Ini 5 Obat Hipertensi yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Juli 2024

“Darah tinggi dapat menimbulkan sensasi sensasi pusing, sakit kepala, dan kelelahan yang berlebihan. Beberapa rekomendasi obatnya, antara lain Amlodipine, Candesartan, Spironolactone, Bisoprolol, hingga Adalat Oros yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini 5 Obat Hipertensi yang Ampuh Turunkan Darah TinggiIni 5 Obat Hipertensi yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan di pembuluh darah terlalu tinggi, angkanya di atas 140/90 mmHg. Gangguan kesehatan ini biasanya ditandai dengan sensasi pusing, sakit kepala, dan kelelahan. Bahkan beberapa orang bisa saja mengalaminya tanpa gejala apa pun. 

Satu-satunya cara untuk mengetahui hipertensi adalah dengan memeriksakan tekanan darah. Masalah ini lebih rentan terjadi pada orang tua, pecandu alkohol, dan orang yang suka makan makanan tinggi garam.

Hipertensi dapat meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit lain, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegahnya, pengidap hipertensi dapat mengonsumsi obat-obatan secara rutin untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Di bawah ini beberapa rekomendasi obat hipertensi jika hasil pemeriksaan tekanan darah menunjukkan angka yang tinggi!

Pilihan Obat Hipertensi yang Ampuh

Tekanan darah tinggi juga disebut sebagai “silent killer”. Sebab, pengidapnya bisa saja mengalaminya selama bertahun-tahun tanpa tidak menyadarinya. 

Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 46 persen orang dewasa dengan hipertensi tidak mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Nah, mau tahu apa saja rekomendasi obat hipertensi yang bisa kamu konsumsi? 

1. Amlodipine 10 mg 10 Tablet

Obat hipertensi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Amlodipine 10 mg 10 Tablet. Termasuk Calcium Channel Blockers (CCB), obat ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi serta membantu mengatasi masalah angina atau nyeri dada.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa: Dosis awal adalah 5 mg sekali sehari, dapat naik hingga maksimal 10 mg sekali sehari.
  • Anak usia 6-17 tahun: Dosis awal adalah 2,5 mg sekali sehari, dapat naik menjadi 5 mg sekali sehari setelah 4 minggu tergantung respons klinis.
  • Lansia: Dosis awal adalah 2,5 mg sekali sehari.

Karena termasuk obat keras, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaannya.

Rentang harga: Rp2.000 – Rp27.800

Dapatkan Amlodipine 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain itu, kamu juga bisa membeli obat ini dengan paket borongan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau: Dapatkan Amlodipine 10 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin

2. Candesartan Dexa 8 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin

Pilihan obat hipertensi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Candesartan Dexa.

Obat ini termasuk dalam golongan penghambat reseptor angiotensin / Angiotensin Reseptor Blocker (ARB) yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, obat ini bermanfaat untuk pengobatan hipertensi serta pengobatan pada pasien dengan gagal jantung dan gangguan fungsi sistolik ventrikel kiri.

Untuk pasien hipertensi, dosis awal obat ini adalah 4 mg per hari dan dapat ditingkatkan hingga 16 mg. Kamu dapat mengonsumsi obat ini satu kali sehari sebelum atau sesudah makan. 

Pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli obat ini karena obat ini termasuk obat keras.

Rentang harga: Rp18.600 – Rp22.600 per 3 strip.

Dapatkan Candesartan Dexa 8 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain itu, kamu juga bisa membeli obat ini dengan dosis lebih besar secara borongan: Dapatkan Candesartan Dexa 16 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Spironolactone 25 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan obat Spironolactone untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Obat ini berfungsi mirip dengan hormon aldosteron yang bekerja mengatur tekanan darah serta elektrolit dalam tubuh.

Spironolactone bermanfaat sebagai pengobatan untuk hipertensi esensial (hipertensi primer), edema, sirosis hati dengan atau tanpa asites, serta hiperaldosteronisme primer.

Untuk dosis yang tepat, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter karena Spironolactone termasuk dalam kategori obat keras.

Rentang harga: Rp10.800 – Rp16.200 per 3 strip.

Dapatkan Spironolactone 25 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Bisoprolol 2.5 mg 10 Tablet

Bisoprolol 2.5 mg Tablet adalah obat antihipertensi dari golongan Beta-Blocker Kardioselektif.

Obat ini mengurangi kecepatan denyut jantung dan kekuatan kontraksi jantung. Dengan demikian, obat ini bermanfaat untuk pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, obat ini juga bermanfaat untuk pengobatan angina dan gagal jantung kronik stabil.

Kamu dapat mengonsumsi obat hipertensi ini sebelum atau sesudah makan dengan dosis 5 – 10 mg per hari. Namun, dosis ini juga harus berdasarkan petunjuk dokter untuk memastikan penggunaan yang tepat dan aman. 

Rentang harga: Rp2.700 – Rp49.800 per strip.

Dapatkan Bisoprolol 2.5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Adalat Oros 30 mg 10 Tablet

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan obat hipertensi Adalat Oros 30 mg 10 Tablet.

Obat ini berbentuk tablet lepas lambat dengan formulasi sistem terapeutik gastrointestinal. Mengandung nifedipine, obat ini dapat menurunkan tekanan darah dan beban kerja jantung dengan melebarkan pembuluh darah perifer dan koroner.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini dengan menelan nya secara utuh tanpa dikunyah atau dihancurkan. Umumnya, dosis penggunaan untuk hipertensi adalah 1 kali sehari. Akan tetapi, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter karena obat ini termasuk obat keras.

Rentang harga: Rp119.500 per strip,

Dapatkan Adalat Oros 30 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat hipertensi yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produk dikirim dari apotek tepercaya!

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2024. Hypertension.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. High Blood Pressure (Hypertension).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan