Ini 5 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 November 2022

“Ada banyak manfaat menanam pohon di sekitar rumah, baik untuk kesehatan fisik, mental, maupun untuk lingkungan. Pohon bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk, tenang, udara pun juga menjadi lebih bersih.”

Ini 5 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar RumahIni 5 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Halodoc, Jakarta – Menanam pohon merupakan tindakan yang bisa membantu mengurangi polusi udara dan menghijaukan bumi. Biasanya, kegiatan tersebut dilakukan di hutan. Namun, bila kamu memiliki taman atau lahan yang cukup luas di sekitar rumah, tidak ada salahnya untuk menanam pohon di rumah, lho.

Tidak hanya bisa menambah keindahan pekarangan rumah kamu, ada banyak manfaat menanam pohon yang bisa kamu dapatkan, baik untuk kesehatan, lingkungan dan juga kualitas udara. Nah, berikut manfaat menanam pohon di sekitar rumah yang menarik untuk diketahui.

Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Ada berbagai manfaat menanam pohon di sekitar rumah yang baik untuk kesehatan fisik dan mental, antara lain:

1. Menyejukkan rumah di musim panas

Salah satu manfaat menanam pohon di sekitar rumah yaitu bisa membuat rumah terasa sejuk dan teduh secara alami. Pohon bisa menghalangi sinar matahari berlebih dan panas untuk masuk ke rumah kamu, sehingga kamu mungkin tidak perlu menggunakan air conditioning (AC) lagi selama musim panas. Bahkan, pohon bisa mengurangi biaya AC sebesar 15-50 persen per tahun, lho.

Menanam pohon yang tinggi, sehingga bisa menaungi dan melindungi unit AC juga akan memberikan manfaat tambahan. Hal itu karena unit AC yang terlindung dari sinar matahari dan panas cenderung bekerja jauh lebih efisien daripada unit yang tidak terlindungi.

2. Meredam kebisingan

Bila kamu tinggal di dekat jalan raya yang ramai atau di lingkungan yang bising, menanam pohon bisa langsung memberimu ketenangan karena bisa tumbuhan tersebut mampu meredam kebisingan. Sebagai penghalan suara alami, pohon bisa membantu memblokir kebisingan yang mengganggu dan membuat rumah terasa jauh lebih tenang dan damai.

Beberapa orang yang sudah menanam pohon di rumah mereka juga mengaku bahwa, manfaat peredam suara dari pohon membuat mereka lebih bisa menikmati pekarangan. Sebab mereka bisa menghabiskan waktu di sana tanpa gangguan dan kebisingan jalanan.

3. Membersihkan udara

Pohon cukup efektif dalam membersihkan udara. Mereka menyerap gas polutan, seperti nitrogen oksida, ozon, amonia, dan sulfur dioksida, dari udara yang kita hirup. Pohon juga menyerap bau dan bisa bertindak sebagai penyaring, karena partikel yang kecil bisa terperangkap di daun. Itulah mengapa manfaat menanam pohon di rumah bisa memberimu udara yang lebih baik untuk kesehatan pernapasan.

4. Bisa meningkatkan fungsi kognitif

Penelitian sudah menunjukkan bahwa berada di dekat alam, termasuk pepohonan, bisa meningkatkan fungsi kognitif. Manfaat ini tampaknya sangat signifikan pada anak-anak. Selain itu, berada di sekitar pohon juga sudah terbukti bisa mengurangi stres, meningkatkan energi, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Bila anak mengalami attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), menghabiskan waktu di alam sekitar pohon juga bisa membuat gejalanya jauh lebih ringan. 

Nah, bila kamu menanam pohon di sekitar rumah, kamu tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke hutan guna mendapatkan manfaat pohon untuk kesehatan mental dan fisik ini. Melainkan kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu di halaman untuk memperoleh manfaat pohon yang bisa meredakan stres dan meningkatkan kesehatan.

5. Membantu mencegah banjir

Rumah yang kebanjiran tentu menjadi musibah yang tidak hanya merusak tapi juga merugikan secara ekonomi. Karena itu, penting untuk mencari cara untuk mencegah banjir di rumah saat hujan lebat. Nah, salah satu cara yang efektif adalah dengan menanam pohon di sekitar rumah.

Pohon bisa membantu mencegah banjir dengan membentuk penghalang antara rumah dan air yang merambah. Selain itu, akar pohon juga bisa menyerap air dalam jumlah yang banyak, sehingga mencegah kelebihan air memasuki rumahmu.

Itulah manfaat menanam pohon di sekitar rumah. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menanam satu atau dua pohon di pekarangan rumah, ya. 

Untuk menjaga kesehatan keluarga, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi setiap hari dengan mengonsumsi makanan sehat ya. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan minum suplemen vitamin. 

Cek kebutuhan obat dan vitamin melalui aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot, cukup order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
HRL Tech. Diakses pada 2022. 6 Benefits Of Planting Trees On Your Property.
Green Pop. Diakses pada 2022. 10 Environmental Benefits of Planting a Tree.
Gulley Greenhouse & Garden Center. Diakses pada 2022. The Benefits of Planting Trees

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan