Ini 4 Pilihan Obat Batu Empedu yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2024

“Selain melalui proses pembedahan, batu empedu juga bisa diatasi dengan terapi obat-obatan. Beberapa obat yang ampuh mengatasi batu empedu adalah Atofar, Ursodeoxycholic Acid, Urdahex, dan Estazor yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Ini 4 Pilihan Obat Batu Empedu yang Ampuh di ApotekIni 4 Pilihan Obat Batu Empedu yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI:

Rekomendasi Obat Batu Empedu yang Mudah Dicari di Apotek


Halodoc, Jakarta – Kebanyakan pengidap batu empedu yang tidak merasakan gejala, tidak perlu menjalani pengobatan. Tapi jika seseorang mulai mengalami rasa sakit hebat di perut kanan atas, perawatan dan pengobatan medis bisa jadi harus dilakukan. 

Pilihan pengobatan batu empedu bisa dengan operasi dan konsumsi obat. Obat biasanya digunakan untuk melarutkan batu empedu atau diperuntukkan untuk orang yang tidak bisa menjalani operasi. 

Mau tahu obat apa saja yang ampuh mengatasi batu empedu? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi Obat Batu Empedu yang Mudah Dicari di Apotek

Berikut ini beberapa obat batu empedu yang ampuh dan bisa ditemukan dengan mudah di apotek, yaitu:

1. Atofar 10 mg 10 Tablet

Dengan kandungan Atorvastatin di dalamnya, obat ini bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di darah, serta menaikkan kadar kolesterol baik. 

Atofar juga bisa digunakan sebagai solusi untuk menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung, pada pengidap diabetes dan jantung koroner. 

Berikut ini dosis umum penggunaan obat Atofar 10 mg 10 Tablet: 

  • Dewasa: untuk dosis awal diberikan 10 mg, 1 kali sehari. Rentang dosis antara 10-80 mg sekali sehari. 

Obat batu empedu ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Untuk membelinya, kamu harus menggunakan resep dokter karena obat ini tergolong obat keras. 

No registrasi BPOM: DKL1031529817A1

Rentang harga: Rp134.800 – Rp203.100 per strip. 

Dapatkan Atofar 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Cari tahu, “Ini yang Harus dan Jangan Dilakukan Saat Alami Batu Empedu”

2. Ursodeoxycholic Acid 250 mg 10 Tablet

Ursodeoxycholic Acid tergolong obat generik. Obat ini bisa digunakan untuk menghancurkan batu empedu, yang muncul karena terlalu banyak kolesterol di kantung empedu.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyembuhkan gangguan kesehatan lain. Contohnya, penyakit kelainan hati dan empedu yang berhubungan dengan fibrosis kistik di anak usia 6 sampai kurang dari 18 tahun. 

Karena termasuk obat keras, pembelian obat batu empedu ini harus menggunakan resep dokter. Berikut ini dosis umum penggunaan obat Ursodeoxycholic Acid: 

  • Diminum bersama makanan, 2 kali sehari, sebanyak 1 tablet. 

Penggunaan Ursodeoxycholic Acid tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki alergi asam empedu, batu kolesterol, serta kolesistitis akut. 

No registrasi BPOM: GKL1215712501A1 (No registrasi obat bisa berbeda-beda, tergantung dari stok di apotek)

Rentang harga: Rp24.700 – Rp87.700per strip. 

Dapatkan Ursodeoxycholic Acid 250 mg 10 Tablet  di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Urdahex 250 mg Kapsul

Urdahex adalah obat batu empedu yang mengandung Ursodeoxycholic acid. Obat ini dapat mengobati kelainan hati dan empedu yang berhubungan dengan fibrosis kistik pada anak usia 6-18 tahun.  

Berikut ini dosis umum penggunaan Urdahex: 

  • Penggunaan dosis ini berdasarkan pada perhitungan berat badan pengidapnya, yakni 8-10 mg/kg berat badan per hari, terbagi dalam 2-3 dosis.

Supaya obat bekerja secara efektif di tubuh, kamu perlu konsultasikan dosis yang tepat pada dokter. Ini penting dilakukan untuk menghindari risiko efek samping obat berupa diare, pruritus, urtikaria, mual, dan muntah. 

No registrasi BPOM: DKL0104417801A1

Kisaran harga: Rp174.600 per strip.

Dapatkan Urdahex 250 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Estazor 250 mg 10 Kapsul

Terakhir ada Estazor 250 mg 10 Kapsul, obat dengan kandungan ursodeoxycholic acid 250 mg untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Misalnya pada pengidap batu empedu, pasien yang berisiko tinggi terhadap operasi pengangkatan batu empedu, atau pasien lanjut usia yang tidak tahan terhadap anestesi umum. 

Obat batu empedu ini bisa dibeli dan digunakan hanya dengan resep dokter. Berikut ini dosis umum penggunaan Estazor 250 mg 10 Kapsul: 

  • Obat bisa diberikan sesudah makan, sebanyak 8-10 mg per kilogram berat badan per hari. Penggunaan obat terbagi dalam 2-3 dosis. 

Estazor 250 mg 10 Kapsul tidak direkomendasikan untuk orang yang mengidap batu kolesterol, batu pigmen empedu radio-opak atau radiolusen kolesistitis, obstruksi bilier, kolangitis, dan orang yang memiliki alergi terhadap asam empedu. 

Penggunaan obat tanpa pengawasan medis bisa memicu efek samping berupa diare, ruam, dan pruritus. 

No registrasi BPOM: DKL9431507301A1

Kisaran harga: Rp74.100 – Rp128.100 per strip. 

Dapatkan Urdahex 250 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat batu empedu yang ampuh dan mudah dicari di apotek. Selain itu, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc.

Pastikan untuk mengonsumsi obat di bawah pengasawan medis untuk menghindari risiko efek samping obat. Kini, konsultasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Gallstones.
NHS. Diakses pada 2024. Treatment Gallstones. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan