Ini 5 Manfaat Daun Saga yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2022

“Daun saga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Mulai dari meredakan batuk, pilek dan demam, hingga menambah nafsu makan.”

Ini 5 Manfaat Daun Saga yang Jarang DiketahuiIni 5 Manfaat Daun Saga yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu tahu atau pernah melihat daun saga? Daun saga atau yang dikenal juga dengan Rosary Pea adalah salah satu jenis tanaman polong dengan ciri-ciri daun berbentuk kecil, majemuk dan bersirip ganjil. Tanaman ini juga memiliki buah polong berwarna merah dengan bintik hitam, dan bunga berwarna ungu muda.

Meskipun jarang diketahui orang, daun saga terkenal dalam dunia pengobatan tradisional sebagai tanaman herbal yang memiliki beragam khasiat. Daun ini sudah sering digunakan untuk meredakan batuk, bahkan digunakan dalam beberapa produk obat batuk sebagai bahan pembuatannya. Selain itu, masih ada banyak manfaat daun saga lainnya untuk kesehatan. 

Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

Daun saga diketahui memiliki beberapa kandungan bermanfaat, seperti antipiretik (penurun demam), anti catarrhal (penghilang kelebihan lendir dari tubuh), ekspektoran (pereda batuk), dan diuretik (membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine). Nah, berikut beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan:

1. Meredakan batuk, pilek, dan demam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun saga bisa menjadi obat batuk alami. Hal itu berkat sifat antitusifnya yang bisa membantu meredakan batuk dengan cara menghambat daerah koordinasi bagian batang otak, lalu mengubah refleks batuk. 

Kandungan ekspektoran dalam daun saga juga bisa membantu menghilangkan dahak atau kelebihan mukus dari saluran pernapasan, sehingga bisa membantu meredakan batuk dan juga  pilek.

Untuk mengatasi batuk dan pilek, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun saga atau membuat teh dari daun tersebut. Teh daun saga juga bisa membantu menurunkan demam berkat sifat antipiretiknya. Selain rasanya manis, minum teh herbal tersebut juga bisa menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan.

2. Meredakan panas dalam

Manfaat daun saga lainnya adalah meredakan panas dalam. Meski bukan masalah kesehatan serius, panas dalam bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman akibat gejala berupa sakit tenggorokan dan bibir pecah. Nah, bila kamu mengalami hal itu, coba deh konsumsi air rebusan daun saga yang bisa meredakan panas dalam. Cara membuatnya, rebus daun saga dengan dua gelas air hingga menjadi setengahnya, lalu dinginkan sebentar, saring, dan minum air tersebut.

3. Obat sariawan

Bila dikombinasikan dengan daun sirih, daun saga bisa menjadi obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi sariawan. Manfaat daun saga ini berasal dari beberapa bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya. Daunnya juga mengandung glycyrrhizin, yaitu senyawa yang bersifat antiinflamasi.

Sariawan adalah masalah kesehatan umum yang menjengkelkan. Bagaimana tidak, luka yang muncul di mulut ini bisa terasa nyeri saat makan dan mengganggu saat berbicara. Nah, kamu bisa menggunakan daun saga untuk membantu menghilangkan sariawan. 

Caranya bukan diminum, melainkan keringkan daun saga di bawah matahari. Setelah kering, kunyah daunnya, tapi jangan ditelan. Selain cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan daun saga sebagai obat kumur. Caranya, rebus 10 gram daun saga dengan setengah liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Mengatasi sakit perut

Daun saga juga digunakan dalam pengobatan tradisional Afrika Timur untuk mengatasi sakit perut. Selain itu, manfaat daun saga juga mampu mengobati diare, berkat sifat antioksidan dan antibakterinya. Cara menggunakannya, yaitu rebus daun beserta batang dengan air hingga mendidih, lalu minum untuk membantu meredakan diare.

5. Menambah nafsu makan

Manfaat daun saga juga baik untuk anak-anak, karena bisa menambah nafsu makan. Tanaman herbal ini diketahui mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk meningkatkan selera makan. Dengan mengonsumsi air rebusan daun saga, anak-anak yang susah makan bisa memiliki nafsu makan kembali, sehingga kebutuhan gizinya bisa terpenuhi.

Itulah beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan. Bila kamu sakit atau mengalami gejala kesehatan tertentu, ada baiknya untuk tetap menemui dokter agar bisa mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. 

Sekarang, periksa kesehatan ke dokter sudah lebih mudah dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Ayur Times. Diakses pada 2022. Rosary Pea (Abrus Precatorius).
I love India. Diakses pada 2022. Rosary Pea.
Wikipedia. Diakses pada 2022. Saga rambat.
Merdeka. Diakses pada 2022. 6 Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat yang Mampu Sembuhkan Banyak Penyakit

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan