Ini 5 Cara Meredakan Asam Urat di Kaki

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2024

”Penyakit asam urat sering kali menyerang kaki akibat penumpukan asam urat pada sendi. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, menjaga gaya hidup sehat, hingga melakukan teknik penghilang rasa sakit.”

Ini 5 Cara Meredakan Asam Urat di KakiIni 5 Cara Meredakan Asam Urat di Kaki

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi tubuh. Kondisi ini disebabkan akibat tingginya kadar asam urat di tubuh lalu menumpuk di dalam sendi. Asam urat sering kali menyerang bagian kaki, terutama pada sendi ibu jari, pergelangan kaki, atau lutut. 

Beberapa gejalanya adalah nyeri sendi yang hebat, rasa tidak nyaman pada sendi selama beberapa hari, pembengkakan dan kemerahan, serta sulitnya menggerakan sendi secara normal. 

Lantas, bagaimana sih cara efektif untuk meredakan asam urat di kaki? 

Cara Meredakan Asam Urat di Kaki 

1. Konsumsi obat-obatan 

Terdapat dua tipe obat asam urat, yaitu obat untuk mengurangi rasa sakit dan obat untuk mengontrol kadar asam urat untuk mencegah serangan lebih lanjut. 

Obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri seperti, NSAIDs, analgesik, kortikosteroid, colchicine. Sementara itu, obat untuk mengurangi kadar asam urat contohnya, allopurinol (zyloprim), febuxostat (uloric), pegloticase (krystexxa), anakinra (kineret).

Mau tahu pilihan obat asam urat yang ampuh? Baca di artikel ini: “7 Rekomendasi Obat Asam Urat di Apotek yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi.”

2. Terapkan pola hidup sehat

Pengidap asam sebaiknya perlu cermat saat memilih makanan. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah purin. Dengan kata lain, hindarilah makanan yang tinggi purin seperti daging merah, makanan laut, dan juga alkohol agar kadar asam urat di darah berkurang. 

Selain pola makan, kamu juga perlu menjaga berat badan ideal. Tetap aktif dan jaga berat badan juga dapat mengatasi asam urat. Sebab, dengan olahraga serta menurunkan berat badan, kadar asam urat dapat berkurangan dan begitu pula dengan beban pada sendi. 

Namun, jangan lupa untuk tetap berhati-hati selama melakukan aktivitas fisik. 

Bila asam urat di kaki tak kunjung membaik, cobalah untuk menggunakan obat-obatan ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Cepat”.

3. Praktikkan teknik penghilang rasa sakit

Selain mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, kamu juga bisa mengurangi nyeri dengan ikuti beberapa cara berikut: 

  • Kompres menggunakan es: bungkus es dengan kain lalu letakan di sendi untuk menenangkan nyerinya. 
  • Gunakan alat bantu seperti tongkat berjalan agar persendian yang nyeri tidak menyulitkan aktivitas sehari-hari. 
  • Kurangi tekanan pada sendi yang sakit, jika kamu sedang berada di tempat umum segera lepas sepatu untuk mengangkat tekanan pada kaki.
  • Angkat kaki sewaktu berbaring atau duduk dan posisikan kaki agar lebih tinggi dari dadamu. 

4. Lakukan perawatan diri dengan baik

Asam urat adalah penyakit yang bisa datang lalu hilang tiba-tiba, dan kondisi ini bisa sangat melelahkan tak hanya secara fisik tapi juga mental. Maka dari itu, sangat penting untuk bisa menjaga kondisi diri baik saat asam urat menyerang atau tidak. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan relaksasi diri untuk menjaga kesehatan mental, atau jaga kecepatan bergerak jika kamu mulai merasa asam urat menyerang. Selain itu, lindungi sendi-sendi agar tidak cedera dengan cara melakukan kegiatan yang tidak memberikan tekanan pada sendi.

5. Opsi bedah 

Terkadang tindakan operasi diperlukan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh asam urat. Beberapa jenis operasinya adalah sebagai berikut: 

  • Pengangkatan tophi: tophi adalah benjolan kristal asam urat yang dapat muncul di persendian dan benjolan ini bisa meradang lalu menyebabkan infeksi. Operasi pengangkatannya bisa dianjurkan untuk mengurangi resiko komplikasi. 
  • Pengangkatan kristal asam urat: Jika asam urat menimbulkan rasa sakit yang parah, operasi pengangkatan kristal asam urat bisa menjadi opsi yang efektif untuk mengurangi rasa sakit. 
  • Operasi penggantian sendi: Caranya adalah dengan mengangkat sendi yang rusak akibat asam urat lalu menggantinya dengan prostesis (alat buatan pengganti anggota tubuh), untuk memudahkan pergerakan dan mengurangi rasa sakit. 

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan asam urat di kaki. Namun, Jika setelah membaca langkah-langkah di atas kondisimu belum kunjung membaik, segera konsultasikan keluhanmu dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout. 
Arthritis Foundation.  Diakses pada 2023. Treatments for Gout. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan