Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Mujair bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Agustus 2022

“Ikan mujair merupakan sumber protein dan mengandung berbagai mineral penting lainnya. Beberapa manfaat ikan mujair yaitu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan memperkuat tulang.”

Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Mujair bagi Kesehatan TubuhIni 4 Manfaat Konsumsi Ikan Mujair bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ikan mujair merupakan ikan yang mudah ditemui di pasaran sehingga cukup umum dikonsumsi. Selain itu, mengolah ikan mujair relatif mudah, jadi tidak heran ikan ini menjadi hidangan yang populer.

Selain rasanya lezat, sumber makanan sehat ini mengandung banyak protein dan nutrisi penting, termasuk vitamin B12 dan vitamin D. Mengingat banyaknya nutrisi penting dan bermanfaat dari ikan mujair, tentu kamu akan merasakan manfaat kesehatan setelah mengonsumsinya. Simak ulasan selengkapnya!

Manfaat Mengonsumsi Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan sumber protein yang rendah lemak dan lemak jenuh. Ikan mujair juga mengandung vitamin dan mineral seperti kolin, niasin, vitamin B12, vitamin D, selenium, dan fosfor. Kandungan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-2 yang baik, dan merupakan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi ikan mujair”

  1. Mencegah Penyakit Tertentu

Selenium merupakan mineral yang berperan dalam mencegah kanker, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan penyakit tiroid. Meskipun sebenarnya tubuh membutuhkan sedikit selenium, tapi itu tetap penting untuk berbagai fungsi tubuh. Nah, ikan mujair merupakan sumber mineral yang baik untuk kebutuhan fungsi harian tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat ikan mujair berikutnya berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak tak jenuh ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, yaitu:

  • Mengurangi pembekuan darah.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mengurangi risiko stroke dan gagal jantung.
  • Mengurangi detak jantung tidak teratur (aritmia).

Perlu diketahui juga, bahwa ikan mujair mengandung lebih banyak omega-3 dibandingkan daging sapi dan ayam.

  1. Memperkuat Tulang

Ikan mujair memiliki banyak nutrisi yang digunakan tubuh untuk memelihara kesehatan tulang, seperti:

  • Kalsium.
  • Vitamin D.
  • Magnesium.
  • Fosfor.

Dengan begitu, mengonsumsi ikan mujair merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Sebagai Makanan untuk Diet

Mengonsumsi ikan mujair bisa menjadi pilihan makanan saat menurunkan berat badan. Alasannya, kandungan protein yang ada pada ikan mujair akan membuat perut kenyang, sehingga mencegah kamu makan camilan di antara waktu makan.

Sementara itu, meningkatkan asupan protein merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan protein dan memangkas asupan kalori, lebih banyak mengurangi berat badan dan lemak.

Cara Memasak Ikan Mujair yang Direkomendasikan

Manfaat dari suatu makanan sering kali ditentukan oleh cara memasaknya. Penting untuk memilih cara memasak yang tepat agar gizi dan nutrisi di dalam makanan tersebut tidak hilang. 

Ikan mujair akan semakin lezat jika disiapkan dengan berbagai bumbu yang jadi andalan kamu. Proses memasak ikan mujair cenderung cepat dan mudah serta serbaguna. Berikut beberapa cara memasak ikan mujair yang direkomendasikan:

  • Steam atau kukus. Bungkus ikan mujair dengan berbagai sayuran dalam wadah aluminium foil. Kemudian  panaskan dalam oven pada suhu 218 derajat Celsius selama 20 menit. 
  • Bakar. Bersihkan ikan dan keringkan dengan kertas tisu, lalu bumbui dengan garam. Masak ikan selama dua menit per sisi dalam wajan panas yang sudah diberi minyak. 
  • Panggang. Masukan ikan dalam oven dengan suhu 218 derajat Celsius, panggang ikan tanpa tutup selama 20 hingga 25 menit. Untuk mendapatkan rasa pedas, kamu bisa menggunakan bumbu favorit.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat mengonsumsi ikan mujair. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang makanan sehat lainnya, atau memiliki keluhan kesehatan, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. The Truth About Tilapia: How It’s Made, Plus Its Health Benefits, Recipes, and More
Healthline. Diakses pada 2022. Tilapia Fish: Benefits and Dangers
Medical News Today. Diakses pada 2022. Is tilapia healthy? Safety to eat, nutrition, and how farmers raise it
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Tilapia

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan