Ini 5 Gerakan Menyehatkan untuk Melatih Keseimbangan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Februari 2022

“Latihan keseimbangan tidak hanya membuat tubuh bisa bergerak lebih maksimal. Gerakan untuk latihan keseimbangan juga bisa menjaga saraf lebih stabil dan membantu menurunkan berat badan.”

Ini 5 Gerakan Menyehatkan untuk Melatih KeseimbanganIni 5 Gerakan Menyehatkan untuk Melatih Keseimbangan

Halodoc, Jakarta – Membiasakan latihan keseimbangan ternyata banyak sekali manfaatnya, lho! Misalnya, gerakan tersebut bisa membantu meningkatkan gerak tubuh secara menyeluruh sekaligus menjaga kondisi saraf lebih stabil. Tidak hanya itu, gerakan latihan keseimbangan juga dapat membantu menjaga berat badan dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. 

Bukan tanpa alasan, jenis olahraga yang satu ini bisa membuat tubuh akan terus bergerak secara aktif. Jadi, otot di dalam tubuh juga bisa lebih kuat dan terlatih dengan maksimal. Melatih keseimbangan dengan melakukan gerakan tertentu tidak harus di pusat kebugaran. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut contoh gerakannya:

  1. Standing Tree Pose

Latihan keseimbangan pertama bisa dengan gerakan standing tree pose. Gerakan ini menjadi gerakan paling umum sekaligus paling mudah dilakukan di rumah. Tak hanya membantu menjaga keseimbangan, gerakan ini juga membantu menguatkan otot di pergelangan kaki. 

Awali gerakan dengan berdiri tegak. Lalu, perlahan angkat satu kaki dan tempelkan pada bagian betis kaki lainnya. Jadi, kamu seperti sedang berpose layaknya sebuah pohon. Sementara untuk tangan bisa bergerak bebas, bisa diangkat ke atas atau bisa seperti berpose namaste. Lakukan selama 30 detik lalu ulang gerakan dengan kaki lainnya. 

  1. Bosu Ball Squat

Gerakan keseimbangan berikutnya adalah bosu ball squat. Namun, kamu membutuhkan sebuah bola bosu atau bola dengan bentuk setengah lingkaran. Gerakan ini bisa membantu mengencangkan otot paha dan kaki. Cara melakukannya juga tidak sulit karena kamu hanya perlu berdiri di atas bola. 

Selanjutnya, lakukan gerakan squat dengan kedua tangan pada dada atau lurus ke depan sehingga keseimbangan tetap terjaga. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali sebelum melakukan gerakan latihan keseimbangan lainnya. 

  1. Single Leg Deadlift

Latihan keseimbangan juga bisa dengan gerakan single leg deadlift. Gerakan ini membantu keseimbangan tubuh sekaligus menguatkan otot perut, paha, dan pantat. Caranya, awali dengan posisi berdiri menggunakan satu kaki dengan kaki lainnya diangkat ke belakang. Posisi tubuh sedikit membungkuk mirip dengan pesawat terbang.

Lalu, taruh tangan hingga menyentuh bagian jari kaki. Kamu juga bisa memakai barbel untuk selain menyentuhkan jari kaki. Angkat barbel dengan menggunakan satu tangan saja, ya! Ulangi gerakan hingga beberapa kali.

  1. Standing Crunch with Under the Leg Clap

Selanjutnya ada gerakan standing crunch with under the leg clap. Gerakan latihan keseimbangan ini memang agak sulit, tetapi manfaatnya untuk melatih keseimbangan ternyata lebih beragam. Pun, gerakan ini turut melatih kekuatan otot bagian lengan, paha, betis, perut, dan kaki. 

Mulanya, berdiri dengan salah satu kaki terangkat sampai pinggang. Lalu, lakukan tepuk tangan di bagian bawah paha pada kaki yang terangkat. Selanjutnya, angkat kedua tangan dan bertepuk tangan satu kali tepat pada bagian atas kepala. Ulangi gerakan hingga 10 kali. 

  1. T-Stand with Hinge and Side Bend

Terakhir adalah gerakan t-stand with hinge and side bend. Gerakan satu ini tak hanya pas untuk latihan keseimbangan, tetapi juga membantu melatih kekuatan otot lengan, paha, dan kaki. Caranya, angkat satu kaki sampai pada bagian pinggang dan ikut dengan merentangkan kedua tangan.

Selanjutnya, angkat kaki ke bagian belakang. Sementara itu, satu tangan turun ke bawah hingga posisi tubuh mirip seperti pesawat yang sedang membungkuk. Tahan selama beberapa detik dan ulangi dengan kaki yang lain.

Nah, itu tadi beberapa gerakan latihan keseimbangan yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa pemanasan untuk mencegah cedera. Kalau kamu mengalami kram, segera hentikan latihan dan tanyakan dokter penanganannya. Pakai aplikasi Halodoc, sekarang tanya jawab dengan dokter lebih mudah. Download aplikasi Halodoc segera, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Balance Training.
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Exercises for Balance.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Balance Exercise.
Self. Diakses pada 2022. 7 Easy Exercises for Better Balance.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan