Ini 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Agustus 2024

“Hernia merupakan gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh pria dan wanita di segala usia. Namun pada pria, gejala hernia umumnya berbeda, ditandai dengan rasa sakit pada benjolan, pembengkakan testis, hingga pembesaran benjolan.”

Ini 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu DiwaspadaiIni 4 Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Hernia merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita di segala usia. Pada orang dewasa, hernia bisa memicu munculnya benjolan di bagian selangkangan atau perut. 

Namun faktanya, gejala hernia yang muncul pada pria, berbeda dengan gejala hernia pada wanita. Pada wanita, hernia umumnya timbul pada bagian paha. 

Sementara itu, pada pria hernia muncul di selangkangan, karena adanya lubang kecil di dekat otot pangkal paha, yang memungkinkan pembuluh darah atau tali spermatika dapat turun ke area testis.

Supaya kamu lebih waspada, simak informasi mengenai gejala hernia pada pria berikut ini!

Gejala Hernia pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Hernia merupakan kondisi ketika lemak, jaringan, serta bagian dari organ tubuh mendorong melalui titik lemak atau lubang di otot perut. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan timbulnya benjolan di area selangkangan atau perut. 

Pada beberapa kasus, seseorang mungkin tidak merasakan gejala dari hernia. Gejala biasanya baru muncul ketika kamu melakukan aktivitas tertentu, yang kemudian hilang saat tidur. 

Berikut ini beberapa gejala hernia pada pria yang perlu diwaspadai:

1. Rasa sakit pada benjolan

Hernia biasanya menyebabkan munculnya benjolan yang terasa sakit dan tidak nyaman. Rasa sakit pada benjolan tersebut bisa bersifat ringan hingga berat, bahkan terkadang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Pada pria dewasa, rasa sakit akibat hernia biasanya kerap muncul saat melakukan peregangan otot, mengejan, atau mengangkat benda berat. 

2. Benjolan yang membesar

Seperti yang sudah disebutkan, hernia terkadang tidak menimbulkan rasa sakit meski ada benjolan. Karena alasan ini, sering kali pengidap menganggap kalau benjolan tersebut tidak mengkhawatirkan.

Padahal, pengabaian tersebut dapat menyebabkan benjolan semakin membesar. Perubahan ukuran ini disebabkan karena dinding otot perut yang semakin lemah, sehingga semakin banyak jaringan yang menonjol keluar. 

Di sisi lain, pekerjaan berat yang dilakukan pria dewasa memungkinkan hernia semakin parah.

Jika Mengidap Hernia, Hubungi 3 Dokter Ini yang Paham Cara untuk Mengobatinya.

3. Pembengkakan testis

Salah satu gejala hernia pada pria yang perlu diwaspadai yaitu pembengkakan pada testis.

Benjolan yang muncul terkadang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri, sehingga timbul rasa tidak nyaman pada testis. Tak hanya itu, gejala yang satu ini juga kerap disertai dengan rasa gatal, serta sensasi rasa panas terbakar.

Biasanya pembengkakan pada testis akan terasa semakin mengganggu, ketika kamu sedang batuk atau meregangkan otot. 

Ketahui Selain Operasi, Ini 2 Pengobatan Hernia Hiatus yang Dapat Dilakukan

4. Sensasi terbakar di dada

Tak jarang, hernia juga menyebabkan timbulnya rasa panas terbakar di dada. Gejala yang satu ini biasanya dialami oleh pria lanjut usia (lansia) dan pengidap obesitas.

Berbeda dengan gejala lainnya, benjolan dari hernia tidak terlihat keluar tubuh karena jaringan atau sebagian usus mendorong ke arah dada. Itulah mengapa muncul sensasi terbakar di dada atau mulas. 

Terkadang pengidap hernia justru mengira bahwa, ia sedang mengalami gangguan maag biasa, sehingga gejala ini diabaikan begitu saja.

Cara Mencegah Hernia

Kamu mungkin tidak dapat mencegah cacat bawaan yang membuatmu rentan terhadap hernia. Namun, kamu dapat mengurangi ketegangan pada otot dan jaringan perut yang menyebabkan rasa sakit pada hernia. 

Berikut ini beberapa caranya: 

  • Pertahankan berat badan ideal. Bicarakan dengan dokter mengenai cara mencapai dan menjaga berat badan sehat. 
  • Konsumsi lebih banyak makanan berserat. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan mengejan, sehingga dapat meminimalisir nyeri pada hernia.
  • Angkat benda dengan hati-hati atau hindari mengangkat beban berat. Jika harus mengangkat sesuatu yang berat, selalu tekuk dari lutut, bukan menahan pinggang.
  • Berhenti merokok. Merokok sering menyebabkan batuk kronis yang dapat menyebabkan atau memperburuk hernia. 

Selain cara-cara di atas, kamu bisa juga mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh, serta mencegah perburukan kondisi hernia. Ini 5 Rekomendasi dan Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh, yang bisa kamu beli di Toko Kesehatan Halodoc

Rekomendasi Dokter Bedah di Halodoc yang Bisa Mengobati Hernia

Jika kamu memiliki kondisi serupa, jangan ragu untuk mendiskusikannya pada dokter.

Nah, berikut beberapa dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi. 

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Pertama adalah dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005 dan 2018.

Ia kini berpraktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 19 tahun, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah, termasuk untuk mengatasi hernia pada pria.

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang prosedur bedah, seperti dalam kasus hernia.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Devid Ruru Sp.B

Dokter Devid Ruru Sp.B merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2010 dan 20189.

Saat ini, ia sedang menjalani praktik di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI) dengan nomor STR 3511101319114863.

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 14 tahun, dr. Devid Ruru Sp.B mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah untuk mengatasi hernia.

Chat dr. Devid Ruru Sp.B dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis bedah yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan solusi penanganan hernia yang tepat. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. Sebab, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan dokter di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Hernia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Inguinal Hernia.
WebMD. Diakses pada 2024. Inguinal Hernia.
Healthline. Diakses pada 2024. Inguinal Hernia Overview.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan