Ini 5 Pilihan Obat Penghilang Nyeri yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Februari 2024

“Selalu sediakan obat penghilang nyeri di rumah untuk penanganan nyeri yang efisien. Beberapa rekomendasi yang ampuh adalah Voltaren Emulgel, Bufect Suspensi, Cataflam, hingga Ponstan yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.

Ini 5 Pilihan Obat Penghilang Nyeri yang Ampuh di ApotekIni 5 Pilihan Obat Penghilang Nyeri yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Obat-Obat Penghilang Nyeri yang Mudah Dicari 


Halodoc, Jakarta – Obat yang persediaannya sebaiknya selalu ada di rumah adalah penghilang nyeri. Tujuannya adalah agar ketika kita terserang sakit kepala, nyeri otot, radang sendi, dan nyeri lainnya, pertolongan pertama bisa dilakukan. 

Obat penghilang nyeri jenisnya beragam dan masing-masing memiliki kelebihan serta risiko yang berbeda. Mulai dari paracetamol, NSAID seperti ibuprofen dan aspirin, sampai obat topikal sejenis gel atau krim. 

Setiap orang bisa juga memiliki reaksi yang berbeda terhadap tiap obat penghilang nyeri, ada obat yang dirasa lebih manjur dibandingkan yang lain. Lantas, bagaimana kita bisa memilih obat mana yang cocok? 

Obat-Obat Penghilang Nyeri yang Mudah Dicari

Tidak perlu pusing, karena Halodoc sudah menyiapkan ulasan beberapa rekomendasi obat penghilang nyeri yang ampuh serta bisa dicari di apotek. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. 

1. Voltaren Emulgel 10 g

Obat topikal yang satu ini tergolong non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dengan kandungan zat aktif diclofenac. Voltaren Emulgel digunakan untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik lokal. 

Cara penggunaannya adalah dioleskan 3-4 kali sehari di area yang mengalami nyeri. Voltaren Emulgel adalah obat bebas terbatas dan untuk mendapatkannya tidak memerlukan resep dokter. 

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube. 

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Jika kamu yang punya masalah lambung, penting untuk memilih obat penghilang nyeri yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Cari tahu selengkap di sini: “Pentingnya Pilih Pereda Nyeri yang Aman untuk Lambung”. 

2. Cataflam 25 mg 10 Tablet

Cataflam mengandung kalium diklofenak yang tergolong non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) dengan sifat antiinflamasi dan anti nyeri. Obat ini bisa digunakan untuk terapi akut gejala berbagai jenis radang sendi, migrain, dan peradangan setelah operasi gigi dan tulang. 

Untuk orang dewasa serta anak di atas 14 tahun, dosis pemakaiannya adalah 2-3 kali sehari. Selain itu, untuk pengidap hipertensi dan gagal jantung, disarankan untuk berhati-hati terhadap pemakaian obat ini. Perlu diingat juga bahwa Cataflam tergolong  obat golongan merah yang harus dibeli dengan resep dokter dan konsumsi setelah makan. 

Kisaran harga: Rp43.900 per strip. 

Dapatkan Cataflam 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Bufect Suspensi 100mg/5ml 60ml

Obat ini digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala, sakit telinga, nyeri haid, dan nyeri lainnya. Dengan kandungan ibuprofennya, obat ini bekerja menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX) sehingga meredakan rasa nyeri. 

Obat ini bisa diminum setelah makan sebanyak 3-4 kali sehari dengan dosis: 

  • Dewasa dan anak di atas 8 tahun: 2 sendok takar.
  • Anak-anak 3-7 tahun: 1 sendok takar.

Bufect Suspensi tergolong obat bebas terbatas, jadi kamu bisa membelinya tanpa resep dokter. 

Kisaran harga: Rp21.900 per botol. 

Dapatkan Bufect Suspensi 100mg/5ml 60ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Ponstan 500 mg 10 Tablet

Ponstan mengandung asam mefenamat yang bersifat analgesik, antiinflamasi, serta antipiretik. Obat ini bisa meredakan berbagai nyeri ringan sampai sedang seperti sakit kepala, sakit gigi,  dismenore primer, nyeri karena trauma, nyeri otot, dan nyeri karena operasi. 

Untuk dewasa dan anak-anak di atas usia 14 tahun, obat ini bisa diminum 3 kali sehari sebanyak 500 miligram sesudah makan. Perlu diingat juga, obat ini tergolong obat keras atau merah, sehingga penggunaannya harus atas anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp38.000 per strip. 

Dapatkan Ponstan 500 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Proris Triple Action 10 Kaplet

Proris Triple Action mengandung ibuprofen yang memiliki sifat analgesik (mengurangi nyeri), antiinflamasi (meredakan peradangan), serta antipiretik (menurunkan demam). 

Obat ini digunakan untuk melawan nyeri ringan hingga sedang akibat sakit gigi, nyeri pasca bedah, sakit kepala, gejala radang sendi dan pembengkakan sendi, serta demam anak. 

Untuk penggunaannya, orang dewasa bisa mengkonsumsi obat ini sesudah makan 3-4 kali sehari dengan dosis 200-250 mg. Sementara anak usia 1-2 tahun 50 mg 3-4 kali sehari. 

Penting untuk diingat, lansia, ibu hamil dan menyusui, pengidap gangguan fungsi ginjal, dan diabetes melitus tidak disarankan memakai Proris Triple Action. Obat ini tergolong obat bebas terbatas jadi kamu bisa membelinya tanpa resep dokter. 

Rentang harga: Rp10.800 – Rp10.900 per strip. 

Dapatkan Proris Triple Action 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat penghilang nyeri yang ampuh dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Medline Plus. Diakses pada 2024. Pain Relievers. 
Web MD.  Diakses pada 2024. Pain Medications. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan