dan menurunkan demam pada anak.

Berikut dosis untuk mengonsumsi obat ini:

  • Orang dewasa 200-250 mg 3-4 kali sehari. 
  • Usia 1-2 tahun: 50 mg 3-4 kali sehari. 
  • Anak berusia 3-7 tahun: 100-125 mg 3-4 kali sehari. 
  • Anak-anak usia 8-12 tahun: 200-250 mg 3-4 kali sehari. 

Hindari memberikan obat ini pada anak dengan berat badan kurang dari 7 kg.

Rentang Harga: Rp6.900 – Rp10.800.

Dapatkan Proris Triple Action 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa pilihan obat sakit kepala sebelah yang efektif. Kamu bisa temukan pilihan lebih banyak untuk obat atau suplemen vitamin yang kamu butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc.✔️

Namun, hati-hati bila kamu sering mengalami sakit kepala sebelah. Simak Tips Mengatasi Gejala Migrain yang Kambuh di Kantor 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Migraine.
WebMD. Diakses pada 2024. Drugs to Treat Migraine Headaches.
MedicineNet. Diakses pada 2024. Migraine Headache Symptoms, Causes, Medicines, Treatment, and Relief.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan