Ini 5 Bahan Herbal untuk Meredakan Batuk Berdahak

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Agustus 2023

“Ada beberapa bahan herbal yang dapat membantu meredakan batuk berdahak, seperti madu, jahe, thyme, daun mint, bawang merah serta bawang putih. Cara membuatnya pun mudah dan dapat dilakukan di rumah.”

Ini 5 Bahan Herbal untuk Meredakan Batuk BerdahakIni 5 Bahan Herbal untuk Meredakan Batuk Berdahak

DAFTAR ISI:

Bahan Herbal untuk Meredakan Batuk Berdahak

Penyebab Batuk Berdahak

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Batuk Berdahak


Halodoc, Jakarta – Batuk berdahak merupakan gejala infeksi seperti flu dan pilek. Dahak adalah jenis lendir tertentu yang berasal dari paru-paru dan tenggorokan. Ini sedikit lebih kental daripada lendir yang diproduksi di hidung dan sinus. 

Biasanya, batuk berdahak tidak menimbulkan kekhawatiran. Kondisi ini membantu membersihkan iritasi dan infeksi dari paru-paru.

Bahan Herbal untuk Meredakan Batuk Berdahak

Ada beberapa bahan herbal bisa membantu untuk meredakan batuk berdahak, yaitu:

1. Jus lemon dan madu

Jus lemon dan madu dapat dijadikan sebagai obat batuk berdahak. Bahan ini dapat bertindak sebagai ekspektoran karena kombinasi vitamin c dan antioksidan di dalamnya.

Selain itu, jus lemon dan madu juga dapat membantu mengurangi peradangan saluran pernapasan, sehingga dapat meredakan batuk, dan mempercepat pemulihan pilek dan flu.

Madu juga dapat melembapkan bagian dalam saluran pernapasan, sehingga dapat meredakan batuk dan mempercepat pemulihan pilek dan flu.

Bahan

  • Jus lemon.
  • 1 sendok makan madu.
  • 200 ml air.

Cara membuat

Campurkan semua bahan ke dalam blender. Kemudian, tambahkan madu. Pastikan kamu meminumnya sesegera mungkin.

2. Sirup jahe dan kayu manis

Sirup jahe dengan kayu manis juga dapat menjadi obat batuk berdahak. Ini mengandung efek mengeringkan yang bekerja pada lapisan saluran pernapasan, menjadikannya ekspektoran alami yang baik. Bahan herbal ini membantu mengatasi batuk berdahak yang terjadi akibat pilek atau flu.

Bahan

  • 1 batang kayu manis atau 1 sendok teh bubuk kayu manis.
  • 1 cangkir teh jahe kupas yang sudah diiris.
  • 85 gram gula merah (demerara atau kelapa).
  • 100 ml air.

Cara membuat

Didihkan air dengan gula, pastikan terus diaduk hingga gula benar-benar larut. Matikan kompor, masukkan jahe dan kayu manis, lalu aduk. Simpan sirup dalam suatu tempat yang bersih dan kering. Minum 1 sendok teh sirup jahe 3 kali sehari.

Namun, sirup ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat masalah pembekuan darah atau orang yang mengonsumsi antikoagulan. Sebab, berisiko meningkatkan pendarahan dan memar.

Selain itu, sirup ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil yang mendekati tanggal melahirkan atau memiliki riwayat keguguran.

3. Teh peppermint

Jenis teh ini kaya akan mentol, minyak esensial yang dapat memperbaiki berbagai keluhan. Seperti batuk, dahak, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala, yang semuanya umum terjadi pada pilek dan flu.

Teh ini juga mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan flu dan pulih dengan cepat.

Bahan

  • 6 lembar daun mint yang sudah dicincang.
  • 150 ml air mendidih.

Cara membuat

Tambahkan daun mint ke dalam cangkir teh yang berisi air mendidih dan biarkan terendam selama 5 – 10 menit. Kemudian saring, beri rasa manis dengan madu, dan minum 3 hingga 4 cangkir per hari.

Selain dapat meredakan batuk berdahak, ternyata daun mint mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Baca artikel ini untuk mengetahui khasiatnya “13 Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Bawang bombay dan bawang putih

Obat batuk berdahak ini terbuat dari bawang bombay dan bawang putih, yang mengandung sidar ekspektoran dan antiseptik.

Kegunaannya membantu mengencerkan dahak, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan paru-paru untuk mencegah produksi dahak lebih banyak.

Bahan-bahan:

  • 1 bawang bombay berukuran sedang yang telah diparut.
  • 1 siung bawang putih, haluskan.
  • madu.

Cara membuat:

Tempatkan bawang merah dan bawang bombay dalam wadah kaca dan tambahkan madu secukupnya untuk menutupi bawang merah dan bawang bombay. Campur semua bahan dan simpan di kulkas selama satu hari. 

Anak-anak di atas 2 tahun dapat mengonsumsi 2,5 ml sirup, atau sekitar setengah sendok teh, 3 kali sehari. Orang dewasa dapat mengonsumsi 5 ml atau 1 sendok teh, hingga 3 kali sehari. Buang sirup yang sudah tidak dikonsumsi setelah 1 minggu di kulkas.

Karena mengandung madu, obat batuk berdahak ini tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 2 tahun, maupun oleh ibu hamil dengan diabetes gestasional. Orang dengan riwayat diabetes juga sebaiknya menghindari konsumsi resep ini, karena madu dapat menyebabkan lonjakan gula.

5. Infus thyme dan madu

Infus thyme dan madu ini kaya akan zat anti-inflamasi dan antiseptik, seperti timol, carvacrol, cymene, dan linalool. Ini juga mengandung tindakan ekspektoran, yang membantu menghilangkan dahak, dan juga membantu melumasi tenggorokan untuk meredakan batuk, pilek, dan hidung tersumbat. 

Orang yang alergi terhadap madu, propolis, atau serbuk sari sebaiknya tidak menambahkan madu pada infus ini, dan hanya boleh meminumnya dengan thyme.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan ekstrak thyme kering atau 2 tangkai thyme segar.
  • 1 liter (sekitar 4 gelas) air mendidih.
  • satu sendok makan madu.

Cara membuat:

Tambahkan thyme kering ke dalam air mendidih dan biarkan terendam selama 5 – 10 menit. Saring dan minum 3 gelas per hari. 

Infus thyme tidak boleh digunakan oleh orang-orang dengan beberapa kondisi, yaitu:

  • Memiliki masalah perut (seperti maag).
  • Memiliki penyakit hati.
  • Mereka yang mengonsumsi antikoagulan, seperti warfarin atau clopidogrel.

Selain menggunakan bahan herbal sebagai obat batuk berdahak, kamu juga dapat mengonsumsi obat yang ampuh dan juga aman untuk dikonsumsi. Kamu dapat melihat rekomendasi obatnya di sini “7 Pilihan Obat Batuk Berdahak untuk Dewasa di Apotek

Penyebab Batuk Berdahak

Terdapat beberapa kondisi kesehatan, mulai dari yang ringan hingga parah, dapat menyebabkan batuk berdahak, antara lain:

  • Infeksi.
  • Alergi.
  • Asma.
  • GERD. 
  • Penyakit paru-paru seperti PPOK.

Faktor lingkungan dan gaya hidup tertentu juga dapat menyebabkan batuk berdahak, termasuk:

  • Merokok.
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.
  • Dehidrasi.
  • Menghabiskan waktu di lingkungan yang kering.

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan mengonsumsi obat. Nah, berikut adalah rekomendasi obat batuk yang bisa kamu pilih:

1. Siladex Mucolytic & Expectorant Sirup 60 ml

Siladex Mucolytic & Expectorant merupakan obat batuk berdahak yang mengandung Bromhexine dan Guaiphenesin. Kedua bahan tersebut mampu untuk mengencerkan dahak dan mempermudah pengeluaran dahak.

Obat ini dapat diberikan pada dewasa dan anak-anak. Untuk dewasa dan anak-anak di atas 10 tahun, konsumsi obat ini sebanyak 1 sendok takar untuk 3 kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak usia 5-10 bisa mengonsumsi cukup setengah sendok takar saja.

Rentang harga: Rp17.000 per botol.

Dapatkan Siladex Mucolytic & Expectorant Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Decadryl Ekspektoran Sirup 120 ml

Selanjutnya adalah Decadryl Ekspektoran yang merupakan obat sirup dan berguna untuk mengatasi batuk berdahak akibat alergi. Obat ini mengandung Diphenhydramine HCI, Ammonium Chloride, dan Menthol untuk meringankan gejala batuk berdahak.

Kamu bisa mengonsumsi obat ini sesudah makan dengan aturan pakai yang sudah tertera dalam kemasan.

Rentang harga: Rp28.500 per botol.

Dapatkan Decadryl Ekspektoran Sirup 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Komix Herbal 15 ml 4 Botol

Komix Herbal merupakan obat herbal pereda batuk yang memiliki kandungan berupa ekstrak lagundi, jahe merah, licorice, peppermint oil dan madu. 

Obat ini dapat diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak. Untuk orang dewasa, dosisnya adalah 3 kali sehari sebanyak 1 tube sedangkan anak-anak dapat diberikan ½ dosis dewasa.

Rentang harga: Rp13.500 per botol.

Dapatkan Komix Herbal 15 ml 4 Botol di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Stinopi 10 Kaplet

Rekomendasi lain adalah Stinopi yang merupakan obat batuk berdahak berbentuk kaplet. Selain mengatasi batuk, obat ini memiliki fungsi antipiretik dan analgesik yang juga dapat menurunkan demam dan meredakan nyeri.

Obat ini merupakan obat bebas terbatas yang memerlukan resep dokter. Penting untuk membaca dosis dan aturan pakai obat sebelum mengonsumsi obat ini.

Rentang harga: Rp26.300 – Rp31.500 per strip.

Dapatkan Stinopi 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Bisolvon Extra Sirup 125 ml

Yang terakhir adalah Bisolvon Extra Sirup yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Kandungan Bromhexine HCI dan Guaifenesin dalam obat ini pun berperan sebagai pengencer dahak agar dahak lebih mudah untuk dikeluarkan.

Obat batuk berdahak ini dapat digunakan pada orang dewasa maupun anak-anak. Jangan lupa untuk perhatikan dosis yang tertera di kemasan ya!

Rentang harga: Rp96.900 per botol.

Dapatkan Bisolvon Extra Sirup 125 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah ulasan mengenai bahan herbal untuk menjadi obat batuk berdahak yang dapat kamu racik di rumah. 

Apabila kamu merasa batuk tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi racikan di atas dan/atau minum obat, sebaiknya segera hubungi dokter melalui Halodoc. 

Selain itu, kamu bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya yang ampuh mengatasi batuk di Toko Kesehatan Halodoc

Referensi
Tuasaude. Diakses Pada 2023. How to get rid of phlegm: 11 natural home remedies
Cleveland clinic. Diakses Pada 2023. Coughing up phlegm 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan